Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menghemat Uang Saat Liburan; Kantong Aman Hati pun Senang

Tips menghemat uang saat liburan

Menghemat uang saat liburan itu penting kamu lakukan agar saat kamu pulang berlibur kepalamu tidak dipusingkan oleh dompetmu yang tipis. Jangan sampai niat berlibur kamu untuk menghilangkan stres malah  menambah stres sepulang liburan karena kamu terlalu boros. Jangan sampai deh ya kamu seboros itu. Liburan kamu harus memiliki keseimbangan finansial yang sesuai dengan kemampuan kamu agar kamu tidak sengsara sepulang liburan. Bob sudah siapkan beberapa tips cerdas menghemat uang saat liburan.

1. Menghemat uang dengan memilih waktu berlibur di luar high season

Saat high season tempat berlibur akan sangat padat yang membuat kamu kurang nyaman karena kamu harus berdesakan di tempat wisata. Macet dimana mana, penginapan banyak yang sudah full booked, dan harga pesawat cenderung lebih tinggi. Wah kalau sudah seperti ini sih Bob lebih baik nyerah dan gak jadi liburan. Selain liburan jadi melelahkan kamu jadi lebih sulit untuk menghemat uang.

Kalau kamu berpikir sama seperti Bob kamu lebih baik merencanakan agenda berlibur kamu di luar high season agar lebih menghemat uang! High season yang Bob maksud adalah waktu waktu liburan panjang seperti libur idul fitri, natal, perayaan akhir tahun dan tahun baru, dan masih banyak lainnya.

Berlibur di luar high season tetap akan terasa menyenangkan kok. Tempat wisata tidak akan terlalu ramai sehingga terasa milik kamu pribadi. Kamu pun tidak akan kesulitan untuk memilih spot foto yang bagus tanpa latar belakang kerumunan orang yang berdesakan. Kamu bisa menghemat uang sekaligus mendapatkan pengalaman liburan jadi menyenangkan!

2. Siapkan rencana kendaraan yang akan digunakan saat berlibur

Siapkan rencana transportasi kamu berlibur dengan baik. Transportasi yang bisa kamu gunakan saat berlibur diantaranya adalah melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi, menyewa kendaraan, menggunakan pesawat, melintasi laut dengan kapal dari pelabuhan, atau lain sebagainya. Kamu juga harus mengetahui kira kira berapa uang yang harus disiapkan untuk tiap jenis transportasi yang kamu gunakan saat pergi dan perjalanan pulang dari liburan.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi jangan lupa hitung biaya bensin, tol, juga parkir yang harus disiapkan. Jangan sampai kamu lupa mengisi ulang kartu e-toll sehingga dana e-toll kamu tidak mencukupi saat digunakan transaksi. Kunci berlibur yang menyenangkan adalah persiapan yang matang. Persiapan rencana transportasi yang rapi adalah salah satunya.

Photo by Akram Shehadi on Unsplash

Jika kamu menggunakan pesawat sebagai moda transportasi saat berlibur, Bob saranin kamu untuk book tiket jauh jauh hari. Hal ini di karenakan pemesanan tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan cenderung lebih murah. Selain itu kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan potongan harga atau bahkan free seat.

Biaya transportasi dikenal sebagai biaya yang menghabiskan sebagian besar biaya berlibur kamu. So, dengan mengkalkulasi pilihan transportasi kamu dengan baik akan membantu kamu menyiapkan dana transportasi sesuai kemampuan kamu. Dengan melakukan tahapan tahapan ini kamu bisa menghemat banyak uang loh.

3. Pilih penginapan di lokasi yang strategis

Saat kamu berlibur tentu kamu akan mengunjungi beberapa lokasi liburan yang berbeda, dimulai dari tempat wisata, fasilitas publik, shopping center, dan tempat kuliner. Bayangkan jika lokasi penginapan kamu dengan lokasi tempat tempat yang mau kunjungi itu berjarak cukup jauh. Sudah barang tentu kamu akan mengeluarkan biaya transportasi yang lebih besar.

Untuk itu Bob saranin kamu untuk memilih lokasi penginapan yang tidak jauh dari tempat tempat wisata yang akan lebih banyak kamu kunjungi. Dengan memilih tempat penginapan yang strategis kamu bisa menghemat uang transportasi kamu, menghemat waktu, dan menghemat tenaga kamu. Bahkan kamu mungkin tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena tempat yang mau kamu kunjungi bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Photo by Nicole Honeywill on Unsplash

Kamu pun bisa memilih penginapan dengan fasilitas dapur dan kulkas yang bisa kamu gunakan untuk memasak beberapa makanan yang kamu siapkan dari rumah atau sekedar dihangatkan di microwave. Pilihlah tempat penginapan yang sederhana saat berlibur karena kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar penginapan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata.

4. Susun rencana kuliner sebelum berlibur

Buatlah rencana nama nama tempat kuliner yang akan kamu kunjugi saat berlibur. Selain itu catat asumsi harga yang akan kamu gunakan untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan cemilan. Hal ini penting untuk memastikan dana liburan kamu mencukupi dari hari pertama hingga hari terakhir kamu berlibur. Jangan sampai kamu menghabiskan banyak uang di restoran yang membuat kamu menahan lapar menjelang hari terakhir berlibur karena dana kamu tidak mencukupi untuk membeli makanan. Ingat kamu harus menghemat uang.

Photo by Louis Hansel on Unsplash

Selain menyiapkan rencana wisata kuliner dan biaya yang harus kamu siapkan, kamu bisa siapkan beberapa makanan dari rumah untuk menghemat. Beberapa bungkus mi instan, cemilan ringan, air botol mineral, dan bumbu instan bisa membantu kamu mensiasati rasa lapar yang tiba tiba datang. Saat tidak memungkinkan untuk kamu membeli makan karena waktu sudah larut malam, kamu tiba tiba jatuh sakit, atau situasi di luar penginapan tidak mendukung, kamu bisa menikmati makanan dan minuman yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

5. Gunakan akses internet gratis untuk menghemat paket data

Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Rasanya liburan kurang lengkap jika kamu tidak membagikan kebahagian liburan kamu melalui sosial media. Tentu mengunduh foto dan video membutuhkan paket data yang tidak sedikit. Terutama jika kamu berlibur keluar negeri biaya yang perlu kamu keluarkan untuk dapat terhubung ke internet tidaklah murah. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan beberapa fasilitas akses internet gratis di penginapan kamu atau di tempat publik. Dengan cara ini kamu akan menghemat paket data kamu untuk digunakan berkomunikasi dan mencari informasi.

6. Berlibur menggunakan kartu turis untuk menghemat

Kamu juga bisa menghemat uang dengan menggunakan kartu turis untuk mendapatkan potongan harga. Kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan kamu di tempat wisata publik yang tidak dikenai biaya seperti pantai dan taman. Selalu ada celah untuk kamu menghemat uang. Tidak ada alasan untuk kamu tidak menghemat karena peluang itu selalu ada.

Photo by Nix Gacasan on Unsplash

Itulah beberapa tips cara menghemat uang saat liburan ala Bob agar liburan kamu tidak bikin kantong bolong. Pilihlah tempat penginapan yang memiliki promo promo menarik seperti Bobobox agar biaya liburan kamu tidak membengkak. Unduh aplikasi Bobobox agar kamu bisa mendapatkan notifikasi mengenai promo promo menginap yang khusus Bob berikan untuk kamu di periode tertentu untuk menghemat uang liburan kamu. Jangan sampai ketinggalan kesempatan menginap seru bersama Bob dengan harga yang terjangkau. Ayo, unduh aplikasinya sekarang!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.