Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menghentikan Penyebaran Virus Corona Di Tempat Kerja

Tidak sedikit orang yang harus pergi bekerja saat masa pandemi corona. Maka dari itu, pencegahan penyebaran virus corona di tempat kerja sangat diperlukan.

Mewabahnya virus corona di tahun 2020 ini membuat beberapa rutinitas sehari-hari harus berubah. Salah satunya adalah peraturan pemerintah yang menghimbau agar kegiatan belajar mengajar dan pekerjaan dikerjakan dari rumah.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa bekerja dari rumah. Mungkin kamu adalah salah satu yang harus tetap pergi ke tempat kerja di tengah merebaknya wabah virus corona ini. Eits, tapi jangan khawatir karena Bob akan memberikan tips-tips untuk menghentikan penyebaran virus corona di tempat kerja.

Selalu Cuci Tangan

tempat kerja

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyampaikan bahwa salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Maka dari itu, kegiatan yang satu ini tidak boleh terlewatkan ketika kamu berangkat ke tempat kerja.

Rajin-rajinlah cuci tangan selama di tempat kerjamu. Jika tempat kerjamu belum menyediakan sabun pencuci tangan, maka kamu bisa memberi usulan kepada bagian logistik di tempat kerjamu untuk menyediakan sabun cuci tangan yang bisa digunakan bersama.

Bersihkan Meja Kerjamu

Sebelum mulai bekerja, ada baiknya kamu membersihkan meja kerjamu dengan cairan disinfektan. Bersihkan juga permukaan-permukaan di sekitar meja kerjamu yang sering kamu sentuh seperti telepon, mouse, keyboard komputer, dan tombol monitor.

Kamu bisa meminta cairan disinfektan ke bagian penyedia logistik di tempat kerjamu atau bisa membawa tisu antiseptik sendiri untuk mengelap dan membersihkan meja kerjamu. Jika kamu sudah merasa area untuk bekerja sudah bersih, kamu bisa langsung memulai aktivitasmu.

Jaga Jarak

Satu lagi yang paling penting untuk dilakukan di tempat kerja selama wabah corona masih berlangsung yaitu dengan jaga jarak. Kalau memungkinkan, kamu bisa memilih spot tempat kerja yang agak jauh dengan rekan-rekan kerja yang lain.

Tempat kerja yang menggunakan sistem kubikel akan lebih mempermudahmu menjaga jarak. Namun, jika kamu bekerja di meja besar bersama dengan yang lainnya, kamu terpaksa harus menjaga jarak minimal satu sampai dua meter dengan teman di sebelahmu.

Kamu juga harus menghindari kontak fisik dengan rekan-rekanmu di tempat kerja. Bersalaman dan berpelukan dengan rekan kerja memang telah menjadi budaya yang sulit dihilangkan, namun di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, kontak fisik bisa menjadi sarana penularan virus.

Sirkulasi Udara yang Baik

tempat kerja

Selama di tempat kerja, pastikan aliran atau sirkulasi udara lancar. Beberapa tempat kerja yang mengandalkan pendingin ruangan dan bersifat tertutup malah akan membuat virus berputar di satu tempat saja.

Buka semua jendela terutama saat sedang membersihkan meja kerjamu. Biarkan udara segar masuk untuk menggantikan udara yang mengendap di dalam kantormu. Sirkulasi udara yang baik di tempat kerja akan mencegah penyebaran virus corona.

Selalu Bawa Hand Sanitizer

tempat kerja

Hand sanitizer menjadi barang wajib yang harus kamu bawa saat bepergian di tengah wabah virus corona. Termasuk ketika kamu diharuskan untuk pergi ke tempat kerja.

Meskipun cuci tangan dengan sabun lebih dianjurkan, namun jika kamu tidak bisa menemukan tempat untuk cuci tangan beserta sabunnya, maka hand sanitizer adalah pilihan yang tepat. Di tempat kerja, kamu juga bisa menyimpan botol hand sanitixer di meja kerjamu supaya lebih praktis untuk membersihkan tangan.

Kampanye Pencegahan Virus Corona

Nah, yang satu ini penting sekali untuk dilakukan. Percuma saja kamu sudah menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona, namun rekan di tempat kerjamu masih tidak peduli atau tidak mengerti.

