Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Alasan Mengapa Kesehatan Mental Penting Saat Pandemi dan Harus Menjadi Prioritasmu!

Betapa pentingnya menjaga kesehatan mental!

Bobobox.co.id — Setiap tahunnya, 7 April menjadi hari di mana Hari Kesehatan Dunia dirayakan. Secara umum, Hari Kesehatan Dunia ini digalakan untuk meningkatkan awareness kesehatan secara global.

Salah satu yang kini tengah marak diperbincangkan adalah masalah kesehatan mental. Apalagi di masa pandemi ini, kesehatan mental adalah hal yang benar-benar diuji dengan perubahan yang terjadi dalam satu tahun terakhir.

Mulai dari terisolasi dalam rumah selama berhari-hari, tak bisa bercengkrama bersama teman, dan lainnya mampu mentrigger permasalahan pada kesehatan mental. Oleh karenanya, mengapa kesehatan mental penting saat pandemi.

Khususnya bagi generasi milenial yang kasus mengenai mental illness cukup banyak belakang ini. Kesehatan mental adalah elemen yang sangat krusial dalam menyikapi perubahan yang terjadi selama pandemi berlangsung.

Oleh karenanya, Bob akan mengulas secara singkat mengenai alasan mengapa kesehatan mental penting saat pandemi. Satu hal pasti adalah kamu tidak sendiri dalam menghadapi pandemi virus corona ini. Fighting!

Menurunkan Risiko Gangguan Kecemasan

Alasan mengapa kesehatan mental penting saat pandemi adalah menurunkan risiko gangguan kecemasan. Isu kesehatan mental yang satu ini adalah dampak dari menurunnya kesehatan mental seseorang.

Kamu tentu tidak mau hidup dalam bayang-bayang kecemasan yang setiap hari menghantuimu. Gangguan kecemasan ini tak hanya berpengaruh buruk pada kesehatan mental tetapi juga kesehatan fisik.

Oleh karenanya, dengan kestabilan kesehatan mental membuat gangguan dapat dihindari. Poin pun dapat memberikan gambaran mengapa kesehatan mental penting bagi kehidupan khususnya di masa pandemi seperti sekarang.

@dre0316 via unsplash.com

Menjaga Suasana Hati Tetap Bahagia

Alasan mengapa kesehatan mental penting saat pandemi adalah menjaga suasana hati agar tetap bahagia. Meskipun tak selamanya bahagia, kesehatan mental mampu memberikan stabilitas untuk suasana hati.

Hal ini sangatlah penting bagi remaja. Pasalnya, remaja lebih mudah untuk terombang-ambing suasana hatinya. Untuk itu, kesehatan mental remaja yang baik akan memberikan suasana hati yang relatif stabil.

Dengan terjaganya kepentingan kesehatan mental, risiko gangguan mental yang dapat menyebabkan suasana hati tak menentu akan berkurang. Isu kesehatan mental inilah yang perlu dijaga dengan baik.

Beberapa gangguan yang tadi sempat disinggung antara lain bipolar, distimia, gangguan depresi mayor, dan gangguan kepribadian. Untuk itu, inilah contoh lain mengapa kesehatan mental penting bagi kehidupan.

@olly via pexels.com

Mencegahnya Datangnya Penyakit

Mens sana in corpore sano. Begitulah sebuah pepatah yang memiliki arti ‘dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Frasa tersebut rasanya cocok untuk menunjukkan mengapa kesehatan mental penting saat pandemi.

Teori kesehatan mental ini sendiri memang didukung dengan fakta dan juga riset-riset yang telah dilakukan oleh para peneliti. Kesehatan mental yang terjaga bisa mencegah datangnya berbagai penyakit.

Para ahli mempercayai bahwa gangguan mental dapat meningkatkan risiko kematian. Hal ini disebabkan orang yang menderita gangguan mental akan sulit menghentikan kebiasaan yang tak sehat.

Kebiasaan tak sehat dengan gangguan mental ini yang menjadikan meningkatnya risiko penyakit datang ke tubuh orang tersebut. Kanker dan penyakit jantung adalah beberapa penyakit yang meningkat risikonya.

@olly via pexels.com

Masalah Kesehatan Mental Memicu Banyak Hal Negatif

Alasan lain mengapa kesehatan mental penting saat pandemi adalah masalah kesehatan mampu memicu terjadi tindakan negatif. Masalah ini biasanya muncul jika kesehatan mental remaja terganggu.

