Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Alami Kesemutan? Ini Dia Cara Mengatasi Kesemutan dengan Ampuh!

Sederhana dan mudah dilakukan!

Bobobox.co.id — Kesemutan merupakan sensasi seperti ditusuk-tusuk atau geli pada bagian tubuh tertentu. Hampir setiap orang pernah mengalami rasa nyeri tersebut yang merupakan akibat dari kesemutan.

Penyebab dari kamu merasakan kesemutan adalah ketika duduk terlalu lama atau menjadikan lengan sebagai bantal terlalu lama. Biasanya, rasa nyeri ini bakal hilang dengan sendirinya.

Walaupun begitu, kamu bisa mengatasi kesemutan dengan ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri dengan cepat. Berikut ini merupakan sepuluh cara mengatasi kesemutan dengan ampuh yang bisa kamu lakukan!

Menjentikkan Jari

Cata untuk mengatasi kesemutan dengan ampuh pertama adalah dengan menjentikkan jari. Cara satu ini terbilang salah satu cara yang paling mudah dilakukan dan terbilang cukup manjur untuk mengatasi masalah kesemutan.

Untuk mengaplikasikan cara ini, kamu hanya perlu meluruskan tangan secara perlahan tapi tanpa perlu dipaksa. Setelah itu, barulah kamu coba untuk menjentikkan jari pada bagian tangan yang kesemutan.

Cara mengatasi kesemutan ini ditujukan untuk membuat alirah darah kembali lancar dan otot lebih rileks. Jika masih terasa sakit, berhentilah sejeneak untuk kemudian mengulangi cara tersebut setelahnya.

Gerak tubuh via solidcolours/iStock/ Getty Images

Pijat Bagian yang Kesemutan

Cara mengatasi kesemutan dengan ampuh berikutnya adalah dengan memijat bagian yang kesemutan. Mendapatkan pijatan ini akan memperlancar peredarah darah dan mencegah munculnya kesemutan.

Sama seperti cara sebelumnya, luruskan bagian kaki atau tangan terlebih dahulu. Jika dirasa sudah rileks, barulah pijak seluruh bagian tangan dan kaki secara perlahan untuk menghilangkan kesemutan.

Tujuan dari cara ini adalah untuk membuat normal bagian saraf terjepit yang merupakan penyebab dari kesemutan yang kamu rasakan. Dengan aliran darah kembali lancar, tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar.

mengatasi kesemutan dengan ampuh
Pijat bagian kesemutan via unsplash.com/@conscious_design

Mengubah Posisi Tubuh

Tertekannya saraf akibat postur tubuh yang kurang baik adalah salah penyebab kesemutan. Khususnya saat bekerja, duduk atau berdiri pada posisi yang salah justru dapat meningkatkan tekanan pada tubuh.

Oleh karena itu, kesemutan seringkali terjadi. Untuk mengatasi kesemutan dengan ampuh, mengubah posisi tubuh adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengurangi rasa nyeri dari kesemutan.

Dengan posisi tubuh yang baik, beban tubuh pun relatif berkurang. Proses ini juga yang mampu mendukung proses lebih rileksnya saraf yang menjadi penyebab awal kesemutan yang kamu derita.

Ubah posisi duduk via integrityphysio.com.au

Baca Juga: 10 Bahan Alami Untuk Melembutkan Tangan Kering


Kompres dengan Air Hangat

Kompresan merupakan cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Di samping itu, kompresan ini pun bisa dimanfaat juga sebagai cara mengatasi kesemutan dengan ampuh.

Caranya pun terbilang mudah dan tak bikin ribet. Kamu hanya perlu mengompres pada bagian tubuh yang kesemutan, baik tangan ataupun kaki. Kompresan yang digunakan sebisa mungkin air hangat.

Penggunaan air hangat ini berfungsi untuk membantu memperlancar aliran darah dan membuat otot kembali rileks. Dengan begitu, nyeri kesemutan yang dialami pun akan hilang secara perlahan.

Kompres via beaumont.org

Menambah Asupan Vitamin B

Memenuhi asupan vitamin B bisa menjadi cara lain untuk mengatasi kesemutan dengan ampuh. Pasalnya, kekurangan vitamin B inilah yang menjadi salah satu penyebab di mana kamu mengalami kesemutan.

Untuk memenuhi asupan kebutuhan vitamin B ini, berbagai jenis makanan yang menjadi sumber vitamin B ada di pasaran. Mulai dari ikan, telur, susu, keju, dan masih banyak makanan lain dengan kandungan vitamin B.

Sebenernya, selain untuk meredakan gejala kesemutan, ada manfaat lain dari vitamin B untuk kesehatan tubuh. Memproduksi sel darah merah merupakan salah satu manfaat vitamin B untuk tubuh.

