Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!

Pakai baju yang sudah lama tak dipakai juga bisa, lo!

Sudah kehabisan ide untuk bisa betah di rumah saja selama pandemi COVID-19? Bikin baju motif tie dye saja, yuk! Selain bisa mengisi waktumu selama di rumah saja, kamu juga bisa tetap produktif dengan menyalurkan ide kreatifmu dan membuat baju bermotif yang sedang tren ini.

Tak hanya kaos saja, kamu juga bisa kok membuat motif tie dye di pakaian lainnya, seperti kemeja, celana, hoodie jacket, bahkan kaus kaki. Pakaian tersebut juga tak harus baru, kamu bisa menggunakan pakaian yang sudah jarang dipakai untuk bisa di-update menjadi pakaian yang kekinian.

Jangan khawatir, karena nampaknya motif tie dye ini akan bertahan setidaknya sepanjang tahun 2020, bahkan hingga 2021. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika kamu akan merusak baju dengan motif yang akan cepat ketinggalan zaman.

Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto oleh Vince Fleming dari Unsplash

Tanpa berlama-lama, yuk, simak cara membuat baju motif tie dye sendiri dengan bahan yang murah harganya dan mudah didapat. Caranya juga mudah, kok, seperti yang Bob jelaskan di bawah ini, ya!

Siapkan alat, bahan, dan tempat yang kamu butuhkan

Untuk membuat baju dengan motif tie dye, kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan. Kamu bisa memakai beberapa alat dan bahan yang sudah ada di rumah. Namun jika tidak ada, alat dan bahan ini bisa dengan mudah ditemukan di minimarket atau online shop di beberapa platform dengan harga yang murah.

Alat dan bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • Baju, kaos, atau pakaian lain yang ingin kamu beri motif tie dye
  • Pewarna pakaian, jika tidak ada kamu bisa memakai pemutih pakaian
  • Botol semprot plastik
  • Sarung tangan berbahan latex atau plastik
  • Karet gelang
  • Alas plastik dari trashbag atau kantong sampah
Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto oleh Sharon McCutcheon dari Unsplash

Beberapa benda di atas bisa diganti denga benda lain yang memiliki fungsi sama. Misalnya, jika kamu tidak memiliki botol semprot, kamu bisa langsung membuat lubang kecil pada botol pewarna. Sarung tangan latex pun bisa diganti dengan kantong plastik yang tetap bisa berguna untuk membungkus tanganmu.

Untuk tempatnya, kamu bisa melakukannya di atas meja atau di atas lantai. Namun sebelum mulai men- tie dye, alasi dulu dengan alas plastik supaya pewarna atau pemutih tidak berceceran ke mana-mana dan mengotori permukaan meja atau lantai yang sedang kamu pakai.

Pilih desain tie dye yang kamu inginkan

Motif tie dye memiliki tak hanya satu, tapi beberapa pola yang unik dan cantik. Berikut ini Bob berikan tiga contoh motif tie dye paling populer yang bisa kamu buat sendiri, ya.

Motif Spiral Klasik

Cara membuat:

  1. Cubit bagian tengah pakaian, atau bagian mana pun yang ingin dijadikan sebagai pusat bentuk spiral.
  2. Pelintir bagian tersebut ke satu arah dan buatlah pola melingkar agar seluruh kain terikat erat.
  3. Untuk mempertahankan bentuk melingkar seperti spiral tersebut, tempatkan karet gelang di bagian tengah. Kamu bisa menggunakan lebih dari satu karet gelang sesuai dengan keinginanmu.
  4. Semprotkan atau beri pewarna dengan warna kesukaanmu pada bagian-bagian yang kamu.
  5. Diamkan selama kurang lebih satu jam jika kamu menginginkan warna yang cerah dan terang. Namun jika kamu ingin warna yang lebih pekat dan intens, kamu bisa mendiamkannya selama 24 jam.
Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto oleh Alex Michaelsen dari Unsplash

Motif Bullseye

Cara membuat:

  1. Ambil bagian tengah pakaian, buat bentuk memanjang seperti pipa atau tabung.
  2. Letakkan karet gelang di sepanjang pakaian dengan jarak beberapa sentimeter. Pastikan jarak antarkaret sama.
  3. Beri warna yang berbeda di setiap bagian yang dipisahkan karet gelang untuk membentuk motif bullseye. Kamu juga bisa menggunakan warna yang kontras dengan pakaianmu untuk membuat efek garis yang terus membesar.
  4. Diamkan selama kurang lebih satu jam jika kamu menginginkan warna yang cerah dan terang. Namun jika kamu ingin warna yang lebih pekat dan intens, kamu bisa mendiamkannya selama 24 jam.
Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto dari tiedyeyoursummer.com dari Pinterest

Motif Belang atau Garis-Garis

Cara membuat:

  1. Lipat bagian sisi kain atau bagian lengan ke dalam
  2. Ikat ujung baju dengan karet gelang terlebih dahulu supaya tidak mengubah bentuk motif.
  3. Ikat sepanjang baju dengan karet gelang. Beri jarak yang sama antarkaret agar motif terlihat cantik.
  4. Diamkan selama kurang lebih satu jam jika kamu menginginkan warna yang cerah dan terang. Namun jika kamu ingin warna yang lebih pekat dan intens, kamu bisa mendiamkannya selama 24 jam.
Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto dari oneteaspoon.com dari Pinterest

Saatnya melihat hasil karya tie dye-mu

Setelah didiamkan, lepas semua karet gelang dan bilas pakaianmu menggunakan air dingin. Proses pembilasan ini berguna untuk meluruhkan sisa pewarna yang masih ada pada kaos sehabis di-tie dye. Dibutuhkan beberapa kali proses bilas hingga tak ada lagi warna yang luntur.

Setelah air bilasan tampak bening, barulah kamu bisa mencuci baju tersebut dengan detergen atau sabun cuci. Kemudian, keringkan dengan cara diangin-anginkan dan usahakan untuk tak kena sinar matahari langsung.

Taraa! Baju tie dye hasil buatanmu sudah selesai. Mudah sekali ‘kan membuat motifnya? Selain motif yang sudah Bob uraikan di atas, kamu juga bisa mengkreasikan motif tie dye lain dengan versimu sendiri, kok.

Jika warnanya belum sesuai yang kamu mau, kamu bisa mencoba untuk mencampurkan warnanya dengan air untuk warna yang lebih kalem. Bisa juga bila dicampurkan dengan pewarna lain untuk warna yang jarang ada di pasaran seperti warna teal atau jingga. Selamat mencoba di rumah, ya!

Update Style Kamu dengan Membuat Baju Motif Tie Dye Sendiri. Gini Caranya!
Foto oleh chuttersnap dari Unsplash

Masih merasa bosan? Staycation di Bobobox saja!

Jika kamu masih merasa bosan karena di rumah saja, coba staycation di Bobobox saja dulu. Bobobox adalah hotel kapsul yang memiliki desain ala futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Itu sebabnya Bobobox bisa dijadikan sebagai tempat ‘melarikan diri’ yang asyik, sambil staycation untuk menghilangkan penat.

Kamu bisa pesan kamar melalui aplikasi atau website Bobobox, kemudian langsung melakukan pembayaran. Kamu akan otomatis mendapatkan QR code pada aplikasi tersebut. QR code itu bisa digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa.

Tak hanya itu, Bobobox juga menggunakan IoT untuk kemudahan mengakses berbagai fasilitas di dalam kamarmu. Mulai dari lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan keinginan, hingga menghubungkan smartphone-mu dengan audio musik yang ada di setiap pod.

Podnya juga super nyaman, dengan kasur berukuran single atau king size serta kondisi kamar yang bersih dan rapi. Tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu dengan rutin melakukan pembersihan dan menyemprotkan disinfektan.

Dengan begini, kamu enggak perlu khawatir untuk menginap di Bobobox saat kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Yuk, pesan kamarnya di sini sekarang!

 

 

You might also like