Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Memelihara ‘Pokemon’ dalam Air: Ini Dia 10 Fakta Tentang Axolotl, Ikan Berkaki Empat

Real life Pokemon yang menggemaskan!

Kamu suka Pokemon? Atau ingin memelihara Toothless dari serial film How to Train Your Dragon? Kalau iya, kamu harus kenal dengan hewan yang satu ini! Tapi sebelum kamu menentukan untuk memeliharanya, kamu perlu mengetahui fakta-fakta Axolotl agar kamu dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, Axolotl peliharaanmu nanti juga tentunya akan lebih sehat dan bahagia, serta mudah-mudahan dapat memiliki umur yang panjang. Yuk kita simak fakta-fakta Axolotl yang harus kamu ketahui!

Asal-usul Axolotl

Hewan dengan nama latin Ambystoma Mexicanum ini merupakan salah satu spesies amphibi yang berasal dari Meksiko. Jadi, Axolotl itu bukan ikan yaa, tetapi hewan amphibi. Axolotl liar dapat dijumpai di kanal-kanal yang terhubung dengan danau Xochimilco, dekat Mexico City, Meksiko yang merupakan habitat aslinya. Sayangnya, karena perubahan iklim, polusi hingga perburuan, jumlah Axolotl di alam liar kini telah sangat berkurang, bahkan mencapai status Critically Endangered. Sebagaimana pada tahun 2010 Axolotl liar benar benar mencapai kondisi yang mendekati kepunahan. Hal tersebut dikarenakan peningkatan jumlah penduduk dan pembangunan daerah perkotaan di Meksiko. Tak hanya itu, hadirnya hewan-hewan air invasif yang bermunculan di habitat Axolotl juga memperburuk kondisi tersebut. Hal tersebut mendorong pemerintah Meksiko untuk membangun Axolotl Shelter di beberapa habitat Axolotl untuk menjaga populasi Axolotl liar.

Axolotl – JAN-PETER KASPER/CORBIS via wired.com

Walaupun kondisi Axolotl di alam liar cukup memprihatinkan, Axolotl ternyata telah banyak dikembangbiakan oleh para hobbyist dan breeder Axolotl di seluruh dunia. Hasil perkembangbiakkan tersebut lah yang kemudian dipasarkan atau disalurkan ke lembaga-lembaga riset biologis.

Ciri-ciri fisik Axolotl

Axolotl atau yang dikenal juga sebagai Mexican Walking Fish ini memiliki tubuh memanjang. Layaknya jenis salamander lainnya Axolotl juga memiliki empat kaki disertai sirip belakang yang membantunya untuk berenang. Axolotl juga memiliki ‘mahkota’ di kepalanya. Eits, jangan salah, mahkota tersebut bukan sekedar aksesoris, lho! Mahkota tersebut adalah insang yang merupakan alat pernafasan dari Axolotl.

Axolotl babies – Melanie Tsosie via Pinterest

Fakta Axolotl yang tak kalah menarik berikutnya adalah sifat Neoteny-nya. Sebagai hewan Neoteny, Axolotl mencapai kedewasaan tanpa mengalami perubahan bentuk atau metamorfosis. Jadi, bila kamu berminat untuk mengembangbiakkan Axolotl, kamu akan menyaksikan mini Toothless tumbuh besar dari ukuran yang sangat kecil hingga besar. Tak hanya itu, fakta Axolotl yang unik adalah Axolotl akan terus bergantung pada insangnya dan hidup di dalam air walaupun sebenarnya mereka juga memiliki paru-paru disaat mereka beranjak dewasa. Walaupun begitu, diluar sana juga terdapat Axolotl yang dapat hidup di darat juga. Axolotl yang dapat hidup di dua alam tersebut merupakan hasil mutasi atau merupakan hasil dari rekayasa genetik.

Axolotl color variation – Terri Lynne via pinterest

Axolotl juga memiliki beberapa varian warna, yang dapat kamu lihat di gambar diatas. Masa hidup dari Axolotl yang sehat dapat mencapai 10 hingga 15 tahun, lho! Cukup lama ‘kan. Jadi pastikan kamu merawatnya dengan baik dan benar yaa. Oh iya, Axolotl juga dapat bertumbuh besar hingga mencapai ukuran 20-30cm, lho!

Hewan karnivora

Axolotl merupakan salah satu hewan karnivora air. Bila kamu ingin memelihara Axolotl, kamu dapat memberikan cacing kering, atau cacing darah beku. Sebenarnya, kamu dapat memberikan ikan-ikan kecil, atau cacing hidup pada Axolotl peliharaanmu. Namun, menurut para hobbyist, hal tersebut sangat tidak disarankan, karena rawan membawa parasit maupun penyakit menular yang dapat menjangkit Axolotl kesayanganmu.

via Azariel on Caudata.org

Fakta Axolotl yang tak kalah penting kamu ketahui adalah: kamu harus berhati-hati dengan kerikil atau benda-benda yang dapat menyebabkan Axolotl mu tersedak. Axolotl makan dengan menghisap dan mencaplok makanannya, seringkali Axolotl tidak berhati-hati saat makan dan mengakibatkannya menjadi tersedak. Maka dari itu, disarankan untuk tidak memasukan kerikil, pasir, atau benda-benda yang dapat dihisap oleh Axolotl ke dalam tangki Axolotl.

Memiliki kemampuan healing factor ala pahlawan super

Fakta Axolotl berikutnya membuat hewan ini dapat bergabung dengan Avengers atau Justice League! Axolotl memiliki kemampuan menyembuhkan diri yang luar biasa. Bila Axolotl mengalami cedera hingga bagian tubuhnya terputus, dan bagian tubuh tersebut tersebut akan tumbuh kembali dengan sempurna. Axolotl bahkan dapat meregenerasi kaki atau sirip yang sama berulang kali dengan kesembuhan yang sempurna. Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian para peneliti. Peneliti telah berusaha memecahkan bagaimana cara Axolotl meregenerasi bagian tubuh yang putus tersebut untuk kepentingan medis.

Happy Smile GIF - Axolotl Smile Happy GIFs
Happy Axolotl – via Tenor.com

Bobobox siap untuk memberikan pengalaman tidur yang sempurna dan tak terlupakan!

Bobobox menghadirkan hotel kapsul futuristik layaknya hotel-hotel kapsul di Jepang. Bobobox adalah pilihan penginapan yang sangat cocok buat kamu para milennial travellers! Lokasi Bobobox yang prima juga sangat mempermudah mobilitasmu untuk mencapai berbagai destinasi tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Selain itu kamu bisa staycation sambil bersantai dan berfoto di setiap sudut Bobobox yang instagrammable. Apalagi di pod-nya, dengan warna lampu yang bisa diatur sesuai dengan mood kamu, dijamin foto-foto yang kamu ambil bakal instagrammable banget. Istirahat kamu juga akan sangat nyaman dan makin adem dengan fitur suara-suara alam yang dapat kamu dengarkan dari B-Pad di pod-mu!

Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Airport Hub, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Kamu pasti mendapatkan kesempatan istirahat yang berkualitas tanpa gangguan karena Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan, keamanan dan didukung dengan integrasi dengan sistem berteknologi tinggi. Kamu bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker, mengubah warna lampu pod-mu sesuai mood, bahkan streaming film tanpa gangguan dengan koneksi internet super cepat!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk pesan pod kamu sekarang!

You might also like