Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

11 Cara Mengatasi Homesick untuk Pekerja yang Merantau

11 cara ampuh mengatasi homesick saat kamu merantau untuk bekerja.

Mengatasi homesick atau rindu rumah memang tidak mudah apalagi di tahun pertama kamu mulai merantau. Tidak semua orang beruntung memiliki tempat kerja yang dekat dengan rumah. Sebagian orang harus tinggal di luar daerahnya karena mendapat pekerjaan di luar kota atau dipindah tugaskan oleh perusahaan.

Beberapa karyawan bahkan ada yang memilih untuk kos dekat kantor untuk menghindari perjalanan pulang dan pergi yang melelahkan karena tempat tinggal yang jauh dari rumah dan menghindari padatnya lalu lintas. Lamanya merantau tidak menjadmin akan mengatasi homesick.

Baik yang baru mulai merantau dan yang sudah lama merantau tentunya akan sulit untuk mengatasi homesick. Oleh karena itu kali ini Bob sudah siapkan 11 cara mengatasi homesick khusus untuk kamu pekerja yang tengah merantau seperti berikut ini!

1. Cara Mengatasi Homesick; Cari Teman Baru

foto: pixabay.com

Memiliki teman di tempat rantauan tentunya memberikan cukup banyak bantuan agar kamu tidak merasa kesepian. Memiliki teman baru tentu akan sangat membantu kamu terutama disaat kamu merasa kebingungan dan masih dalam proses adaptasi dengan tempat baru. Kamu bisa meminta tolong pada teman kamu untuk mengajak berkeliling di tempat baru sehingga kamu semakin yakin bahwa tempat baru tersebut menjadi rumah yang aman bagi kamu.

2. Sibukkan Diri

homesick

Sibukkanlah diri dengan berbagai kegitan yang positif. Alihkan banyak wwaktu yang terbuang sia-sia hanya karena kamu merenungkan kerinduan kamu dengan rumah. Tidak melulu menyibukan diri dengan bekerja di kantor kamu bisa mencoba mengambil pekerjaan freelance yang sesuai dengan hobi kamu atau bergabung dengan komunitas setempat.

Dengan mengikuti komunitas maka peluang kamu untuk mendapatkan banyak kawan baru yang memiliki minat yang sama akan menjadi lebih besar. Riset dari American Camp Association mengungkapkan bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengatasi homesick adalah dengan membuat diri Anda sesibuk mungkin.

Carilah berbagai kegiata positif yang mampu membantu kamu mengatasi homesick. Mengatasi homesick dengan cara meningkatkan kualitas diri menjadi salah satu langkah posisitf yang bisa kamu coba!

3. Mengatasi Homesick; Tetap Berhubungan

mengatasi homesick

Rasa rindu tak bisa terbendungi meskipun sudah menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas? Tak perlu kamu lawan lagi! Ayo segera hubungi orang-orang terkasih di rumah sesederhana dengan melakukan telepon atau videocall. Jarak kini tidak menjadi hambatan bagi kamu yang merantau karena teknologi dapat menghubungkan kau dan keluarga juga sahabat di rumah.

Saat waktu libur tiba kamu bisa membuat agenda liburan bersama keluarga di daerah tempat kamu merantau sehingga keluarga kamu lebih mengenal rrumah kedua kamu sekarang. Tetaplah terhubung dengan keluarga sehingga akan menjadi semakin mudah untuk kamu mengatasi homesick.

4 Bawa Barang-Barang Khas Rumah

homesick

Untuk mengatasi homesick kamu bisa siasati dengan membawa beberapa barang yang bisa mengingatkan kamu terhadap rumah dan hal-hal yang menyenangkan. Contoh barang yang bisa kamu bawa adalah seperti bantal atau boneka dan juga beberapa foto.

Kamu juga bisa membawa beberapa makanan khas daerah kamu yang bisa kamu nikmati saat berada di perantauan. Meskipun tidak bisa mengatasi homesick secara total namun setidaknya rasa rindu kamu bisa sedikit berkurang.

5. Mengatasi Homesick; Jadikan Pengalaman Berharga

Saat kamu merasa rasa rindu akan rumah menjadi sebuah beban ambillah waktu sejenak untuk kembali merenungkan hal ini. Keputusan kamu merantau tentu menjadi salah satu plihan yang baik untuk kamu. Merantau menjadi sebuah pengalaman berharga untuk kamu tumbuh menjadi pribadi yag mandiri, kuat, dan lebih peduli.