Vitamin B via LumenSt | Getty Images/iStockphoto

Konsumsi Alpukat dan Kayu Manis

Selain mengonsumsi vitamin B, baik B1, B6, hingga B12, cara lain untuk mengatasi kesemutan dengan ampuh adalah mengonsumsi alpukat dan kayu manis. Keduanya dipercaya ampuh untuk menghilangkan kesemutan.

Alpukat sendiri dikenal kaya akan magnesium. Zat ini berperan penting untuk kesehatan otot dan tulang. Itulah mengapa buah satu ini sangat baik dikonsumsi untuk menghentikan gejala kesemutan.

Sedangkan untuk kayu manis, kandungan vitamin B kompleks dalam kayu manis yang berkontribusi besar. Kandungan inilah yang mampu memperlancar alirah darah agar kesemutan bisa berkurang.

Hati-Hati! 7 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Kulkas
@kellysikkema via Unsplash

Baca Juga: Rambut Sudah Mulai Tidak Sehat? Ini Dia 7 Tips Mengatasi Rambut Rontok Terbaik Patut Dicoba


Berolahraga secara Rutin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terjepitnya saraf merupakan salah satu penyebab dari kesemutan. Nah, untuk mengatasi kesemutan dengan ampuh, berolahraga secara rutin bisa jadi pilihan.

Berolahraga secara rutin ini dipercaya sebagai cara paling ampuh. Pasalnya, selama berolahraga, seluruh bagian tubuhmu ikut bergerak ketika berolahraga sehingga otot lebih aktif dan terlatih.

Hal tersebut membuat risiko saraf atau otot terjepit semakin berkurang. Dengan berkurangnya risiko saraf terjepit, maka semakin kecil pula risiko kamu mengalami kesemutan jika dilakukan secara rutin.

Rutin berolahraga via pexels.com/@cottonbro

Kurangi Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Mengurangi kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan cara mengatasi kesemutan dengan ampuh. Keduanya menjadi penyebab seseorang lebih sering terkena kesemutan.

Khususnya alkohol, berbagai studi menunjukkan bahwa alkohol mampu menyebabkan kesemutan dan kebas. Oleh sebab itu, membatasi bahkan menghindarinya sama sekali mampu mengatasi kesemutan.

Di samping kesemutan, baik alkohol dan rokok menjadi sumber dari banyak penyakit berat. Maka dari itu, menghindari keduanya turut mengurangi risiko meningkatnya penyakit berat menimpamu.

Kebiasaan merokok via pexels.com/@fotografierende

Menggunakan Alat Khusus dan Obat

Cara mengatasi kesemutan dengan ampuh lainnya adalah dengan menggunakan alat khusus. Alat khusus seperti sarung tangan di bawah ini dapat mengatasi pergerakan tangan untuk menghilangkan kesemutan.

Biasanya, menggunakan alat khusus ini digunakan pada orang dengan kondisi tertentu. Salah satu orang dengan kondisi tertentu tersebut adalah orang-orang yang mengidap syndrom carpal tunnel.

Selain itu, berbagai jenis obat-obatan pun bisa digunakan. Mulai dari ibuprofen, naproxen sodium, dan suntikan steroid mampu membuat meredakan rasa nyeri akibat kesemutan. Namun, konsultasikan dulu ke dokter, ya!

Alat khusus via depositphotos.com/belahoche

Baca Juga: Ingin Mewarnai Rambut Sendiri Tapi Takut Gagal? Ikuti 10 Tips Mewarnai Rambut Sendiri Berikut Ini!


Cek Waktu Tepat untuk Konsultasi

Cara mengatasi kesemutan dengan ampuh terakhir adalah mengecek waktu tepat untuk konsultasi dengan ahlinya. Cara ini wajib dilakukan jika cara-cara di atas sudah tak manjur dan kesemutan tak kunjung hilang.

Bisa jadi, kesemutan tersebut merupakan beberapa indikasi lain. Untuk itu, ada baiknya jika konsultasi bersama dokter menjadi solusi terbaik untuk mengetahui lebih lanjut penyebab yang kamu alami.

Dengan konsultasi ini pula, kamu bisa mendapatkan penanganan yang diperlukan untuk mengatasi kesemutanmu. Di samping itu, kamu pun tahu jika kondisi kesehatanmu memang benar baik-baik saja.

Konsultasi via unsplash.com/@impulsq

Menginap untuk Mengatasi Rasa Bosan? Ya di Bobobox

Sedang bosan dengan hal itu-itu saja? Kamu bisa menghilangkan rasa bosanmu dengan menginap di Bobocabin. Bobocabin sendiri adalah produk terbaru dari Bobobox Indonesia yang akan mendekatkanmu dengan alam.

Dengan begitu, rasa penat yang menjadi penyebab rasa bosanmu akan hilang. Soal tempatnya sendiri, kamu bisa memilih Bobocabin Cikole dan Ranca Upas sebagai destinasi pilihan menginapmu.

Informasi pemesanan bisa langsung kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

main lampu kuning bobobox

You might also like