Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Stay Healthy! Lindungi Diri dari Polusi Saat Liburan di Jakarta

Supaya paru-paru kamu tetap sehat!

Apa sih yang kamu pikirkan saat mendengar kata “Jakarta”? Hmm… Coba Bob tebak. Pasti macet, panas, dan polusi. Ya, ketiga hal tersebut sepertinya sudah melekat dengan gambaran ibu kota. Untuk kalian yang tinggal di J-Town, sepertinya pemandangan seperti itu bukan hal yang asing. Namun, buat kalian yang tidak tinggal di Batavia, siap-siap deh mengalami hal tersebut.

Jakarta
Sumber foto: Iqbal Yuwansyah/The Jakarta Post

Dari masalah-masalah tersebut, polusi memang jadi isu yang sampai sekarang sepertinya belum teratasi dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah volume kendaraan bermotor yang tinggi. Dilansir dari Jakarta Smart City, di tahun 2017 saja ada 10.940.102 unit kendaraan bermotor yang terdaftar. Wah! Jumlahnya bersaing dengan populasi Jakarta, nih! Nggak aneh kalau ibu kota sering mengalami macet dan polusi yang serius.

Pada bulan September kemarin, Jakarta bersanding di urutan kelima kota dengan kualitas udara terburuk, dikutip dari Tirto. Kondisi ini tentunya nggak baik buat kesehatanmu dan bisa mengganggu liburanmu. Namun, jangan khawatir! Kamu tetap bisa menikmati liburan di ibu kota kok! Bob punya 5 tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk melindungi diri dari polusi udara!

1. Kenakan Masker

Jakarta Chanyeol
Sumber foto: FY-EXO.com

Nah, kiat yang satu ini merupakan langkah termudah yang bisa kamu ikuti. Untuk melindungi paru-parumu dari udara kotor, kenakan masker saat meninggalkan rumah. No, no, no! Kamu nggak perlu beli masker respirator kok! Ada banyak produk masker pelindung yang bisa kamu dapatkan di toko swalayan dengan harga terjangkau.

Dari masker sekali pakai hingga masker kain yang bisa dicuci, ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Namun, pastikan produk yang kamu pilih bisa memberikan proteksi yang optimal, ya! Oh, ya! Selain berfungsi sebagai pelindung, masker juga bisa jadi fashion item untuk melengkapi penampilanmu, lho! Hmm… Rasanya seperti jadi oppa eonni K-Pop yang lagi di bandara, ya!

2. Gunakan Trans Jakarta atau MRT

Jakarta MRT
Sumber foto: Info Komputer

Tips yang satu ini nggak hanya bermanfaat buat kamu, tetapi juga untuk lingkungan. Alih-alih menggunakan ojek online, kamu bisa memanfaatkan moda transportasi umum untuk berkeliling ibu kota. Penggunaan moda transportasi yang lebih tertutup bisa mengurangi paparan terhadap sengatan matahari dan udara luar yang kotor.

Dengan jalurnya tersendiri, kamu bisa bepergian dengan lebih cepat menggunakan bis atau MRT. Tersedianya pengatur udara juga akan bikin kamu nyaman dan nggak gerah saat bepergian. Selain itu, dengan moda transportasi massal kamu juga membantu mengurangi polusi udara kota. Wah! Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, ya!

3. Lindungi Kulit dengan Tabir Surya

Jakarta Lotion
Sumber foto: https://unsplash.com/@honest

Tidak hanya mengganggu pernapasan, polusi juga bisa bikin kulitmu rusak. Ditambah cuaca yang panas dan paparan sinar matahari, kulitmu berisiko mengalami sunburn. Untuk mencegahnya, pastikan kamu melindungi kulit dengan tabir surya sebelum bepergian. Tentunya kamu nggak mau dong liburanmu hancur hanya karena kulitmu terbakar.

Saat membeli tabir surya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Dilansir dari IDN Times, ada baiknya kamu memilih produk dengan SPF minimal 30. Pilih juga produk dengan spektrum luas (broad spectrum) agar kulit terlindung dari paparan cahaya UVA dan UVB. Dengan begini, kulitmu tetap terlindungi dari polusi dan paparan cahaya matahari.

4. Pilih Aktivitas Dalam Ruangan

Grand Indonesia - Patricia Gouw
Sumber foto: Instagram Resmi Grand Indonesia

Jakarta menawarkan beragam aktivitas menarik bisa kamu coba. Nah, kalau kamu cukup concerned dengan polusi udara yang buruk, aktivitas dalam ruangan jadi pilihan yang lebih tepat. Di dalam gedung, kamu tentunya akan terlindung dari paparan sinar matahari dan polusi udara. Selain itu, dijamin kamu pun nggak akan gerah karena adanya pengatur udara.

Sebagai pilihan wisata edukatif, museum bisa jadi tujuan liburan yang tepat. Kawasan Kota Tua, misalnya, punya Museum Fatahilah dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Berlibur bersama anak-anak? Ajak mereka main ke Kidzania atau Fun World! Senang belanja? Kunjungi mal seperti Grand Indonesia atau Gandaria City.

5. Konsumsi Makanan Sumber Antioksidan

Jakarta Antioksidan
Sumber foto: Medical News Today

Menangkal dampak polusi bukan hanya dilakuakn dari luar, tetapi juga dari dalam. Persiapkan tubuhmu menghadapi efek polusi dengan mengonsumsi makanan sumber antioksidan. Dilansir dari Halodoc, antioksidan membantu menetralkan radikal bebas. Antioksidan juga mempercantik kulit dengan mengurangi jerawat, kerutan, dan garis halus. Siapa sih yang nggak mau punya kulit glowing?

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Dikutip dari Alodokter, jenis makanan sumber antioksidan mencakup buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, dan mangga. Sayur-sayuran seperti brokoli, tomat, ubi merah, dan asparagus juga terkenal dengan kandungan antioksidannya.

Kesimpulan

Itulah 5 tips sederhana dari Bob untuk melindungi diri dari polusi saat berlibur di Jakarta. Kualitas udara di ibu kota memang cukup berbahaya. Namun, dengan beberapa langkah preventif sederhana, kamu tetap bisa melindungi diri dari dampak negatif polusi. Dengan kondisi tubuh yang sehat, tentunya liburanmu juga akan terasa lebih mengasyikkan!

Eh, ngomong-ngomong soal liburan, sudah pesan akomodasi, belum? Kalau belum, Bobobox bisa jadi opsi yang tepat untuk pengalaman menginap yang unik! Nah, di Jakarta ada dua cabang Bobobox yang bisa kamu kunjungi: Kebayoran Baru dan Pancoran. Keduanya tetap hadir dengan pod luas bergaya futuristik yang Instagrammable. Fitur-fitur di dalam pod terintegrasi dengan satu aplikasi. Kamu bisa atur pencahayaan sesuai keinginan dan buka pintu pod lewat ponselmu secara langsung. Cakep!

backpacker di bandung bobobox

Aplikasi Bobobox bisa kamu unduh secara gratis dan tersedia untuk platform iOS dan Android. Selain mengatur fitur pod, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan reservasi. Ada beragam promosi menarik yang bisa kamu dapatkan, lho! Pokoknya, menginap di Bobobox akan memberikan warna baru untuk liburanmu di Jakarta! Download aplikasinya sekarang, ya!

You might also like