Mesin cuci

Praktis! Ini Dia 7 Cara Membersihkan Mesin Cuci di Rumah

Membersihkan mesin cuci di rumah terkesan sesuatu hal yang sulit dan melelahkan untuk dilakukan. Faktanya membersihkan mesin cuci di rumah bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Mesin cuci merupakan salah satu mesin yang sangat sering digunakan dan banyak orang seringkali lupa untuk membersihkannya. Mesin cuci yang tak terawat kebersihannya dapat menimbulkan bau tidak sedap serta berpengaruh pada performa mesin cuci itu sendiri.

Tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi. Alih-alih membuat pakaian bersih dan wangi, mesin cuci yang kotor dan tak terawat hanya akan membuat pakaian kamu berbau aneh dan tidak bersih secara maksimal. Oleh karena itu Bob sudah menyiapkan beberapa tips membersihkan mesin cuci yang dapat kamu mudah lakukan di rumah. Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Sisa Detergen di Mesin Cuci

Faktanya sisa detergen yang ada di dalam mesin cuci dapat menimbulkan bau yang aneh dan dapat mengotori pakaian kamu. Oleh karena itu pertama-pertama kamu bisa coba memastikan untuk membersihkan sisa-sisa detergen di mesin cuci sudah dibersihkan dengan baik. Sisa-sisa detergen pada mesin cuci biasanya masih melekat di bagian tabung mesin cuci. Jika kamu mengabaikan sisa-sisa detergen ini maka residu detergen dapat menimbulkan noda kerak, jamur, serta karat.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah sau alasannya adalah pembersih pakaian yang kamu gunakan juga berpengaruh pada seberapa banyak residu yang menempel di mesin cuci. Untuk menghindari hal ini terjadi sebaiknya kamu tidak menuangkan pelembut pakaian ke dalam mesin cuci. Pastikan untuk selalu menggunakan detergen khusus mesin cuci guna mencegah penumpukan residu.

2. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Pastikan Bagian Tabung Sudah Bersih

Jangan lupa untuk memastikan membersihkan bagian tabung mesin cuci kamu jika masih ada noda di bagian dalam tabung. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan cairan khusus pembersih mesin cuci. Kamu juga bisa mencoba memanfaatkan bahan rumahan untuk membersihkan tabung, seperti larutan cuka, baking soda, dan perasan lemon untuk membersihkannya.

Caranya sangat mudah, kamu cukup perlu mencampurkan baking soda dengan cuka atau perasan lemon. Bahan-bahan ini dapat kamu gunakan untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri dalam mesin cuci kamu sehingga cocok untuk digunakan mencuci mesin cuci. Tips ini bisa coba lakukan untuk membersihkan mesin cuci 1 dan 2 tabung.

3. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Bersihkan Filter Mesin Cuci

Membersihkan Mesin Cuci di Rumah

Bagian mesin cuci yang kamu perhatikan selanjutnya adalah filter atau saringan mesin cuci. Filter ini sebaiknya kamu bersihkan setiap kali kamu selesai mencuci pakaian. Filter mesin cuci yang kotor dan terutama tersumbat oleh serat-serat pakaian rentan memicu kebakaran.

Bersihkan filter mesin cuci dengan cara mengeluarkan filter, kemudian membersihkannya dari serat-serat pakaian yang menumpuk. Sikat filter dengan air mengalir dan pasang filter kembali setelah filter kering sepenuhnya.

Baca Juga: 7 Tips Mencuci Selimut agar Tak Bau Apek. Mudah Dilakukan!

4. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Jangan Lewatkan Laci Detergen

Seusai membersihkan filter mesin cuci, Anda dapat beralih ke laci detergen bila ada bagian ini di mesin cuci Anda. Laci detergen biasanya dapat Anda bersihkan dengan cara dilepas dari mesin cuci. Setelah dilepas, rendam laci detergen di dalam air hangat atau bersihkan dengan sikat. Keringkan laci hingga benar-benar kering sebelum Anda kembalikan ke mesin cuci.

5. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Bersihkan Pintu Penutup Mesin Cuci

Selain membersihkan bagian tabung dan juga laci detergen mesin cuci, penting juga bagi kamu untuk membersihkan pintu penutup mesin cuci. Pintu penutup mesin cuci umumnya memiliki celah dan juga beberapa lipatan yang dapat menjadi sarang berkembang biaknya jamur dan juga bakteri.

Pada mesin cuci biasanya terdapat penutup karet yang mencegah air keluar dari mesin cuci. Karet ini umumnya menjadi tempat menumpuknya berbagai sisa detergen dan kotoran. Saat dibiarkan maka sisa detergen dan kotoran pada karet pintu akan memicu pertumbuhan bakteri pada mesin cuci dan menimbulkan aroma tidak sedap. Oleh karena itu pastikan setiap kali kamu akan mulai dan selesai mencuci baju untuk menggunakan lap basah dalam membersihkan pintu mesin cuci.

6. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Lap Bagian Luar Mesin Cuci

Bagin tabung, filter, laci, dan pintu mesin cuci sudah bersih? Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar mesin cuci juga! Bagian luar mesin cuci akan membuat tampilan mesin cuci kamu bersih dari kotoran dan juga jamur mengingat mesin cuci sangat rentan dengan kelembaban. Kamu cukup membersihkan bagian luar mesin cuci dengan kain lap basah.  Kamu juga bisa menggunakan larutan cuka dan baking soda untuk mengelap bagian luar mesin cuci.

7. Membersihkan Mesin Cuci di Rumah: Biarkan Pintu Mesin Cuci Terbuka

Saat mesin cuci kamu sedang tidak digunakan kamu bisa membiarkan pintu mesin cuci dalam keadaan terbuka. Cara ini efektif dilakukan untuk  menjaga sirkulasi udara di dalam tabung mesin cuci. Saat udara tidak dapat masuk dan keluar dengan maksimal maka hal ini hanya akan membuat kuman dan jamur dalam mesin cuci lebih mudah berkembang biak.

Pastikan untuk senantiasa membersihkan dan menjaga kebersihan mesin cuci. Kamu bisa membersihkan mesin cuci setidaknya setiap 1 bulan sekali, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Tangan Kering Karena Sering Cuci Tangan? Ini Dia Solusi Kulit Tangan Kering Wajib Dicoba

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles