Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kamu Perlu Tahu 5 Cara Mengatasi Masalah Pada Rambut

Bad hair day? Jangan dulu putus asa!

Pandemi ini meninggalkan rasa bosan yang benar-benar akut pada banyak orang yang melakukan karantina mandiri maupun work from home. Beberapa bisa mengendalikan situasi ini dengan baik, seperti berolahraga, belajar hobi baru sampai mengikuti kelas-kelas daring. Tapi sisanya yang kehabisan akal sehingga mereka melakukan sesuatu yang drastis, seperti memotong atau bahkan mewarnai rambut sendiri. Karena impulsif, banyak yang jadinya tidak memperhatikan petunjuk dengan baik dan berakhir dengan rambut kering atau rusak. Bob akan membantu kalian mencari tahu macam-macam masalah rambut dan apa yang kamu bisa lakukan di rumah untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Hal-Hal yang Memengaruhi Rambut Kering dan Menjadi Rusak:

 

Pola Makan yang Tidak Teratur

Thomas Keley – Unsplash

Hayolo, siapa yang masih gemar konsumsi junk food? Meskipun nikmat nggak ada dua apalagi tiga, pola makan yang tidak sehat berperan besar sebagai pemicu rambut kering. Ketika tubuh kekurangan asupan protein, zinc, zat besi dan vitamin, rambutmu menjadi rapuh dan kusam.

 

Terpapar Panas yang Berlebihan

Allie – Unsplash

Tim catokan dan hair dryer mana suaranya? Untuk beberapa orang, catokan merupakan lifesaver dan jalan keluar tercepat ketika rambutmu sedang tidak karuan. Tapi bila rambut kita terpapar oleh panas tinggi dari alat-alat ini dalam jangka waktu yang cukup sering, kutikula rambut akan rusak. Dalam skala rendah, otomatis menjadikan rambut kering. Dalam skala besar? Bisa-bisa rambutmu terbakar.

Bleaching dan Pewarna Rambut

Daniel Dvorsky – Unsplash

Warna rambut umum yang dimiliki oleh penduduk Asia Tenggara, termasuk Indonesia, adalah rambut dengan warna gelap atau hitam. Untuk bisa mencapai beberapa warna rambut tertentu seperti coklat muda, pirang atau ungu, rambutmu perlu dibleach agar zat pewarna bisa menempel. Kandungan zat yang ada pada bleaching seperti hidrogen peroksida membuat rambut kering karena ia bekerja dengan cara mematikan pigmen rambut, membuat warna rambut menjadi lebih cerah dan menguras kelembaban alami rambut. Jika tidak diurus dengan baik, rambut kering dari pewarnaan ini menjadi mati dan akan mudah rontok, atau bahkan patah-patah seperti rambut kucing.

Rambut Bercabang

Shutterstock

Siapa sangka, rambut bercabang ternyata punya dampak besar dalam rambut kering dan rusak? Rambut bercabang yang menjadi efek samping kondisi-kondisi di atas jika dibiarkan lebih lama akan menghambat pertumbuhan rambutmu. Kondisi ini membuat rambutmu jadi lebih mudah kusut dan frizzy.

Stres

Engin Akyurt – Unsplash

Meski sepele, stres berpengaruh banget terhadap kesehatan rambutmu lho. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kondisi stres dapat membuat rambut kering dan mudah rontok. Salah satu kondisi kerontokan ini dinamakan telogen effluvium. Kondisi ini terjadi ketika stresmu mendorong folikel-folikel rambut ke fase resting (beristirahat). Hal ini menyebabkan folikel tersebut tidak tumbuh karena bersifat dorman, dan membuat rambut menjadi rontok.

Mengatasi Masalah Rambut Kering dan Rusak:

 

Memperbaiki Asupan Nutrisi dan Pola Makan untuk Rambut Kering

Sama seperti bagian tubuh yang lain, kesehatan rambutmu tergantung dari nutrisi yang diserap dari apa yang kamu konsumsi. Lagipula, pola makan yang tepat bisa memberikan dampak lebih dari sekadar rambut sehat. Dengan pola makan yang tepat, tubuhmu jadi lebih semangat melakukan perbaikan dan pemulihan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tentu, sesuaikan dengan kemampuanmu masing-masing dan jangan dipaksakan yaa! Yang penting, beberapa nutrisi di bawah ini tercukupi.

1. Protein
Haley Hamilton – Unsplash

Rambut terbuat dari salah satu jenis protein, yaitu keratin. Untuk itu, protein memiliki peran yang besar agar rambutmu kuat dan sehat. Kurangnya asupan protein dalam pola makanmu bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu mengalami rambut kering, kusam dan rusak. Selain itu, kondisi ini dapat menghambat pertumbuhan rambutmu. Kamu bisa memilih makanan seperti telur, daging ayam dan ikan kaya lemak seperti salmon. Dan jika kamu tidak mengkonsumsi produk olahan hewan, kacang-kacangan seperti tempe, tahu, almond bahkan kwaci bisa jadi pertimbangan juga.

