Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mencari Koper yang Cocok Untuk Kamu Berdasarkan Bahannya

Sudah tahu belum kalau koper punya banyak kelebihan berdasarkan kebutuhan traveling kamu?

Koper merupakan jenis tas yang wajib kamu punya saat traveling. Walaupun ada pula sebagian orang yang lebih senang menggunakan travel bag lainnya, namun bukan berarti kalian tidak butuh jenis tas satu ini. Pasalnya, koper sendiri benar-benar dibutuhkan bagi kamu yang senang traveling jauh dengan berbagai barang bawaan yang rawan jika ditaruh sembarangan.

Koper sendiri memiliki berbagai macam jenisnya berdasarkan material atau bahan yang digunakan. Hal ini jarang diketahui oleh sebagian orang loh! Jadi, wajar saja jika orang-orang tidak jeli dalam memilih jenis tas ini, atau asal punya tanpa memikirkan dari segi kebutuhan koper itu sendiri. Setiap bahan koper memiliki kelebihan dan kekurangan, hal tersebut tentu didesain sedemikian rupa sesuai kebutuhan sang traveler.

Berbagai Jenis Koper

Sebut saja satu dari banyak bahan koper yang digunakan adalah bahan kulit. Bahan kulit tentu membuat umur tas ini jauh lebih awet, namun konsekuensi yang didapat bagi traveler adalah bobotnya yang cukup berat. Bukan tidak mungkin, jenis bahan satu ini membikin bobot bagasi kamu jadi dua kali lipat lebih berat dengan muatan yang tidak begitu banyak. Sedangkan untuk kamu yang senang membawa muatan banyak, tentu akan memilih bahan yang lebih ringan. Sebut saja nylon, yang bisa dibilang bahannya ringan namun tentu ketahanannya tidak sekuat bahan kulit.

Gampang-gampang susah ya ternyata memilih bahan koper yang ideal? Bob saranin nih untuk kamu yang akan membeli koper, sebaiknya perhatikan macam-macam bahan yang bisa kamu pelajari. Sehingga kamu lebih memahami bahan apa yang cocok untuk kamu berdasarkan kebutuhan traveling kamu. Dimulai dari membedakan dua jenis tas ini yang ada di pasaran terlebih dahulu. Koper sendiri di pasaran terbagi menjadi dua, yaitu softcase dan hardcase dan berikut paparan Bob mengenai bahan dari kedua jenis tersebut!

Koper Jenis Softcase

Softcase Luggage – pixabay.com

Jenis koper satu ini memiliki bahan yang lunak, baik dari segi pelindung atau dari sisi lainnya. Biasanya jenis softcase satu ini berbahan dasar ballistic nylon, cordura, dan polyester. Walaupun jenis softcase ini terbilang ringan jika dibawa untuk traveling dan dapat membawa muatan banyak. Sayangnya, untuk kamu yang sering membawa barang yang rawan rusak atau pecah, koper ini tidak dapat melindungi barang yang rawan dengan sempurna.

Ballistic Nylon

Ballistic nylon merupakan jenis nilon sintetis yang memiliki ketebalan yang cukup untuk menjaga koper tahan lama sekaligus mudah dibersihkan. Terlebih nilon satu ini tahan guncangan dan tidak rentan robek. Jadi, wajar saja jika ballistic nylon bisa menjadi bahan yang ideal untuk kamu yang sedang mencari tas softcase yang ringan sekaligus kuat untuk traveling. Hanya saja, karena bahan satu ini sulit diolah, varian warna dari softcase berbahan ballistic nylon terbilang sedikit. Namun, jika pilihan warna tas softcase bukan jadi masalah untuk kamu. Maka kamu tentu cocok dengan bahan satu ini.

Cordura Nylon

Jika ballistic nylon berbahan tebal dan tentunya tidak mudah sobek, cordura nylon sendiri terbilang berbahan ringan karena lebih tipis dari ballistic nylon. Walaupun tipis, cordura nylon tahan abrasi atau kikisan yang membuat bahan jenis softcase cepat menipis dan berlubang. Karena cordura nylon terbilang bahan yang mudah diolah, koper yang berbahan dasar cordura nylon memiliki varian warna. Untuk kamu yang ingin koper ringan dan cantik, bahan cordura nylon bisa menjadi pilihan kamu.

