tips membuat cv

Pengen Dilirik Rekruiter? Inilah 7 Tips Membuat CV yang Menarik

Membuat CV bisa dibilang perkara yang mudah tapi juga sedikit sulit. Hal yang mudah karena sebenarnya kamu hanya perlu memasukan beberapa hal yang penting saja saat membuat CV. Membuat CV pun bisa jadi pengalaman yang sulit karena kamu malah memasukan beberapa poin yang tidak penting dan kamu tidak tahu apa saja yang harus kamu tulis.

Apa itu CV?

Apa itu CV

Sumber: Pixabay

CV atau singkatan dari curriculum vitae ini merupakan sebuah daftar riwayat hidup yang memberikan gambaran mengenai pengalaman diri kamu dan kualifikasi kamu. CV kerap kali digunakan bagi pelamar kerja untuk memberikan gambaran riwayat hidup calon pekerja kepada pemberi kerja atau pihak perusahaan. Bagi para pencari kerja yang belum memiliki pengalaman tentunya akan merasa kebingungan saat akan membuat CV.

Apa saja yang harus ditulis dan tidak ditulis di dalam CV? Bagaimana cara membuat CV agar terlihat menarik dan menjual? Terdapat banyak sekali cara untuk membuat CV kamu terlihat menarik dimulai dari cara yang baik dan juga yang tidak baik. Tidak jarang juga Bob menemukan praktik pembuatan CV dengan cara mengada-ada tentang pencapaian atau keahlian yang tidak terlalu dikuasai. Selain itu banyak juga orang yang sering menuliskan hal-hal remeh yang tidak perlu pada CV nya.

7 Tips Membuat CV yang Menarik Agar Dilirik Rekruter

Cara Membuat CV Menarik untuk Melamar Pekerjaan

Sumber: Pixabay

Agar kamu terhindar dari kesalahan membuat CV seperti contoh di atas maka pada kesempatan kali ini Bob akan memberi tips membuat CV yang baik.

Faktanya CV yang mengandung banyak informasi belum tentu merupakan CV yang baik. Terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu masukkan ke dalam CV kamu dan beberapa lainnya yang tidak perlu. Yuk simak informasi berikut ini!

1. Pilih Format yang Singkat Padat dan Mudah Dibaca

Perhatikan pemilihan format yang singkat padat dan mudah dibaca untuk CV mu. Rekruter biasanya memiliki banyak CV yang harus dinilai, jadi pastikan CV mu mudah di-scan dan informasinya dapat terlihat dengan jelas.

Gunakan paragraf pendek atau poin-poin bullet untuk menggambarkan pengalaman dan kualifikasi dengan efisien. Pilih font yang profesional dan mudah dibaca, seperti Times New Roman, dengan ukuran yang cukup besar agar mudah dibaca oleh siapa saja.

2. Soroti Keahlian dan Prestasi yang Relevan

Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, fokuskan CV mu pada keahlian dan prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Cantumkan proyek akademik, penelitian, atau magang yang dapat mendukung kualifikasimu.

Berikan penekanan pada potensi dan dedikasi yang kamu miliki untuk berkontribusi di perusahaan yang kamu lamar. Jangan ragu untuk menonjolkan keahlian yang kamu kuasai, terutama jika dapat menunjang bidang pekerjaan yang kamu minati.

Baca juga: Ingin Bekerja di Luar Negeri? Yuk, Belajar 6 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja Berikut!

3. Cukup Tulis Latar Belakang Pendidikan Formal Terakhir

Kesalahan ini umum ditemukan pada CV pelamar kerja. Banyak pelamar kerja yang membuat CV dengan riwayat pendidikan yang disusun secara kronologis mulai dari tingkat dasar. Tak jarang bahkan beberapa diantaranya pun mencantumkan riwayat pendidikan di tingkat TK, SD, dan SMP.

Sebenarnya penulisan riwayat pendidikan dari tingkat dasar itu tidak penting dan tidak perlu. Kamu hanya perlu membuat CV dengan mencantumkan dua jenjang pendidikan formal terakhir ditambah dengan riwayat pendidikan non-formal yang mendukung jika dirasa perlu.

4. Hindari Menulis Identitas Terlalu Detail

membuat CV yang menarik

Sumber: Pexel

Kamu hanya perlu membuat CV yang memuat informasi mengenai identitas seperti nama, nomor telepon, dan alamat e-mail kamu. Tiga informasi identitas diri tersebut merupakan informasi penting yang harus dicantumkan. Faktanya hanya dengan mencantumkan ketiga informasi tersebut kamu sudah cukup memenuhi poin esensial yang harus ada dalam CV. Kamu tidak perlu membuat CV dengan informasi seperti jenis kelamin, agama, status, suku, kebangsaan dan tempat tanggal lahir kamu.

Namun jika perusahaan yang kamu lamar memiliki persyaratan batas usia maka kamu dapat mencantumkan usia kamu ke dalam CV. Hindari untuk mencantumkan informasi yang bersifat pribadi seperti status pernikahan, golongan darah, agama, ras, zodiak, nomor KTP, hobi dan lain sebagainya. Selain tidak diperlukan oleh perusahaan tempat kamu melamar, informasi-informasi tersebut hanya akan memenuhkan isi CV kamu.

5. Hindari Menulis Pengalaman Terlalu Banyak

CV yang ditulis secara panjang lebar dan dipenuhi dengan banyak informasi bukan berarti menjadikan CV itu CV yang baik. CV yang ditulis dengan penuh informasi mengenai beragam pengalaman kamu belum tentu menjadikan CV kamu tertulis dengan baik. Faktanya kamu hanya perlu membuat CV dengan pengalaman yang relevan dan yang kamu nilai akan memberikan kontribusi dan berguna untuk diaplikasikan di tempat kerja yang kamu akan lamar.

Cantumkan beberapa pengalaman kerja yang benar-benar relevan dengan posisi yang kamu lamar. Contohnya jika kamu akan melamar sebagai seorang penulis tentu kamu tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja kamu sebagai barista di kedai kopi. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa apa yang kamu cantumkan dan jelaskan mengenai pengalaman kamu di dalam CV dapat dipertanggungjawabkan saat kamu diterima di perusahaan tersebut ya!

Baca juga: Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Usaha?

6. Minat dan Hobi yang tidak Perlu Kamu Sebutkan

Hal yang lumrah jika kamu memiliki lebih dari satu minat dan hobi. Namun bukan berarti kamu harus membuat CV dengan mencantumkan semua minat dan hobi kamu ke dalam CV. Jika kamu merasa beberapa minat dan hobi kamu tidak akan menambah kualifikasi kamu terhadap posisi pekerjaan yang kamu impikan maka sebaiknya kamu tidak perlu mencantumkannya.

Minat dan hobi yang tidak selaras dengan nilai perusahaan yang kamu lamar dan tak selaras dengan posisi yang kamu inginkan tentunya tidak akan menarik perhatian perekrut. Berbeda halnya jika kamu memiliki minat dan hobi yang sekiranya dapat memberikan kontribusi terhdapa perushaan yang kamu lamar.

Jangan lupa juga untuk menyertakan portfolio kamu. Portofolio ini tentu akan sangat membantu kamu karena perushaan dapat menilai kualitas kemampuan kamu melalui hasil pekerjaan kamu. Ingat juga untuk tidak mencantumkan hobi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan seperti hobi jalan-jalan, makan, dan sebagainya.

7. Hindari Menggunakan CV yang Sama

Hindari Menggunakan CV yang Sama

Jika kamu akan melamar ke beberapa perusahaan yang berbeda atau dengan jenis posisi pekerjaan yang berbeda pastikan untuk menghindari mengirimkan CV yang sama. Mengapa harus membuat CV yang berbeda? Seperti yang Bob sampaikan di atas, kamu perlu membuat CV berdasarkan pengalaman dan kualifikasi yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Menggunakan satu jenis CV untuk melamar semua jenis pekerjaan tentu dinilai tidak efektif.

Contohnya bulan lalu kamu membuat CV dengan pengalaman di bidang pendidikan untuk melamar kerja sebagai guru. Bulan berikutnya kamu menggunakan CV yang sama untuk melamar ke pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan penjualan. Jika hal ini terjadi tentu saja akan lebih baik jika kamu membuat CV dengan versi yang berbeda. Dengan membuat CV yang berbeda kamu dapat mengirimkan CV yang isinya akan lebih menonjolkan kemampuan kamu saat menjadi seorang marketer.

Baca juga: 8 Tantangan Dunia Kerja bagi Fresh Graduate saat akan Memulai Karier

Siap Membuat CV?

Setelah menyimak informasi mengenai cara membuat CV yang baik di atas kini kamu tak perlu lagi merasa ragu dan kebingungan. Ayo segera buat dan kirim CV terbaik kamu ke perusahaan yang kamu impikan. Bob akan turut mendoakan kelancaran dan keberhasilan proses rekrutmen kamu! Jangan lupa juga siapkan cara memeperkenalkan diri dengan baik saat wawancara ya. Semoga kamu dapat melewati proses seleksi CV dan berlanjut ke tahap wawancara kerja!

bobobox amenities

Bingung harus bagaimana jika kamu menerima undangan wawancara kerja di luar kota? Sudah tahu harus menginap di mana? Urusan menginap serahkan saja pada Bobobox! Bob paham banget deh kamu sebagai pelamar pekerjaan mungkin tidak memiliki cukup banyak bujet untuk dapat menginap di penginapan yang nyaman. Namun kamu gak perlu khawatir, di Bobobox kamu bisa menginap nyaman dengan harga terjangkau, lho! Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk mendapatkan promonya yang menarik!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles