Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Potpourri, Pengharum Ruangan Alami yang Kamu Bisa Buat Sendiri, Lho!

Aroma khas alam yang menghadirkan perasaan menyenangkan

Rumah sebagai tempat untuk menghabiskan banyak waktu dengan keluarga akan terasa lebih nyaman dengan suasana bersih, rapi dan wangi. Selain dengan selalu menjaga kebersihan, yang terakhir biasanya dapat kamu akali dengan penggunaan pengharum ruangan yang bisa dibeli di pasaran. Hanya saja, pengharum ruangan tersebut tentunya mengandung bahan-bahan kimia yang dapat memengaruhi kesehatan kamu dalam jangka panjang.

Nah, untuk terhindari dari bahaya kesehatan tersebut, kamu bisa beralih dengan menggunakan potpourri. Istilah penyegar ruangan satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Untuk itu, agar kamu semakin mengenal apa itu potpourri, simak ulasan tentang apa itu potpourri di bawah ini!

Apa itu Potpourri?

@melipoole via Unsplash

Bagi yang masih asing dengan istilah potpourri mungkin akan bertanya-tanya sebenarnya apa itu potpourri. Potpourri sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis pengarum ruangan dan kamu bisa membuatnya dengan tangan kamu sendiri lho.

Potpourri ini dibuat dengan menggunakan tanaman yang secara alami memiliki wangi menyenangkan. Tanaman tersebut biasanya berupa berbagai macam bunga, buah, rempah, dan tanaman herbal yang sudah dikeringkan serta minyak esensial.

Campuran bahan-bahan kering serta minyak esensial tersebut biasanya ditempatkan dalam mangkuk terbuka atau wadah yang terbuka atau berlubang lainnya agar aroma alaminya bisa keluar bebas. Selain itu, kehadirannya juga kerap memberkan sentuhan estetik yang sekaligus mempercantik ruangan dalam rumah kamu.

Penambahan minyak esensial pada tanaman-tanaman kering itu berfungsi untuk meningkatkan kadar wangi yang dibutuhkan untuk mengharumkan ruangan. Bahan-bahan kering tersebut tidak akan mengeluarkan cukup aroma semerbak yang dibutuhkan untuk menyegarkan rumah kamu.

Nah, keberadaaan potpourri di rumah bisa meningkatkan suasana hati kamu karena adanya aroma alam yang menyambut kedatangan kamu saat memasuki rumah. Kehadirannya akan menghalau bau tidak sedap serta memberikan kesegaran di setiap sudut rumah. Kamu bisa menempatkannya di mana saja seperti di ruang tamu, kamar mandi, dan ruangan lainnya sehingga aroma menyenangkan tersebut akan mengikuti kemana pun kamu pergi.

Secuil Sejarah Potpourri

@oskanov via Freepik

Setelah mengathui apa itu potpourri, tidak ada salahnya kamu juga mengenal asal usul terciptanya pengharum ruangan alami ini. Potpourri ini dipercaya berasal dari Prancis. Pot sendiri dalam bahasa Prancis berarti pot sementara pourri berarti busuk.

Kehadiran potpourri sendiri dipercaya sudah ada sejak abad ke-12 dengan tujuan untuk memberikan kesegaran pada ruangan-ruangan di dalam kastil. Penggunaannya dilakukan dengan berbagai cara dan bentuk, Salah satunya adalah dengan hanya menyebarkannya di atas lantai. Lalu, memasuki abad ke-17, orang-orang Prancis Prancis terbiasa menggantung mangkuk-mangkuk berisi bunga dan tanaman herbal kering di dalam rumah mereka.

Seiring berjalannya waktu, konsep ini pun makin populer dan mendapat perhatian terutama dari para pecinta berkebun. Mereka biasanya akan memetik sejumlah bunga dan dedaunan dari kebun lalu menjadikannya potpourri.

Manfaat Poutpourri

@freestocks via Unsplash

Setelah mengetahui apa itu potpourri dan sejarah singkatnya, yuk kenalan dengan manfaat pengharum ruangan alami ini. Manfat yang paling utama dari potpourri ini tentunya adalah untuk menyegarkan ruangan dalam rumah kamu.

Dengan menempatkannya di area yang luas, keharuman akan menyebar ke segala penjuru ruangan dan mampu bertahan lama hingga berbulan-bulan bahkan tahunan tergantung pilihan bahannya. Penambahan minyak esensial di dalamnya juga akan mengurangi kehadiran bakteri di udara serta membawa manfaat positif pada tubuh seperti perasaan rileks dan sebagai pengusir stres.