Untuk meningkatkan kepedulian rekan-rekan kerja tentang wabah virus corona, mungkin kamu bisa mulai dengan mensosialisasikan pencegahan penyebaran virus ini.

Kamu juga bisa mulai mencetak poster tentang pencegahan penyebaran virus corona di tempat kerja untuk mengingatkan rekan-rekan yang lain akan pentingnya cuci tangan dan jaga jarak.

Jika semua karyawan di tempat kerja sudah memahami cara pencegahan penyebaran virus corona, maka lingkungan tempat kerjamu akan lebih sehat dan terlindungi dari penyebaran virus corona.

Pakai Masker

tempat kerja

Kalau yang satu ini tidak kalah pentingnya bahkan bisa dibilang yang paling wajib kamu lakukan saat pergi ke tempat kerja. Ya, kamu harus selalu pakai masker. Apapun jenis maskernya, baik masker bedah atau masker kain, keduanya bisa kamu gunakan.

Namun, memakai masker pun ada langkah-langkahnya, loh. Hindari menyentuh lapisan luar masker karena di situlah terdapat banyak kuman menempel. Cucilah tangan setelah membuka masker dan cuci masker kain dengan baik supaya tidak ada bakteri atau virus menempel ketika kamu menggunakannya lagi.

Kurangi Menyentuh Wajah 

tempat kerja

Jika kamu belum bisa memastikan apakah tanganmu bersih atau tidak, selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu sebelum menyentuh wajahmu. Itulah alasan mengapa menyediakan hand sanitizer di meja kerja sangat penting untuk membersihkan tangan dengan lebih cepat.

Namun, selalu ingat mencuci tangan dengan sabun selalu lebih baik dan mulai sekarang kurang-kurangi menyentuh wajah dengan tanganmu selama di tempat kerja.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Berbeda dengan bekerja dari rumah dimana kamu bisa beristirahat kapan saja, di tempat kerja kamu mungkin tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Belum lagi, berbagai interaksi di tempat kerja yang tidak bisa kamu hindari menambah resikomu tertular virus corona.

Maka dari itu, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sangatlah penting. Perbanyak minum air putih dan konsumsi suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayuran baik di rumah maupun sebagai bekal ke tempat kerja.

Jika Sakit, Kerja di Rumah

tempat kerja

Jika kamu merasa badanmu sedang tidak fit, tidak usah ragu lagi untuk langsung minta izin bekerja dari rumah pada atasanmu di tempat kerja. Ketika badanmu sedang tidak fit berarti daya tahan tubuhmu sedang menurun yang membuatmu menjadi lebih beresiko untuk tertular virus corona.

Selama bekerja dari rumah, usahakan asupan gizi dan nutrisimu seimbang, olahraga rutin, dan selalu mengonsumsi suplemen kesehatan. Jika badanmu sudah sehat kembali, kamu bisa kembali pergi bekerja.

Tetap Tenang

Meskipun resiko tertular virus corona lebih besar saat di tempat kerja, kamu tetap tidak boleh panik. Rasa panik yang berlebihan malah akan membuatmu kurang waspada.

Tetap ikuti langkah-langkah yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia dan tetap waspada juga selalu berhati-hati selama di tempat kerja.

Bekerja dari Bobobox? Bisa Banget.

tempat kerja

Untuk kamu yang bisa bekerja dari rumah namun mulai merasa jenuh dan memerlukan suasana baru, Bobobox bisa menjadi tempat kerja baru untukmu. Keuntungan bekerja di Bobobox adalah Bobobox dilengkapi dengan wifi yang super kencang sehingga kamu tidak perlu khawatir terlambat mengirimkan laporan ke tempat kerjamu.

Pods Bobobox juga sangat nyaman dimana kamu bisa beristirahat setelah bekerja seharian. Untuk urusan keamanan dan kebersihan, kamu tidak usah khawatir. Bobobox telah menerapkan standar kebersihan yang tinggi dan juga protokol pencegahan penyebaran virus corona.

Sebelum kamu check-in, suhu tubuhmu akan dicek terlebih dahulu. Bobobox juga menyediakan hand sanitizer yang bisa digunakan bersama-sama. Nah, mau yang lebih seru lagi? Bobobox juga menyediakan promo-promo khusus untuk kamu, loh. Penasaran? Cek terus promo-promo Bobobox di sini

 

You might also like