Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Menghadapi Pengurangan Lowongan Kerja di Tengah Pandemi

Berikut tips mencari lowongan kerja di masa pandemi!

Lowongan kerja menjadi cenderung sepi saat pandemi mulai terjadi di Indonesia. Dunia bisnis dan perkenomian di tanah air cukup terguncang karena imbas dari merebaknya penularan infeksi virus corona di Indonesia dan juga belahan dunia lainnya. Hal ini mengakibatkan banyaknya perusahaan yang merumahkan karyawannya sementara selama masa pandemi karena bisnis yang melesu. Sebagian perusahaan lainnya bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karayawannya.

Beberapa perusahaan yang tak mampu bertahan menghadapi guncangan ekonomi dan melemahnya bisnis di tengah pandemi akhrnya merugi hingga memutuskan untuk gulung tikar. Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi para pencari pekerjaan karena sulitnya untuk mendapatkan lowongan kerja. Lowongan kerja di Indonesia dipantau mengalami penurunan secara drastis pada tahun ini.

Banyak juga lulusan baru atau fresh graduate maupun mahasiswa tingkat akhir yang kesulitan mendapatkan lowongan kerja. Bob yakin banyak teman-teman lulusan baru maupun mahasiswa tingkat akhir yang sejak lama telah menanti kesempatan bekerja dan mencari lowongan kerja. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk mengahadapi situasi seperti ini? Bob sudah merangkum beberapa tips menghadapi pengurangan lowongan kerja selama masa pandemi seperti berikut ini.

Mencari Lowongan Kerja Sambil Kembangkan Diri

Jangan putus asa saat mencari lowongan kerja. Sambil menunggu lowongan kerja yang cocok untuk kamu, kamu bisa manfaatkan waktu mengembangkan diri kamu secara maksimal. Tambah wawasan kamu dengan mempelajari banyak hal baru atau hal yang sudah lama tidak kamu lakukan. Kamu juga bisa mencoba meningkatkan keterampilan atau skill kamu untuk menambah memperbesar peluang bekerja di perusahaan impian kamu.

Saat keterampilan kamu meningkat maka kamu tidak akan terlalu merasa kesulitan memenuhi kualifikasi lowongan kerja yang kamu inginkan. Semakin baik keterampilan kamu maka semakin banyak pula lowongan kerja yang bisa kamu coba lamar. Kamu juga bisa mengikuti beberapa pelatihan online untuk menambah wawasan juga keterampilan kamu. Siapa tahu dengan mengembangkan diri, perusahaanlah yang menghampiri kamu bukan kamu yang mencari lowongan kerja.

Cari Lowongan Kerja yang Sifatnya Kontrak

Saat kamu akan mulai mencari lowongan kerja di masa pandemi kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang sifatnya kontrak. Mengapa demikian? Dengan mencari lowongan kerja yang tetap atau setidaknya terjamin secara kontrak maka peluang perusahaan untuk memperpanjang masa kerja kamu akan semakin besar. Kemungkinan pemutusan hubungan kerja secara mendadak yang merugikan pihak karyawan pun dapat dihindari.

Hal ini karena semua aturan mengenai proses pemutusan hubungan kerja telah diatur secara prosedur di berkas kontrak yang telah disepakati kedua belah pihak antara karyawan dan perusahaan. Tentu hal ini pun berbanding lurus dengan performa selama bekerja ya jangan sampai performa kerja kamu tidak memuaskan. Jika kamu beruntung dan berhasil berkerja dengan baik perusahaan bahkan bisa saja menawarkan pekerjaan tetap kepada kamu.

Bersabar Saat Mencari Pekerjaan

Saat kamu sudah berusaha mencari lowongan kerja yang kamu inginkan namun tak kunjung menemukannya yang perlu kamu lakukan adalah bersabar. Begitu pula saat lamaran kamu terhadap pekerjaan yang mungkin selama ini kamu incar belum juga memberikan hasil seleksi lamaran kerja. Kamu perlu memahami bahwa beberapa perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, oleh karena itu kemungkinan proses lamaran bisa jadi berjalan sedikit lebih lama.