Selanjutnya, pengunaan potpourri juga akan menghemat pengeluaran kamu karena kamu tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan. Hal ini pun kemudian akan menghindarkan kamu dari paparan bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam pengharum ruangan biasa mengingat potpourri hanya menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu, dengan membuat potpourri sendiri, kamu bisa menentukan sendiri wangi apa yang sesuai dengan kenginan kamu.

Apa yang Kamu Perlukan untuk Potpourri

via Freepik

Dengan mengetahui secara garis besar tentang apa itu potpourri, kamu mungkin sudah memiliki gambaran apa saja yang akan kamu butuhkan untuk membuatnya dengan tangan sendiri. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan wangi seperti apa yang kamu mau, apakah wangi berbau buah-buahan seperti jeruk, bunga-bungaan, berbahan dasar kayu manis, atau semacamnya.

Jika kamu kebingungan menentukan wanginya, kamu bisa melihat referensi resep potpourri yang sudah banyak tersebar di internet. Alternatif lainnya, kamu bisa mencoba meracik sendiri resep potpourri dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kamu atau mudah kamu dapatkan.

Jika kamu memiliki tanaman bunga di rumah dengan wangi atau tampilan yang menyenangkan seperti bunga mawar, lavender, melati, lili, geranium, kenanga, marigold, tulip dan sebagainya, kamu bisa memasukkan bunga-bunga tersebut ke dalam list resep potpourri kamu.

Jika tidak ada, jangan dulu menyerah. Kamu bisa mencoba meminta pada tetangga yang memiliki bunga-bunga harum nan indah atau membeli bunga-bunga segar di pasar bunga terdekat kamu. Perlu diingat, yang kamu perlukan adalah kelopak bunganya.

Setelah itu, mari berlanjut pada bahan-bahan lainnya seperti buah-buahan, rempah dan tanaman herbal. Kamu bisa memilih bahan seperti irisan jeruk lemon, kulit jeruk, daun pandan, daun ketumbar, daun mint, serai, daun geranium, rosemary, kayu manis atau cengkeh. Sesuaikan saja dengan selera dan kemampuan kamu.

Selanjutnya, keringkan semua bahan yang kamu punya. Tunggu sampai semua bahan mengering lalu siapkan wadah yang menarik. Setelah itu, tambahkan minyak esensial untuk memperkuat aroma secara menyeluruh. Agar wangi selalu bertahan lama, kamu perlu menambahkan minyak esensial secara rutin.

Selain itu, selalu jaga kebersihan potpourri dengan membersihkannya dari debu dan kotoran. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam plastik yang dapat ditutup kembali. Lubangi plastik dengan garpu lalu kocok-kocok di atas tong sampah untuk mengeluarkan kotoran dan debu di dalamnya.

Minyak Esensial dan Wadah

@jcomp via Freepik

Pilihlah sesuai selera kamu seperti lemon, mint, mawar, lavender, melati dan chamomile. Sebagai pemula, sebaiknya jangan mencampurkan lebih dari dua atau tiga jenis minyak esensial. Setelah mulai terbiasa, kamu bisa bereksperimen dengan berbagai jenis minyak untuk memperoleh aroma yang kamu mau.

Sebagai catatan, jika kamu memilih bunga dengan wangi alami, pilihlah minyak esensial dengan aroma halus. Namun, jika kamu memilih bunga dengan tampilan mencolok, sebaiknya pilih minyak dengan aroma yang kuat.

Untuk pemilihan wadah, sebaiknya gunakan wadah berbahan kaca, keramik atau kayu. Penggunaan wadah berbahan kayu biasanya akan mempertahankan aroma dengan baik serta memiliki tampilan estetik. Selain itu, sebaiknya hindari wadah berbahan logam atau yang menggunakan bahan perkakas seperti stainless steel.

Meski berada di rumah membuat nyaman apalagi dengan kehadiran potpourri, sesekali kamu juga butuh liburan atau jauh dari rumah untuk kepentingan tertentu. Di saat seperti itu, jangan ragu untuk memilih Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu.

Tempatnya nyaman dan Instragammable, pelayanannya ramah, kebersihan dan keamanan terjamin, dan harganya pun terjangkau. Kamu bisa menemukan hotel kapsul berlogo koala ini di beberapa kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Sudah siap? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk booking dan dapatkan informasi terupdate serta promo-promo menarik dari Bob!

You might also like