Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenali Forest Bathing, Pengobatan Alternatif Alami Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Bercengkrama dengan hutan yang menyehatkan

Polusi udara yang menyesakkan, suasana yang bising dan ramai, padatnya jadwal pekerjaan atau belajar, serta lingkungan yang penuh tekanan terkadang dapat membuat tubuh serta pikiran cepat lelah dan penat, kondisi tubuh menurun, hingga emosi yang labil. Dengan banyaknya orang yang mengalami hal-hal tersebut, lahir pula berbagai alternatif untuk ‘menyembuhkan’ rasa lelah serta penat tersebut.

Menonton, berlibur, konsultasi dengan ahli, konsumsi makanan atau minuman tertentu, menekuni hobi dan relaksasi adalah segelintir hal yang bisa kamu coba untuk mengusir kejenuhan tersebut. Kamu tentu bebas memilih mana yang membuat kamu paling nyaman dan memberikan efek yang menjanjikan.

Jika kamu sudah bosan dengan pilihan-pilihan yang itu-itu saja, metode  forest bathing mungkin bisa menjadi pilihan selanjutnya yang layak kamu coba untuk mengusir kepenatan dari tubuh dan pikiran kamu. Namanya mungkin masih terdengar asing di telinga orang Indonesia, namun metode yang satu ini ternyata sudah banyak dipraktikkan di berbagai negara dengan efek yang cukup luar biasa.

Lalu, apa itu forest bathing dan manfaatnya bagi tubuh serta bagaimana kamu menjalaninya? Simak ulasannya berikut ini yuk!

 

Apa itu Forest Bathing?

@vansolo via Unsplash

Jadi, apa itu forest bathing? Forest bathing ini merupakan metode pengobatan asal Jepang yang juga dikenal dengan nama shinrin-yoku. Istilah itu sendiri muncul di Jepang sejak tahun 1980-an dan diperkenalkan oleh Menteri Pertanian Jepang kala itu.

Shinrin-yoku ini jika diterjemahkan secara kasar sebagai forest bathing atau mandi hutan, yakni dari kata shinrin yang berarti hutan atau forest dan yoku yang memiliki arti bath atau mandi. Namun, jangan artikan kata mandi tersebut secara harfiah. Saat mendengar kata mandi hutan, sebagian orang mungkin beranggapan bahwa metode pengobatan ini melibatkan kegiatan mandi di tengah rimbunnya hutan.

Tidak, bukan kesitu arahnya. Saat akan melakukan forest bathing, kamu tidak perlu menyiapkan pakaian khusus untuk mandi di hutan. Kamu juga tidak perlu takut harus basah-basahan.

Jadi apa itu forest bathing? Forest bathing atau mandi hutan ini bisa dibilang merupakan kegiatan membersihkan tubuh dari segi emosional di alam terbuka dengan berjalan mengelilingi hutan.

Dalam hal ini, saat kamu pergi mengunjungi hutan, kamu tentu tidak akan mendaki ataupun berlari-larian. Kamu hanya perlu berjalan dengan santai tanpa perlu menuju tujuan pasti di bawah hijaunya pepohonan hutan sambil menikmati segala hal yang disuguhkan di dalamnya.

Selama melakukan forest bathing ini, kamu akan belajar memahami bau, tekstur, rasa serta pemandangan dalam hutan. Dengan kata lain, kamu akan belajar memahami dan meresapi keadaan sekitar hutan dengan menggunakan seluruh indra kamu. Karena itu, kamu tidak perlu tergesa-gesa. Dengan berjalan lebih lambat, indra kamu akan lebih terbuka sehingga kamu bisa melihat, mencium, menyentuh dan merasakan aroma hutan yang menenangkan.

Tujuan dari forest bathing sendiri adalah sebagai penawar bagi rasa lelah serta stres parah misal akibat beban pekerjaan, untuk mengajak orang agar bersikap lebih santai (kamu tidak perlu tergesa-gesa), serta meresapi lingkungan dalam hutan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi orang lain untuk kembali terhubung dengan alam dan terus melindunginya.


BACA JUGA: Nikmati Secangkir Kopi Di Kafe-Kafe Tersembunyi Dalam Hutan Ini

Menurunkan Rasa Stres

@fredericp via Unsplash

Setelah mengetahui apa itu forest bathing, kamu juga perlu tahu beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan menjalani metode pengobatan alam ini. Salah satunya yang sudah banyak diuji di beberapa negara seperti Jepang dan Amerika adalah sebagai metode untuk menurunkan rasa stres yang sekarang ini kerap dialami terutama oleh mereka yang mengalami stres dan kelelahan berlebih akibat beban pekerjaan.

Berdasarkan beberapa studi, menghabiskan waktu untuk berjalan di dalam hutan dengan lingkungannya yang hijau serta aromanya yang menyegarkan dapat menurunkan tekanan darah serta hormon stres tertentu. Saat kamu merasa rileks, aktivitas saraf parasimpatik akan meningkat dan hal ini kemudian membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, para peneliti juga meyakini bahwa pepohonan melepaskan senyawa tertentu yang dikenal dengan nama phytoncide ke dalam udara hutan. Selain berfungsi untuk melindungi pohon dari kerusakan, senyawa tersebut juga dinilai sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menghirupnya. Dengan menghirup senyawa tersebut, konsentrasi hormon stres akan berkurang sehingga aktivitas sel darah putih meningkat, yang dikenal sebagai sel pembunuh alami atu natural killer cell.