2. Zat Besi
Louis Hansel – Unsplash

Rambut kering adalah salah satu dampak ketika tubuh kita kekurangan zat besi. Folikel dan akar rambut mendapatkan nutrisinya dari suplai darah yang penuh akan nutrisi. Ketika asupan zat besi dalam pola makanmu kurang, nutrisi yang didapatkan dari darah pun jadi terhambat. Hal ini dapat membuat rambutmu mudah rontok dan rapuh. Daging-dagingan atau sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung bisa membuat keperluan zat besi dalam tubuhmu terjaga.

3. Vitamin C
William Felker – Unsplash

Vitamin C dapat memudahkan penyerapan zat besi, jadi cocok untuk dikonsumsi berdampingan dengan makanan kaya akan zat besi. Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan, dan dapat membantu tubuhmu memproduksi kolagen yang akan memperkuat batang rambutmu. Konsumsi buah-buah kaya akan vitamin C dengan cara mengolahnya menjadi salad buah, jus atau dimakan dengan sendirinya seperti keluarga buah beri, pepaya, kiwi, jambu, jeruk dan lainnya.

4. Zinc dan Selenium
Maddi Bazzocco – Unsplash

Kulit kepala butuh perlindungan yang melibatkan mineral lain, seperti zinc dan selenium. Kurangnya asupan zinc pada tubuh akan membuat kulit kepalamu menjadi kering, yang akan memperparah ketombe juga membuat rambut kering. Makanan berserat tinggi seperti gandum, atau makanan berprotein seperti tiram, daging dan telur bisa membantumu mendapatkan asupan zinc.

 

Melindungi Rambut Kering Sebelum Hair Styling

Taisiia Shestopal – Unsplash

Paparan langsung dari suhu yang tinggi akibat catokan dan hair dryer berdampak buruk untuk rambutmu ketika kamu menggunakannya dengan sembrono. Suhu tinggi ini nantinya akan merusak lapisan keratin yang melindungi rambutmu. Hal ini menjadikan rambutmu rapuh dan menyebabkan rambut kering, bahkan patah dan terbakar. Pastikan kamu memberi perlindungan ekstra untuk rambutmu dengan menggunakan heat protective products sebelum menggunakan alat styling suhu tinggi seperti catokan dan hair dryer.

 

Merawat Rambut Kering dari Luar

Curology – Unsplash

Rambut kering, apalagi yang menjadi akibat dari pewarnaan atau bleaching dengan perawatan yang buruk membuat rambutmu jadi rapuh. Kamu bisa mensiasati hal ini dengan memperbaiki caramu merawat rambut. Fokuskan sampo pada kulit kepala dan jangan lupa untuk menggunakan kondisioner pada helai rambutmu setelahnya. Kamu bisa meninggalkan kondisioner dari sepuluh hingga 30 menit sebelum membilasnya.

Treat yourself more dengan rajin menggunakan masker rambut seminggu sekali dan berikan vitamin atau minyak rambut setelah keramas. Hair tonic pun bisa jadi pilihan untuk membantu rambutmu tumbuh lebih kuat dan lebat. Dengan meningkatkan rasa pedulimu untuk merawat rambut, dijamin kamu akan lebih jarang mengalami rambut kering!

 

Jangan Sepelekan Trimming dan Maintenance Rambut Kering

Manu M – Unsplash

Rambut kering, tumbuh lama dan kusut merupakan dampak dari cabang pada ujung rambutmu. Dan rambut-rambut yang bercabang ini seringkali susah untuk dihilangkan, bahkan dengan masker rambut sekalipun. Jalan keluarnya adalah melakukan trimming, yaitu memotong bagian bercabang pada rambutmu. Dengan ini, pertumbuhan rambut tidak akan terhambat dan kamu akan terhindar dari rambut kering dan kusut. Tidak perlu sering-sering, hanya cukup sekitar enam minggu sekali.

Untuk menghindari rambut bercabang, usahakan jangan keramas setiap hari, karena sampo akan menguras kelembapan pada rambut yang membuat rambut kering. Usahakan juga menyisir dengan tangan atau sisir berjarak besar ketika rambutmu sedang basah untuk menghindari kerontokan dan rambut kering.

 

Hilangkan Stres

kamar bobobox

Stres terkadang memang sulit untuk dihindari, tapi rambut kering tidak. Selain memperhatikan keadaan dirimu dan kesehatan fisikmu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi mentalmu. Jika kamu merasa ada sesuatu yang salah, jangan sungkan untuk reach out pada support systemmu atau pergi berkonsultasi. Tapi jika kamu stres karena butuh waktu untuk beristirahat, Bobobox bisa menjadi pilihan staycation mendadakmu!

Bobobox pods dilengkapi dengan nature noises pada speakernya dan juga lampu yang mudah diatur sehingga kamu bisa rileks tanpa perlu ribet dan khawatir! Download aplikasinya sekarang dan dapatkan penawaran menarik lainnya dari Bobobox! Don’t be afraid to treat yourself.

You might also like