Polyester

Polyester adalah material koper yang bagus berikutnya yang memiliki harga paling murah di antara semua material softcase. Material ini disebut sebagai yang termurah karena dari segi kualitas dan daya tahannya di bawah ballistic nylon ataupun corduro nylon. Namun, untuk pilihan yang lebih ekonomis, material polyester pun kualitasnya masih cukup baik dengan daya tahan dan resistensi kerusakan lumayan.

Ballistic nylon dan cordura nylon mungkin memang bahan terbaik untuk jenis softcase. Namun, jika kamu butuh jenis softcase berkualitas dengan harga murah, polyester menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

Koper Jenis Hardcase

Hardcase Luggage – pixabay.com

Jika koper softcase dapat memenuhi kebutuhan kamu untuk membawa muatan banyak, namun tetap aman. Untuk koper jenis hardcase ini tentu akan berbeda lagi fungsinya. Walaupun ukuran berpengaruh dengan kebutuhan muatan kamu, namun keuntungan lainnya dari jenis hardcase sendiri adalah dari segi ketahanannya. Jika kamu sering membawa barang yang rawan dan perlu perlindungan maksimal dari muatan kamu, mungkin jenis hardcase ini bisa jadi pilihan kamu. Jenis hardcase biasanya memiliki perlindungan yang lebih tinggi dan memungkinkan barang bawaanmu tidak akan penyok saat dibawa.

Polycarbonate

Polycarbonate salah satu bahan jenis hardcase terbaik sekaligus paling favorit bagi para traveler yang senang menggunakan jenis hardcase satu ini. Plastik polimer satu ini memiliki kualitas material terbaik karena bahannya yang cenderung sedikit lebih tebal, memiliki daya tahan maksimal, tahan benturan, dan anti penyok. Untuk kamu yang senang tas warna-warni, banyak pula tas jenis hardcase ini berbahan polycarbonate yang memiliki warna beragam. Hanya saja, hardcase dengan bahan polimer satu ini cenderung lebih mahal dibandingkan koper lainnya, termasuk beberapa jenis hardcase lainnya.

Polypropene

Jika kamu ingin hardcase yang ketahanannya hampir setara polycarbonate namun harganya lebih hemat, kamu bisa pilih polypropene. Dari segi bobot, polypropene ini terhitung plastik polimer paling ringan dari jenis plastik polimer lainnya. Maka tidak heran jika bahan ini menjadi bahan favorit para traveler yang menyukai koper tahan bentur, aman, dan benar-benar kuat, namun tidak seberat menggunakan hardcase polycarbonate.

Acrylonitrile-butadiene-styrene (ABS)

Acrylonitrile-butadiene-styrene atau singkatnya disebut ABS merupakan bahan paling ringan dan paling ringkih di antara kedua bahan lainnya. Namun, bobot dari ABS jauh lebih ringan di antara bahan lainnya. Dari segi harga pun ABS jauh lebih murah dari kedua plastik polimer sebelumnya. Maka tidak heran jika koper hardcase berbahan dasar 100% ABS lebih murah daripada bahan polimer lainnya.

Walau performa bahan ABS tidak sekuat kedua bahan sebelumnya, namun ABS masih bisa disebut bahan hardcase yang kuat serta ringan. Tidak jarang bahan ABS menjadi bahan campuran untuk jenis bahan lain dalam pembuatan koper hardcase. Jika kamu butuh jenis hardcase yang asal melindungi barang-barang ringkih kamu dari tumpukkan bagasi namun tidak merogoh kocek dalam-dalam. Hardcase berbahan ABS tentu menjadi tas hardcase ideal kamu.

Kamu sudah tidak bingung lagi kan untuk memilih koper yang pas sesuai kebutuhan traveling dan budget kamu? Nah, Bob juga punya rekomendasi nih buat kamu yang ingin lancong dengan akomodasi hemat. Kamu bisa coba untuk tidur di hotel kapsul seperti di Bobobox. Bobobox juga kini sudah ada di Bandung dan Jakarta, loh! Untuk lebih lengkapnya, kunjungi website bobobox.co.id dan cari lokasi hotel kapsul terdekat.

You might also like
Comments
Loading...