Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bahan-bahan Alami Untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi 8 makanan alami ini

Daya tahan tubuh berperan penting untuk melawan virus yang menyerang, terutama di saat wabah virus corona seperti ini. Nggak perlu susah-susah mencari.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, alam sudah menyediakan semua bahan-bahannya kok. Kamu hanya perlu mengolah dan mengonsumsinya saja. Tidak hanya rempah-rempah. Banyak makanan alami yang berguna untuk daya tahan tubuh kita. Berikut adalah delapan di antaranya.

Kunyit

daya tahan tubuh
Photo by FOODISM360 on Unsplash

Kunyit adalah salah satu bahan makanan yang banyak ditemukan di Indonesia. Ayam bumbu kuning, kari ayam, dan makanan berbumbu kuning lainnya menggunakan kunyit sebagai pewarna alami.

Kalau soal manfaat, kunyit tidak perlu ditanyakan lagi. Ada ribuan jurnal penelitian yang membahas tentang manfaat kunyit. Salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information, kandungan curcumin yang ada pada kunyit bisa meningkatkan respon antibodi.

Jika dikonsumsi dalam dosis yang rendah, kunyit bisa membantu melawan penyakit seperti asma, penyakit jantung, encok, diabetes, bahkan Alzheimer karena kemampuannya untuk memengaruhi daya tahan tubuh.

Jahe

daya tahan tubuh
Photo by Don Shin on Unsplash

Sejak ribuan tahun lalu, jahe sudah dikonsumsi sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Meskipun belum ada penelitian yang banyak seperti sekarang, orang sudah percaya akan khasiatnya dan menyebarkannya dari mulut ke mulut.

Jahe memiliki kandungan antioksidan dan anti radang yang cukup tinggi berkat gingerol yang ada pada jahe. Keduanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh terutama saat terjadi radang. Sistem daya tahan tubuh akan merespon benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan demam.

Namun, jika demam sudah terlalu parah justru daya tahan tubuh akan melemah. Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dan anti-radang seperti jahe bisa mengurangi resiko tersebut dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ubi

daya tahan tubuh
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Ubi adalah salah satu makanan pokok yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kandungan nutrisinya sangat banyak dan menyehatkan.

Tak hanya itu, menurut Yuliantoro Baliadi, Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian (Kementan), ubi khususnya ubi ungu mengandung antosianin zat yang dapat memecah senyawa beracun. Kandungan antosianin ini dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika pada ubi biasa, kandungan vitamin A yang tinggilah yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ubi memiliki betakarotin yang sangat kaya yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan radang di perut dan mengurangi kemampuan sistem daya tahan tubuh.

Brokoli

daya tahan tubuh
Photo by Reinaldo Kevin on Unsplash

Brokoli digambarkan sebagai makanan yang tidak disukai anak-anak, apalagi di film-film Hollywood. Namun, sebenarnya brokoli kaya dengan segudang manfaat. Salah satunya adalah berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Brokoli juga merupakan makanan yang berserat tinggi, mengandung vitamin C, potasium, B6, dan vitamin A yang juga tak kalah tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan phytochemicals dan antioksidan pada brokoli. Zat phytochemicals seperti glucobrassicin, carotenoids, dan kaempferol yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Masih banyak lagi manfaat brokoli bagi tubuh seperti membantu meredakan radang, mampu berkontribusi dalam melawan kanker, dan mencegah diabetes.

Kacang almon

daya tahan tubuh
Photo by chuttersnap on Unsplash

Makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya datang dari kacang-kacangan. Kacang almon menurut sebuah penelitian mengandung senyawa yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada kulitnya.

Penelitian tersebut menemukan bahwa kulit kacang almoon dapat memperbaiki kualitas sel darah putih dalam mendeteksi virus dan di saat yang bersamaan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencegah virus menyebar di dalam tubuh.

Bahkan, setelah beberapa jam dikonsumsi, kacang almon yang telah dicerna masih menunjukkan aktivitas meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus-virus. Kacang almon dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu dan demam bisa

Salah satu komponen yang berperan dalam hal ini adalah polyphenols. Komponen tersebut meningkatkan sensitivitas sel darah putih yang dikenal juga dengan sel T pembantu.

Akan tetapi, ditemukan juga bahwa kulit almon yang sudah dikupas dengan cara dicuci di air mendidih memiliki efek yang lebih sedikit terhadap daya tahan tubuh. Proses tersebut merupakan cara yang biasa dilakukan untuk mengupas kulit kacang almon.

Bayam

daya tahan tubuh
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Sama seperti brokoli, bayam juga memiliki kandungan betakarotin dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tarung sistem umun di dalam tubuh. Selain itu, sudah tidak diragukan lagi bahwa bayam juga kaya akan vitamin C.

Jika kamu mengonsumsi bayam, ada baiknya jika tidak dimasak terlalu matang. Cukup sebentar saja agar nutrisinya tetap terjaga sehingga bisa bermanfaat bagi tubuh.

Jeruk

daya tahan tubuh
Photo by Bruna Branco on Unsplash

Karena tubuhmu tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C secara alami, konsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut sangatlah penting. Jeruk adalah salah satu buah yang paling terkenal dengan vitamin C-nya yang tinggi. Bisa dibilang orang akan otomatis memikirkan jeruk jika sudah berbicara soal vitamin C.

Vitamin yang satu ini dinilai mampu meningkatkan produksi sel darah putih, sel yang berada di garis depan saat melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Ada banyak jenis jeruk yang bisa kamu konsumsi dan hampir semuanya memiliki kadar vitamin C yang tinggi seperti jeruk mandarin, lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan jenis jeruk lainnya.

Menjaga daya tahan tubuh dengan bluberi

Bluberi adalah buah manis yang kaya nutrisi. Buah yang satu ini juga seringkali dilabeli sebagai superfood karena manfaatnya yang sangat banyak, salah satunya adalah antioksidan.

Kaya nutrisi dan rendah kalori, bluberi dinilai sebagai buah yang paling banyak mengandung antioksidan. Kandungan tersebut mampu melindungi kamu dari radikal bebas yang bisa berbahaya bagi sel-sel di dalam tubuh.

Antioksidan yang ada pada bluberi adalah flavonoids. Kandungan ini menurut penelitian memiliki kemampuan melawan kanker, Alzheimer, hingga depresi.

Bobobox, hotel kapsul pilihanmu

Daya tahan tubuh adalah hal yang perlu kamu jaga. Salah satunya adalah dengan bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk Bobobox. Hotel kapsul yang modern dan unik ini cocok untuk kamu yang ingin bersantai dan lepas dari keramaian.

Bobobox juga menggunakan teknologi yang canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.