Hindari untuk memandang keputusan kamu merantau ini menjadi sebuah kesalahan hanya karena rasa ridu akan rumah yag meluap. Coba untuk mengatasi homesick kamu secara perlahan dan berpikirlah positif. Jadikan setiap hari-harimu di daerah perantauan menjadi pengalaman berharga yang bisa kamu bagikan dengan keluarga saat kamu pulang nanti.

6. Dekor Kamar Tidur Senyaman Mungkin

hotel di bandung harga 100 ribuan

Kamar tidur menjadi ruang penting yang diandalakan banyak anak rantau bukan hanya untuk sekedar beristirahat tapi juga aktivitas lainnya. Anak rantau akan memanfaatkan kamar tidurnya untuk tidur, belajar, bekerja, melakukan ibadah, bahkan ada juga yang memasak. Oleh karena itu kenyamanan kamar tidur menjadi sebuah hal yang penting agar kamu mersa nyaman berada di tempat perantauan.

Kamu bisa dekor kamar kamu sedemikian rupa sehingga terlihat lebih nyaman dan berbeda atau kamu bisa dekor sesuai dengan kamar kamu di rumah. uat kamar kamu senyaman mungkin sehingga beraktivitas di dalam kamar menjadi lebih mengasyikan dan mampu membantu kamu mengatasi homesick karena kamarmu terasa senyaman rumah.

7. Temukan Hal Positif tentang Tempat Tersebut

Cobalah duduk merenung dan pikirkan apa saja hal-hal positif yang kamu alami di tempat baru. Mungkin udara dan lingkungan di tempat yang sekarang jauh lebih bersih dan indah dibanding kampung halaman kamu atau mungkin tempat sekarang tidak pernah mengalami kemacetan di jalan raya.

Menyadari hal-hal positif akan tempat baru ini akan membantu kamu mengatasi homesick dengan merubah presepsi bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru dan asing itu buruk.

8. Mengatasi Homesick; Curhat ke Sesama Anak Rantau

homesick

Saat rasa rindu akan rumah dan keluarga kian meluap jangan paksakan diri kamu dan segeralah mencari bantuan. Kamu bisa bercerita pada teman yang bsia kamu andalkan di tempat perantauan. Berceritalah dengan nyaman dan tidak salah jika kamu sampai harus menangis. Buatlah diri kamu menjadi lega dan menceritakan perasaan yang kini menganggu kamu. Merindu itu wajar adanya.

Proses adaptasi memang membutuhkan waktu. Setiap orang pun memiliki kecepatan roses beadaptasi yang berbeda-beda. Kamu juga bisa bercerita dengan teman sesama perantauan. Kamu dan teman rantau kamu bisa saling berbagai kisah dan juga cara mengatasi homesick yang bisa dilakukan.

9. Mengatasi Homesick; Konsultasi ke Dokter

Setiap orang memiliki proses adaptasi yang berbeda. Jika dirasa kamu melalui waktu-waktu yang cukup berat untuk tinggal jauh dari rumah setelah mencoba beragam macam cara maka segeralah mencari tenaga ahli. Tidak perlu malu dan ragu untuk melakukan hal ini karena penting untuk menjaga kesehatan sebagai anak rantau.

Saat kamu bersedih karena homesick tentu kamu menjadi kurang produktif dan tubuh kamu rentan terkena penyakit. Proses konseling juga akan sangat berguna untuk mendeteksi dan mengatasi gejala-gejala depresi yang mungkin muncul sebelum terlambat.

10. Mencari Kegiatan Seru yang Tak Terlupakan

Jika kamu pergi merantai untuk bekerja Bob pun merantau dari kota satu ke kota lainnya untuk memberikan kebahagiaan melalui hotel kapsul unik yang bisa banget kamu tiggali! Ajak teman sesama rantauan kamu untuk berlibur sambil saling bercerita mengenai cara mengatasi homesick di Bobobox.

Bisa jadi cara mengatasi homesick ala teman kamu bisa juga kamu coba. Unduh aplikasi Bobobox sekarang dan bersiaplah untuk memulai petualangan seru menginap di sini dengan penawaran promo yang tak kalah menarik!

backpacker di bandung bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.