Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mencerahkan Kulit dengan Bahan Alami? Coba 7 Bahan Alami Berikut Ini!

Untuk mencerahkan bukan memutihkan kulit!

Bobobox.co.id — Kulit kusam menjadi salah satu masalah yang cukup menggangu bagi sebagian orang. Hal tersebut sendiri tak lepas dari banyak faktor yang mempengaruhi kenapa kulitmu bisa terlihat kusam.

Mulai dari paparan sinar matahari, tidak maksimal saat membersihkan tubuh, hingga gaya hidup kurang sehat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan alami dalam proses pencerahan kulit kusam.

Mencerahkan kulit dengan bahan alami ini tentunya tak bisa didapatkan secara instan. Kamu wajib menggunakan bahan-bahan alami ini secara rutin agar mendapatkan hasil optimal yang tentunya kamu idam-idamkan.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak 7 cara untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami berikut ini. Hal yang perlu diingat adalah bahan alami ini untuk mencerahkan kulit bukan untuk memutihkan kulit ya!

Bengkuang

Bahan alami pertama yang wajib kamu coba adalah bengkuang. Bengkuang sudah terkenal akan manfaatnya dalam mencerahkan kulit. Kandungan yang terdapat pada bengkuang yang menjadikanya begitu bermanfaat.

Kandungan vitamin B dan C inilah yang membuat bengkuang berperan penting dalam cara mencerahkan kulit dengan bahan alami. Tak heran juga jika bengkuang kerap kali dijadikan sebagai bahan dasar masker.

Cara memanfaatkan bengkuang untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami pun cukup mudah. Kamu tinggal memarut atau memblender bengkuang yang akan digunakan untuk masker kulit ini hingga halus.

Peras hasil parutan tersebut ke dalam sebuah wadah dan diamkan. Setelah itu, buang sebagian air di atas endapan dan gunakan saripati bengkuang tersebut sebagai masker kulit atau dijiadkan sebagai scrub.

mencerahkan kulit dengan bahan alami bengkuang
Getty Images via womansworld.com

Beras

Selain menjadi makanan pokok, beras kerap kali digunakan saat smartphonemu terendam air. Nah, beras pun nyatanya memiliki manfaat untuk kesehatan atau lebih tepatnya untuk mencerahkan kulit yang kusam.

Kandungan B1 dalam beras menjadikan bahan alami sebagai alternatif pilihan yang cukup mudah untuk ditemukan. Cara untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami yang satu ini pun relatif praktis.

Tumbuk beras hingga menjadi seperti tepung. Kemudian, tambahkan sedikit air hangat hingga berbentuk seperti pasta. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang kusam. Diamkan selama 1 jam lalu bersihkan dengan air hangat.

Selain itu, air cucian beras bisa digunakan untuk mencerahkan kulit. Caranya tinggal diamkan hingga mengendap. Setelah mengendap, endapan air cucian beras tersebut bisa digunakan sebagai bahan lulur alami.

@bamin via unsplash.com

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan untuk berbagai masalah kecantikan. Mulai dari masalah gatal-gatal, rambut rontok, dan mencerahkan kulit yang sekarang sedang Bob bahas.

Kandungan zat aloesin yang terdapat pada lidah buaya mampu menghambat terbentuknya melanin. Melanin inilah yang membuat kulit menjadi gelap. Kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan lidah buaya di rumah.

Cara untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami tak perlu bahan tambahan. Kamu cukup mengambil gel lidah buaya secukupnya. Kemudian, oleskan secara merata ke seluruh tubuh khususnya bagian yang kusam.

Setelah itu, tunggu selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bersihkan bagian yang sudah kamu olesi dengan gel lidah buaya tersebut dengan membilasnya menggunakan air bersih.

@foodism360 via unsplash.com

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk pewarna alami dan penambah cita rasa makanan. Selain itu, kunyit pun kerap kali digunakan sebagai cara untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami.

Zat antioksidan pada kunyit mampu mengurangi produksi melanin pada kulit. Tak hanya itu, zat lainnya pada kunyit yakni zat kurkumin dipercaya mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Pengaplikasian untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami ini pun cukup mudah. Siapkan kunyit untuk diparut. Kemudian, balurkan pada kulit yang dirasa kering atau kusam. Diamkan selama 30 menit.

Selain itu, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dan sedikit susu. Kemudian, bentuk dan oleskan ke bagian yang kusam. Diamkan selama 15 menit agar nutrisi yang terkandung dapat menyerap ke kulit.

via medicalnewstoday.com

Pepaya

Cara untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan pepaya. Pepaya sendiri sebenarnya seringkali identik sebagai buah-buahan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, pepaya pun bisa bermanfaat untuk membuat kulit nampak lebih cerah. Kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada pepaya menjadi jawaban dalam mencerahkan kulit dengan buah satu ini.

Untuk penggunaannya, ada baiknya untuk mencampurkannya dengan jeruk nipis. Hal tersebut demi mengangkat sel-sel mati yang menjadi salah satu penyebab mengapa kulitmu nampak kusam.

Haluskan buah pepaya hingga menjadi pasta. Kemudian, tambahkan campuran air perasan jeruk nipis. Lalu, oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang kusam secara merat. Diamkan 20 menit hingga meresap.

@alleksana via pexels.com

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain untuk membantu melembabkan tangan kering, minyak zaitun bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami mencerahkan kulit.

Kandungan zat linoleic acid yang terdapat pada minyak zaitun ini yang membantumu dalam mengatasi masalah kulit kusam. Zat tersebut mampu menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit.

Proses penggunaannya untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami pun relatif mudah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan dua sendok makan madu.

Campuran kedua bahan alami tersebut yang nantinya digunakan sebagai lulur alami. Gunakan lulur tersebut setiap hari baik sebelum atau setelah mandi untuk mendapatkan hasil yang optimal dan terlihat jelas.

@mareefe via pexels.com

Susu

Cara terakhir untuk mencerahkan kulit dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan susu. Susu dikenal memiliki khasiat di mana mampu meningkatkan kecerahan kulit yang awalnya tampak kusam.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, susu murni yang masih mentah menjadi pilihan yang wajib diikuti. Kandungan asam laktat pada susu mentah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, kamu cukup menggunakan kapas. Kapas tersebut dicelupkan ke susu mentah tersebut. Lalu, oleskan pada area kulit yang kurang cerah. Tekan sedikit demi sedikit untuk melihat kotoran yang terangkat.

Setelah itu, diamkan dahulu kapas tersebut menempel selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut agar kandungan susu bisa masuk ke pori-pori kulit. Setelah selesai, bersihkan dengan dibilas menggunakan air bersih.

@pixabay via pexels.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Sedang bosan di rumah dan ingin mencari tempat untuk work from home yang nyaman dengan harga terjangkau? Jika iya, Bobobox adalah tempat yang kamu cari selama ini.

Selama di Bobobox, kamu akan dimanjakan fasilitas-fasilitas penunjang yang siap membantu dalam bekerja. Tidak hanya soal bekerja saja, pengalaman menginap yang akan didapat pun pastinya tetap terjamin.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like