Begitu pula dengan pembukaan lowongan kerja, perusahaan pun tentu memiliki beberapa standar tertentu saat akan membuka lowongan kerja di masa pandemi ini. Oleh karena itu kamu tidak perlu bimbang dan harus tetap bersabar. Jika lamaran kamu terhadap lowongan kerja yang kamu incar belum juga memberi respon kamu bisa coba hubungi pihak perusahaan. Kamu bisa coba mengirim surat elektronik atau menelepon untuk menanyakan perkembangan proses rekrutmen.

Tak perlu khawatir hal ini akan membuat kamu terlihat tidak profesional, justru sebaliknya hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius. Dengan kamu mencoba menghubungi perusahaan saat tak kunjung mendapatkan informasi lebih lanjut dari pihak perusahaan maka kamu menunjukkan bahwa kamu tertarik terhadap pekerjaan tersebut dengan mengikuti perkembangan proses lamaran.

lowongan kerja

Realistis Saat Mencari Lowongan Kerja

Perekonomian yang sedang lesu dan lemah ketika dihantam pandemi virus corona ini tentu membuat sebagian besar perusahaan tidak mampu untuk memenuhi permintaan gaji yang tinggi. Bahkan beberapa perusahaan membuka peluang kerja dengan menawarkan posisi pekerjaan dengan nominal gaji yang sedikit lebih rendah daripada biasanya. Hal ini bukan berarti kamu tidak berhak untuk melakukan negosiasi gaji.

Hal ini tetap bisa kamu lakukan namun dengan catatan kamu dapat meyakinkan perusahaan bahwa kamu layak mendapatkan gaji yang kamu tawarkan. Kelayakan kamu bekerja dengan gaji yang kamu harapkan dapat kamu buktikan dengan beberapa prestasi yang telah kamu lakukan atau pengalaman menggunakan keterampilan yang dibutuhkan pada posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Jika pada kenyataannya setelah melalui proses negosiasi gaji perusahaan masih tidak mampu memenuhi permintaan gaji kamu maka kamu harus mencoba untuk realistis. Coba turunkan ego kamu sedikit dengan menurunkan permintaan gaji kamu. Di masa pandemi ini mencari lowongan kerja cukup sulit, kamu tidak mau kan menyianyiakan kesempatan ini hanya karena ego kamu yang terlalu tinggi?

Membuka Bisnis Kecil Sesuai Passion

Siapa bilang mustahil? Bukan hal yang mustahil untuk kamu melakukan bisnis kecil-kecilan di masa pandemi ini. Tidak perlu jauh membanyangkan modal bisnis jutaan rupiah. kamu bisa melakukan bisnis dengan modal semampu kamu. Pastikan bisnis yang kamu lakukan adalah hal yang memang kamu kuasai ataupun sukai. Kamu bisa membuka bisnis makanan, minuman, atau camilan jika kamu menyukai kegiatan memasak.

Secara tidak sadar bisnis kecil-kecilan kamu dapat membuka peluang pekerjaan untuk orang lain lho. Saat kamu harus mengirimkan makanan pesanan pelanggan kamu bisa memanfaatkan jasa ojek online dan tanpa sadar kamu telah memberi peluang pekerjaan bagi orang lain. Kamu dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan bisnis kecil kamu. Hal ini tentu menguntungkan mengingat bisnis online tidak memerlukan biaya yang besar.

Dengan begitu resiko gagal bisnis dapat diminimalisir. Mengembangkan bisnis secara online dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis kecil-kecilan kamu menjadi lebih besar. Dengan memasarkannya secara online maka kamu dapat memperluas target pelanggan kamu. Internet memang sebuah gerbang menuju dunia yang tanpa batas. Jangan pesimis ya, kamu harus tetap semangat!

Hal yang tak kalah pentingnya selain bersabar menghadapi berbagai kesulitan di masa pandemi ini adalah dengan senantiasa menjaga kesehatan kamu. Pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan istirahat kamu dan mengatasi stres kamu dengan baik. Jika kamu membutuhkan tempat yang tenang untuk beristirahat kamu bisa coba menginap di Bobobox dengan harga  yang terjangkau. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi promonya yang menarik!

Lorong Pods bobobox bandung