Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Teh Omija dari Korea Selatan

Yuk pecinta teh merapat!

teh omija
via unsplash

Korea Selatan selain terkenal dengan K-Pop dan K-Dramanya juga dikenal karena racikan-racikan alaminya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan lho. Salah satu contohnya yaitu Korea dikenal juga dengan racikan tehnya, misalnya teh omija atau omijacha. Omijacha ini dikenal dengan khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh.

Bagi kamu yang sering berkunjung ke restoran khas Korea tentunya sudah tidak asing dong dengan minuman tersebut. Untuk para penyuka minuman teh, pasti menyukai teh omija karena rasanya yang unik dan ragam manfaat yang diberikan teh ini bagi kesehatan tubuh. Selain itu, teh ini juga bermanfaat untuk kecantikan kulitmu.

Omijacha ini adalah minuman tradisional khas Korea yang utamanya berasal dari Pulau Jeju, Korea Selatan. Seiring berkembangnya jaman dan kepopulerannya, omijacha kini sudah tersebar luas di berbagai tempat di Korea dan mudah ditemukan. Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, kamu wajib mencoba minuman ini di tempat asalnya ya.

Kandungan dan Manfaat Teh Omija

teh omija
via unsplash

Kamu pasti bertanya-tanya tentang kandungan atau campuran apa saja yang ada di dalam teh omija sehingga membuatnya dikenal dengan manfaatnya yang kaya. Omijacha merupakan minuman sejenis teh yang terbuat dari campuran madu dan berbagai buah beri khas Korea Selatan yang direndam bersamaan.

Beri yang ada di dalam campuran tehnya bernama buah omija atau Schisandra chinensis. Buah omija ini sekilas tampak seperti raspberry, berbentuk bulat kecil dan berwarna merah. Omija banyak ditemukan di kawasan Mungyeong dan hampir 45% hasil produksinya berasal dari kota tersebut.

Uniknya, beri ini memiliki 5 rasa dalam satu buah yaitu asam, manis, pahit, asin, dan pedas. Pada jaman dahulu, proses pembuatannya dinilai cukup unik. Para penduduk Jeju mengumpulkan buah-buah beri khas Korea yang berukuran biji merica dari hutan.

Nah, supaya awet buah beri ini dicampurkan dengan madu ke dalam tempayan tradisional yang tertutup rapat. Prosesnya perendamannya pun memakan waktu yang lama, yaitu bisa sampai 3 tahun, bahkan ada yang menyimpannya lebih dari itu.

Semakin lama proses perendaman atau fermentasinya maka semakin baik teh omija yang dihasilkan. Orang-orang Korea rutin mengkonsumsi minuman ini untuk menjaga ketahanan dan metabolisme tubuh. Bagi kamu yang sedang berdiet, minuman ini bisa membantu proses dietmu lebih lancar lho.

Selain diolah menjadi minuman teh, omija juga sering digunakan sebagai campuran masakan khas Korea Selatan seperti dak galbi, kimchi, bibimbap, dan lain-lain. Bukan Cuma memiliki rasa yang unik, omija memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Teh omija juga berkhasiat untuk mendetoks racun-racun di dalam tubuh. Khasiat lainnya dari mengkonsumsi teh omija secara rutin adalah dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati. Antioksidan yang terkandung di omija bisa memerangi radikal bebas serta mengurangi peradangan.

Oleh sebab itu, omija sangat bagus untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit saluran pernafasan, dan gagal ginjal.

Lima rasa dalam Teh Omija

teh omija
via unsplash

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa proses pembuatan teh omija adalah dengan perendaman yang cukup lama. Lalu apakah tidak busuk buahnya? Tentu tidak. Meskipun proses perendaman berlangsung lama bahkan sampai menahun, buah omija hanya berubah warna.

Madu yang direndam bersamaan juga kualitasnya masih bagus. Malahan hasil rendaman tersebut menciptakan rasa yang istimewa. Minuman ini terkenal karena memiliki 5 rasa yaitu manis, asam, asin, pahit, dan pedas. Meski begitu, tidak semua orang yang meminum teh omija merasakan rasa yang sama.

