Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengapa iPhone XR Masih Layak Dibeli 2021: Lebih Terjangkau dengan Fitur yang Sebanding!

Mau ganti smart phone tahun ini? iPhone XR masih layak dibeli 2021 lho

iPhone adalah smart phone yang cukup banyak diminati. Setiap tahun ada tipe yang terbaru dan di antaranya selalu ada yang jadi versi “murahnya”. Salah satunya adalah iPhone XR yang keluar pada tahun 2018. Nah, setelah tiga tahun apakah iPhone XR masih layak dibeli 2021. Yuk kita simak sama-sama alasannya!

Harga yang sudah terjangkau

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by George Beridze on Unsplash

iPhone terkenal dengan harganya yang cukup mahal. iPhone terbaru yaitu iPhone 12 saja dibanderol dengan harga sekitar 17 juta rupiah. Harga yang cukup fantastis bukan?

Pada waktu peluncurannya, iPhone XR dibanderol dengan harga sekitar 10 juta rupiah. Sekarang, setelah menginjak tahun 2021, iPhone XR mengalami penurunan harga menjadi sekitar 8 juta rupiah untuk yang baru dan 6 juta rupiah untuk yang bekas.

Dengan harga tersebut apakah iPhone XR masih layak dibeli 2021? Jika dibandingkan dengan smart phone lain dengan harga yang sama, iPhone XR masih layak kamu pertimbangkan. Namun, jangan hanya melihat dari harganya saja. Cek poin selanjutnya kenapa iPhone XR masih layak dibeli 2021.

iPhone XR masih layak dibeli 2021: iOS yang masih up to date

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by Sara Kurfeß on Unsplash

Kebaruan sistem operasi adalah hal yang menjadi pertimbangan saat membeli sebuah smart phone. Jika kamu mau beralih dari iPhone lama atau Android, untungnya iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena mendukung sistem operasi terbaru yaitu iOS 14,5.

Kamu masih bisa mendapatkan sistem operasi terbaru dari Apple untuk iPhone XR setidaknya hingga tahun 2022. Hal ini sesuai ketentuan Apple yang membatasi pembaruan iOS untuk produk mereka hingga empat tahun saja.

Berikut adalah beberapa fitur yang ada di iOS 14,5:

  • Dukungan AirTags
  • Apple Maps Crowdsourcing
  • ETA untuk petunjuk arah jalan kaki / bersepeda
  • AirPlay 2 untuk Fitness +
  • Karakter emoji baru
  • Suara siri baru
  • Mengatur layanan streaming musik pilihan

Daya tahan baterai yang cukup baik

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Baterai adalah masalah yang kerap dihadapi banyak pengguna iPhone. Akan tetapi, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena baterainya yang oke. Meskipun kapasitas baterainya hanya 2942 mAh, iPhone XR memiliki daya tahan yang paling hemat dibandingkan dengan iPhone X series lainnya.

Setelah iPhone 12 Pro Max, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena paling hemat daya. Hal ini dikarenakan resolusi layarnya yang kecil sehingga penggunaan baterai pun bisa dikurangi.

iPhone XR masih layak dibeli 2021 jika kamu masih menggunakannya secara wajar seperti untuk sosial media dan keperluan sehari-hari. Jika kamu membeli unit baru dengan kondisi baterai masih 100%, setidaknya kamu bisa menggunakannya hingga 2 hari dengan pengisian daya selama satu kali saja.

iPhone XR dilengkapi dengan kabel lightning dan adapter berkapasitas 5W. Memang terasa sangat lama saat pengisian daya. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan kabel lightning to USB-C dengan fast charging 15W.

Desain yang masih modern

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by Vựa Táo on Unsplash

Meskipun ditujukan sebagai iPhone seri X yang paling terjangkau, desain iPhone XR masih memiliki ciri khas seperti iPhone seri X lain. Dari pemilihan warna hingga letak kamera, iPhone XR masih layak dibeli 2021.

Di sisi lain, build quality-nya juga terasa seperti samrt phone flagship. Kaca depan dan belakang dilapisi Gorilla Glass dan frame-nya dibuat dari aluminium seri 7000. Hal ini membuat iPhone XR masih layak dibeli 2021.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan iPhone lain, dimensi iPhone XR terasa cukup besar. Kalau kamu terbiasa dengan iPhone yang lebih kecil kamu mungkin harus sedikit beradptasi dengan iPhone XR.

Selain itu, iPhone XR juga dilengkapi dengan rating IP67 sehingga tahan debu dan air hingga kedalaman 1 meter. Kamera depannya juga dilengkapi sensor Face ID untuk membuka kunci.

Untuk masalah layar, iPhone XR menggunakan layar berukuran 6,1 inci dengan panel IPS dan resolusi mendekati HD+. Di atas kertas memang spesifikasi ini terlihat kurang. Akan tetapi, kamu akan tahu bahwa iPhone XR masih layak dibeli 2021 setelah mencobanya secara langsung.

Secara keseluruhan, iPhone XR masih layak dibeli 2021. Untuk bahan “pamer” pun iPhone ini masih mumpuni karena memang desainnya mirip dengan iPhone 11. Bahkan, case iPhone 11 pun benar-benar muat jika dipasang di iPhone XR.

iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena kamera yang mumpuni

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by Fredrik Solli Wandem on Unsplash

Salah satu keunggulan iPhone ada pada kameranya. Banyak orang menggunakan iPhone untuk keperluan multimedia dan iPhone XR masih layak dibeli 2021 untuk alasan ini.

Untuk kamera utama, iPhone XR memiliki kamera tunggal dengan resolusi 12 MP, bukaan 1.8 f dan lensa 26 mm sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 7 MP. Tidak ada sensor sekunder.

Yang membuat iPhone XR masih layak dibeli 2021 dari segi kamera adalah fitur smart HDR-nya. Fitur tersebut masih mampu bersaing dengan flagship lainnya karena kemampuannya menyeimbangkan eksposur di berbagai kondisi.

Selain itu, tone warna khas Apple membuat hasil jepretan terlihat lebih netral dan akurat. Baik dalam atau luar ruangan, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena kameranya yang mumpuni. Akan tetapi hasilnya akan kurang maksimal dalam kondisi low light karena belum ada mode malam.

iPhone XR masih layak dibeli 2021 sebagai daily driver

iphone xr masih layak dibeli 2021
Photo by Nubelson Fernandes on Unsplash

RAM 3 GB yang dimiliki iPhone XR tidak menjadikan performa iPhone ini lemah. Justru, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena mampu berjalan dengan cukup kencang dengan chipset keluaran baru yaitu Bionic A12.

Saat membuka dan menutup aplikasi, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena performanya yang lumayan cepat dan responsif. Perpindahan aplikasi juga cepat dan sedikit sekali mengalami reload. Hal tersebut mungkin akan kamu rasakan setelah kamu hijrah dari iPhone tipe sebelumnya seperti iPhone 6 atau 7.

Untuk kapasitas memori, iPhone XR masih layak dibeli 2021 karena memiliki pilihan kapasitas 64/128/256 GB. Meskipun begitu, kamu harus tetap melakukan back-up foto secara rutin untuk menghindari memori yang terlalu penuh.

Mau staycation yang anti-mainstream? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like