BACA JUGA: Ayo Usir Stres Saat Bekerja Dengan 7 Tips Kesehatan Ini!

Meningkatkan Imunitas

@ledi777 via Unsplash

Seperti yang Bob sebutkan di atas, aktivitas sel darah putih akan meningkat setelah kamu menghirup phytoncide yang tercampur dalam aroma hutan. Aktivitas tersebut berkontribusi pada meningkatnya produksi sel pembunuh alami atau natural killer cell, yakni salah satu jenis sel darah putih yang dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu dalam melawan penyakit.

Selain meningkatkan sistem imun, phytoncide juga dapat meredakan kecemasan, depresi, rasa marah, serta kelelahan tanpa mengikis semangat kamu. Manfaat tersebut akan semakin besar dampaknya bergantung pada luas serta kepadatan hutan. Semakin luas dan padat, tentu semakin banyak phytoncide yang kamu hirup dan semakin besar pula manfaatnya.


BACA JUGA: Hati-Hati Sakit Saat Musim Hujan! Ini Dia Tips Jaga Imunitas Saat Musim Hujan

Apa yang Perlu Kamu Perhatikan

@egle_sidaraviciute via Unsplash

Selain mengenal apa itu forest bathing beserta manfaatnya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal jika sudah mantap ingin melakukan metode penyembuhan yang satu ini. Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, semakin padat dan luas hutannya maka semakin besar manfaatnya.

Namun, kamu tentu tidak selalu bisa menjangkau hutan-hutan lebat nan luas apalagi jika hidup di kota besar dengan segala kepadatan bangunan-bangunannya. Untuk itu, tempat alam atau taman yang ditumbuhi pepohonan pun sudah cukup untuk melakukan forest bathing. Carilah tempat dengan suasana yang tenang, pemandangan yang indah, udara yang segar, serta aroma yang bagus. Selain itu, pastikan tempat yang akan kamu kunjungi memiliki jalur yang cukup luas, datar dan nyaman untuk berjalan kaki.

Alternatif lainnya, kamu bisa mencari pepohonan di taman kota lalu duduk dan menikmati lingkungan sekitarnya. Kuncinya adalah pengalaman berada di luar ruangan dengan setting alami dan tempat tersebut membuat kamu nyaman dan rileks.

Agar kamu benar-benar membenamkan diri dengan ketenangan hutan, segala macam alat gawai elektronik atau gadget sebaiknya kamu tinggalkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir distraksi atau gangguan sehingga kamu bisa benar-benar terhubung dengan lingkungan hutan. Kamu bisa mematikan gawai kamu dan menyimpannya di dalam saku atau tas kamu.

Saat mengelilingi hutan yang kamu tuju, berjalanlah dengan perlahan dan sesekali berhenti untuk meresapi keadaan sekitar. Jangan membuat keributan dan gunakanlah semua indra kamu. Dengarkan suara-suara yang dihasilkan lingkungan hutan, amati pemandangannya, sentuh pepohonan tersebut dan rasakan dedaunan serta tanahnya. Pejamkan mata, ambil napas perlahan dan cium aroma hutan yang menyegarkan. Anggap saja ini sebagai meditasi untuk menjernihkan pikiran dan membersihkan tubuh kamu.

 

Menyatu dengan Alam Bersama Bobocabin

Mau mencoba forest bathing sekaligus menginap di tengah alam yang menawarkan kesejukan? Nantikan kehadiran kehadiran Bobobocabin yang siap menemani kamu merasakan tenangnya alam berbalut teknologi canggih.

Bobocabin ini merupakan produk terbaru dari Bobobox, si hotel kapsul berlogo koala. Berbeda dengan Bobobox yang berlokasi di tengah kota, Bobobcabin ini rencanya akan dikembangkan di kawasan Bandung Utara dan Selatan, yakni di Cikole dan Ranca Upas yang terkenal dengan pepohonannya yang asri dan menyegarkan.

Kabinnya dirancang dengan konsep futuristik dan dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Teknologi tersebut dapat digunakan untuk pengaturan lampu, pintu, jendela dan Bluetooth speaker. Tempat tidurnya nyaman dengan jendela besar yang memudahkan kamu untuk benar-benar bisa meresapi keindahan alam di depan mata.


BACA JUGA: Beristirahat Di Tengah Pesona Alam Indonesia Dengan Bobocabin Bobobox!


Meski berada di tengah alam, jangan khawatir soal masalah internet. Bobocabin juga dilengkapi dengan Wi-Fi kencang yang siap menemani ketenangan di tengah sejuknya alam. Selain itu, ada juga fasilitas parkir, kamar mandi bersama, pembersihan berkala, serta api unggun untuk mengusir rasa dingin yang menyusup ke tulang kamu.

Nah, biar tidak ketinggalan update terbarunya, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store! Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi yang pertama mengetahui informasi terbaru tentang Bobobcabin. Ada promo-promo menarik juga lho.

You might also like