Ada yang merasakan rasa pahitnya saja, manis dan asam saja, dan sebagainya. Hal itu konon disebabkan oleh kondisi kesehatan seseorang yang meminumnya. Perbedaan rasa yang dirasakan oleh peminumnya disinyalir menandakan kondisi kesehatan orang tersebut.

Sebagai contoh, jika orang yang meminum teh omija merasakan rasa asam yang dominan, kemungkinan dia mengalami kesulitan tidur atau kurang tidur. Jika orang yang meminum teh omija bisa merasakan kelima rasanya artinya orang tersebut memiliki kondisi tubuh yang sehat.

Selain teh omija, masyarakat Korea juga mengkonsumsi madu omija secara langsung. Namun, karena rasa dan baunya yang begitu menyengat, penduduk Jeju kerap mencampurkannya dengan air putih. Selain untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi omija secara rutin dan teratur dapat membuat kulit Nampak lebih sehat dan bercahaya.

Selain itu juga banyak kosmetik yang menggunakan buah omija sebagai campurannya. Contohnya kosmetik merk Skin Food dari Korea yang memanfaatkan campuran buah omija untuk produk pencerah kulit. Omija juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini.

Madu Omija khas Pulau Jeju

teh omija
via unsplash

Jika kamu ingin menyaksikan proses pembuatan teh omija dan madu omija secara langsung, kamu bisa berkunjung ke Pulau Jeju, di Korea Selatan. Datanglah ke salah satu desa tradisional Jeju untuk melihat tempayan-tempayan tradisional yang berisi campuran madu dan omija di dalamnya.

Di dalam tempayan tersebut jika dikeluarkan, kamu akan melihat biji-biji buah omija kering yang bercamopur dengan madu yang kental. Madu yang berwarna kuning coklat keemasan berubah warna menjadi kemerahan hasil dari perendaman dengan buah omija.

Selain melihat-lihat, tentu saja kamu juga bisa mencicipi dan membeli madu omija segar yang dikemas dala kemasan khusus. Banyak toko-toko yang menjual madu omija beserta olahan omija lainnya yang bisa kamu coba di sana. Membeli madu omija tentu merupakan hal yang manguntungkan.

Campuran madu dan omija tersebut bisa tahan disimpan hingga 10 tahun lho. Kamu bisa menggunakan campuran madu omija dengan the hijau kesukaanmu. Di Korea sendiri, teh omija biasanya disajikan dengan campuran kelopak bunga seperti bunga azalea atau mawar kuning.

Meminum teh omija bisa melengkapi ritual relaksasimu sehingga stress pun berkurang dan tubuh menjadi lebih sehat.

Relaksasi Bersama Bobobox, Hotel Kapsul dengan Fasilitas Ternyaman

bobobox hotel kapsul

Rutinitas di rumah dan WFH lama-kelamaan membuatmu penat dan stress lho. Sekali-kali kamu juga perlu keluar dari rumah namun tetap mengikuti protocol kesehatan yang ada. Jikalau kamu masih khawatir untuk pergi ke tempat seperti kafe dan tempat umum lainnya, menginap saja di Bobobox!

Fasilitas oke yang membuatmu nyaman seperti di rumah tersedia di Bobobox. Dilengkapi speaker yang bisa kamu sambungkan dengan Bluetooth dan lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sesuai keinginanmu dijamin suasana menginapmu akan semakin nuansa. Kamu juga bisa menggunakan pantry untuk menyeduh teh omija atau teh favoritmu.

Kasur yang empuk, teh omija, lagu favorit, dan suasana yang tenang dan bersih sudah pasti bikin staycationmu memuaskan. Semakin lengkap deh ritual relaksasi pelepasan penatmu. Tunggu apa lagi? Ayo pesan pods-nya sekarang juga melalui aplikasi bobobox yang bisa kamu unduh di telepon genggammu atau klik di link ini.

You might also like