Tindakan negatif yang dilakukan oleh remaja ini menjadi contoh kesehatan mental yang terganggu. Secara kasus, remaja hingga dewasa awal berusia 20an relatif sensitif untuk terkena gangguan mental ini.

Hal ini tak hanya menjadi problematika Indonesia saja. Permasalahan ini pun sudah menyangkut berbagai negara di dunia. Isu kesehatan mental ini disebabkan oleh remaja yang memiliki segudang pikiran.

Mulai dari masalah sekolah atau kuliah, kurang tidur, bermain, hingga masalah percintaan. Untuk melupakan masalah tersebut, tindakan yang dilakukan justru tidak baik seperti mengonsumsi minuman beralkohol.

mengapa kesehatan mental penting saat pandemi
@brett-sayles via pexels.com

Mampu Beraktivitas secara Optimal

Menjalani kehidupan dengan baik sudah barang tentu bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Untuk mampu hidup dengan baik seperti beraktivitas secara optimal, kesehatan mental adalah hal yang perlu dijaga.

Hal ini pulalah yang menjadikan alasan mengapa kesehatan penting saat pandemi. Masa pandemi ini membuat aktivitas yang dilakukan seringkali tak optimal karena banyaknya perubahan yang terjadi.

Masalah-masalah ini yang bisa saja membuat kesehatan mental terganggu. Untuk itu, ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan mental untuk mampu beraktivitas dengan baik di masa pandemi corona ini.

@oleg-magni via pexels.com

Menjaga Kestabilan Diri

Terjaganya kestabilan diri adalah alasan lain mengapa kesehatan mental penting saat pandemi. Alasan yang satu ini berkaitan erat dengan kesehatan mental remaja yang cenderung berubah-ubah.

Kestabilan diri amatlah penting khususnya dalam menghadapi pandemi. Setiap bulannya, berita mengenai hal-hal buruk mengenai virus corona seperti mutasi virus baru yang tahan vaksin muncul di media.

Kesehatan mental yang baik mampu menjaga diri agar tetap stabil dan optimis dalam melihat berita yang beredar. Isu kesehatan mental seperti ganggu kesehatan mental mungkin saja tidak akan menimpamu.

@elidefaria via unsplash.com

Tak Hanya Berpengaruh pada Diri Sendiri

Alasan mengapa kesehatan mental penting saat pandemi yang terakhir adalah persoalan tentang masalah kesehatan mental tak hanya mempengaruhi dirimu sendiri. Ada banyak hal yang terpengaruh juga.

Saat seseorang memiliki masalah kesehatan mental, kondisi batin mereka tak sepenuhnya dalam kondisi tenang. Orang lain yang ada di sekitarnya bisa saja terganggu akibat keadaan yang sedang dialami oleh orang tersebut.

Misalkan saja, niatan awal dari orang di sekitarnya adalah ingin membantunya dalam menghadapi masalah kesehatan mental yang ia tengah hadapi. Namun, karena situasi batin yang tidak stabil, orang tersebut malah bisa saja membuat orang yang membantunya merasa tidak nyaman.

@raghunayyar via unsplash.com

Pesan dari Bob

Walaupun masih terkesan tabu, saat kamu mengalami masalah kesehatan mental, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pakar. Sekarang ini, kamu bisa dengan menemukan pakar kesehatan mental dari berbagai sumber di internet.

Mulailah dari sekarang untuk melakukan hal yang membuatmu bahagia. Tak usah melihat kebahagian orang lain dan mengaplikasikannya pada kebahagianmu. Carilah kebahagianmu sendiri.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang baik demi kesehatan mentalmu. Bersama orang-orang baik, tak hanya baik untuk kesehatan mental, kamu pun bisa berbagi keceriaan yang kamu butuhkan.

Ingin Staycation? Ya di Bobobox

Salah satu cara yang bisa lakukan untuk melepaskan beban yang sedang kamu pikirkan adalah dengan melakukan staycation. Salah satu tempat menginap yang cocok untuk staycationmu adalah Bobobox.

Hotel satu ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang kece abis sehingga mampu memberikan kualitas menginap dan staycation yang mumpuni.

Tertarik mencoba? Unduh dulu aplikasi Bobobox di sini untuk memesan tiap podnya.

Selamat menginap di Bobobox ya!

You might also like