Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Dia Alasan Mengapresiasi Anak Itu Penting

Sudahkan kamu mengapresiasi anak hari ini?

Mengapresiasi anak merupakan hal penting yang sangat membantu tumbuh dan kembang anak. Banyak orangtua atau lingkungan disekitar anak tidak terbiasa melakukan apresiasi karena menganggapnya hal yang sepele. Faktanya mengapresiasi anak memberikan dampak positif yang sangat penting dan memberikan manfaat tak hanya pada anak tapi juga orang tua, guru, teman, dan orang-orang disekitarnya.

Pemberian apresiasi pada anak dapat membentuk pribadi anak yang kreatif, mandiri, peka, dan peduli, Dengan adanya apresiasi, anak akan merasa diperhatikan, disayangi, dan dihargai. Saat anak terbiasa tidak mendapatkan apresiasi maka anak akan mudah merasa tertekan karena ia tidak bisa menyampaikan keinginannya. Lalu kira-kira apa sajakah manfaat dari mengapresiasi anak tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Alasan Mengapresiasi Anak: Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas

Manfaat memberikan apresiasi pada anak yang pertama adalah mampu meningkatkan keterampilan da kreativitas. Saat anak terbiasa diberikan apresiasi hal ini membuat ia ingin lebih berusaha lebih baik lagi. Hal ini kemudian membuat anak mencoba berkreasi dan menjadi semangat untuk meningkatkan kreativitasnya dalam menciptakan karya lainnya

Hasil karya yang dibuat anak mungkin terlihat masih berantakan, abstrak, dan susah untuk dipahami. meskipun demikian berikanlah apresiasi atas usaha yang telah ia curahkan untuk menciptakan karya tersebut. Apresiasi yang ia terima tersebut kemudian akan membantu membangun keterampilan anak agar bisa lebih terampil lagi dalam menghasilkan sebuah karya yang baik.

2. Alasan Mengapresiasi Anak: Membahagiakan Anak agar Terhindar dari Stres

Mengapresiasi Anak

Tak hanya orang dewasa yang lekat dengan rasa stres. Anak pun sangat rentan untuk mengalami stres dan frustasi karena karena ia merasa tidak memiliki kemampuan yang cukup. Dengan memberikan anak apresiasi hal ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan merasa usahanya dihargai.

Rasa nyaman ini kemudian membuat mereka senang dan emosi positif yang terbentuk pada diri anak ini nantinya akan membuat anak menjadi terhindar dari depresi.

Baca Juga: Ingin Mengajarkan Anak Bersosialisasi? Simak Tips-Tips Mendidik Anak Agar Dia Menjadi Pribadi yang Friendly dan Supel

3. Alasan Mengapresiasi Anak: Sebagai Motivasi Belajar Anak

Manfaat selanjutnya dari apresiasi adalah mampu membangkitkan motivasi belajar anak karena rasa percaya dirinya yang naik dari apresiasi yang kita berikan. Hal ini membuat ia jadi semangat untuk giat dalam belajar banyak hal baru.

4. Alasan Mengapresiasi Anak: Meningkatkan Kemandirian Anak

Anak yang terbiasa mendapatkan apresiasi dari orang disekelilingnya akan memiliki rasa percaya diri yang baik. Rasa percaya diri ini kemudian membuat ia mampu membangkitkan rasa kemandiriannya. Sang anak akan merasa mampu melakukan berbagai kegiatannya sendiri tanpa ingin merepotkan orang lain.

Saat ia melakukan kesalahan hindari untuk memarahinya agar anak tetap memiliki rasa percaya diri yang baik. Kamu bisa apresiasi usahanya dan semangati anak untuk mencoba kembali di lain waktu.

5. Alasan Mengapresiasi Anak: Membangun Kepedulian dan Kepekaan

kebiasaan bikin bahagia saling berbagi

Anak yang mendapatkan apresiasi dari orang tua dan orang-orang disekitarnya memiliki kecenderungan lebih peka terhadap sekelilingnya juga lebih peduli. Energi positif yang ia terima dari apresiasi lingkungan sekitarnya membuat ia jadi meniru untuk membagikan energi positif tersebut pada orang lain disekitarnya. Ini membuat anak cenderung tidak egois, menjadi pribadi yang lebih peduli, dan memiliki empati terhadap orang lain.

6. Alasan Mengapresiasi Anak: Menghindarkan Anak dari Perbuatan Curang

Tak hanya pedli dan lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya, kebiasaan memberikan apresiasi pada anak juga membuat anak menjadi terhindar dari melakukan perbuatan curang. Ini terjad karena ia memiliki rasa percaya diri yang ia dapatkan dari berbagai apresiasi yang ia terima. Fakta ini kemudian membuat ia tidak ingin berbuat curang hanya demi memperoleh hasil yang baik.

7. Alasan Mengapresiasi Anak: Mempererat Ikatan Orang Tua dan Anak

Tak hanya memberikan mafaat bagi tumbuh dan kembang sang anak, memberi apresiasi juga memberikan dampak positif bagi orangtua ataupun orang disekitarnya yang memuji sang anak. Saat kamu sudah terbiasa memberikan apresiasi maka hal ini tanpa sadar telah membantu mepererat ikatan antara orang tua dan anak. Oleh karena itu cobalah untuk memulai kebiasaan saling mengucapkan terima kasih dan menghargai agar tercipta hubungan yang harmonis dan akrab.

Kebiasaan memberikan apresiasi ini juga akan membuat sang anak menjadi lebih mudah terbuka dan tidak segan untuk berbagai apapun. Dengan begitu orang tua maupun orang disekitarnya adakan menjadi lebih mudah mengetahui jika anak memiliki masalah, seperti di sekolah atau di lingkungan sekitar rumah.

Seperti yang kamu ketahui, penghargaan atau apresiasi merupakan salah satu dari banyak ungkapan emosi positif. Tak heran jika kebiasaan memberikan apresiasi ini berfokus mempercepat proses menjalin hubungan dan meningkatkan kesan keseluruhan terhadap anak.

Tips Mengapresiasi Anak: Apresiasi Tanpa Berlebihan

Mengapresiasi Anak

Meskipun apreasiasi itu penting dan memberikan banyak manfaat bagi anak dan juga bagi orangtua maupun orang disekitarnya yang memberikan apresiasi ada hal yang perlu diperhatikan. Pemberian apreasisi yang berlebihan dapat memberikan dampak sebaliknya. Kamu tak perlu ragu untuk mengapresiasi anak atas apapun usaha yang telah ia lakukan namun berikan juga batasan agar tidak diberikan terlalu berlebihan.

Bagi kamu yang ingin memberikan penghargaan berupa hadiah, kamu bsia memberikannya pada saat tertentu saja seperti saat anak berhasil memenangkan sebuah lomba. Bagaimana, apakah memberikan apresiasi merupakan hal yang sudah biasa kamu lakukan? Jika kamu belum terbiasa kamu bisa mulai untuk selalu berikan apresiasi kepada buah hati, ya.

Baca Juga: Anak Buahmu Mulai Kurang Semangat Kerja? Simak Tips Berikut Ini Untuk Menyemangatinya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox kebayoran baru

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like