Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Melihat 3 Desa Terbersih di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Yuk kita lihat, kira-kira di mana saja ya?

desa terbersih
intisari.grid.id

Desa selalu menjadi tempat di mana keasrian dan udara yang bersih menjadi hal yang membuat orang ingin datang atau tinggal. Banyak orang yang merencanakan untuk tinggal dan menikmati hari tuanya di desa karena lebih sehat dan bersih. Bayangkan, tinggal di desa saja sudah nyaman, apalagi tinggal di desa terbersih di dunia.

Pedesaan juga dijadikan tempat untuk berlibur dan beristirahat dari kepenatan selain tempat untuk tinggal. Minimnya polusi, sawah-sawah, pepohonan, dan keramahan masyarakat desa menjadi alasan mengapa banyak orang nyaman berada di pedesaan.

Setiap orang pastilah ingin tinggal di tempat dengan lingkungan yang bersih, terawat, indah, dan sehat di manapun mereka berada. Namun, tidak semua orang bisa diajak untuk berdisiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan, bahkan tempat tinggalnya sendiri. Tinggal di desa maupun di kota, jika lingkungannya bersih sudah pasti akan nyaman.

Masalah kebersihan bukan perihal tinggal di desa atau di kota dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Kebersihan juga menjadi tanggung jawab warganya. Dengan kerjasama yang baik antara warga dan pemerintah dalam kebersihan, maka akan tercipta tempat hunian yang super bersih dan nyaman seperti desa-desa berikut ini.

3 Desa Terbersih di Dunia

Lingkungan mencerminkan peradaban dan kepribadian orang di dalamnya. Dalam menjaga kebersihan di Indonesia di setiap daerah atau komplek biasanya diadakan kerja bakti setiap minggu. Namun, tradisi tersebut perlahan mulai menghilang di beberapa daerah dan lebih memilih memperkerjakan petugas kebersihan.

Padahal jumlah pekerja kebersihan yang sedikit dan kebiasaan warga yang terkadang membuang sampah sembarangan membuat lingkungan tetap saja kurang terjaga kebersihannya. Tanpa kesadaran warga sekitar, walaupun petugas kebersihan bekerja setiap hari tetap saja akan selalu kotor.

Untuk inspirasi dan renungan untuk membangitkan kesadaran warga guna memelihara lingkungan terutama kebersihan lihatlah 3 desa terbersih di dunia ini. Salah satunya bahkan ada yang dari Indonesia. lho!

Desa Giethoorn – Belanda

desa terbersih
tribuntravel.com

Desa terbersih di dunia yang pertama adalah Desa Giethoorn. Desa ini terletak di Overijssel, Belanda. Giethoorn merupakan desa unik yang dijuluki Venesia dari Belanda karena dikelilingi oleh air dan tanpa jalan raya, sehingga desa ini terbebas dari kendaraan bermotor dan polusi udara.

Desa Giethoorn dihuni oleh sekitar 2.620 orang di dalamnya. Di desa ini, akses transportasi yang utama adalah kanal sepanjang 4 kilometer. Kamu tidak bisa mengendarai kendaraan bermotor di sini. Yang ada hanya kanal-kanal yang bisa dilalui dengan menggunakan perahu atau sarana transportasi air lainnya dan jalanan kecil untuk para pejalan kaki.

Selain sebagai salah satu desa terbersih di dunia, desa ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Belanda. Rumah-rumah di Giethoorn dihubungkan oleh sungai, sehingga warga menggunakan perahu sebagai sarana mobilitas utama.

Tak hanya rumah-rumah warga, terdapat juga fasilitas lain layaknya desa pada umumnya seperti restoran, toko-toko, dan lain-lain. Yang membuat Giethoorn dinobatkan sebagai salah satu desa paling bersih di dunia adalah udaranya yang bebas polusi dan air yang bersih dari limbah.

Rumah-rumah berjajar dengan rapih dan teratur. Tidak ada sampah yang berserakan sejauh mata memandang. Desa ini juga ditumbuhi tanaman hias dan pepohonan yang semakin mempercantik lingkungan. Selain bebas dari polusi udara dan air, desa ini bahkan menggunakan whisper boat untuk mengurangi kebisingan.

Sungguh tempat yang ideal untuk beristirahat ya. Kamu akan mendapatkan udara segar yang bersih sekaligus ketenangan di sini.

Desa Mawlynnong – India

desa terbersih
sarahbeekmans.co.id

Selain Giethoorn di Belanda, salah satu desa terbersih di dunia yang berikutnya adalah Desa Mawlynnong Meghalaya. Desa ini terletak di Perbukitan Khasi Timur, Mahalaya, India. Desa ini mendapatkan predikat desa terbersih di dunia karena kebersihannya yang sangat terjaga.

Meskipun India diketahui sebagai salah satu negara kotor dan penuh polusi, Mawlynnong membuktikan bahwa di India juga terdapat tempat yang bersih. Tanaman dan bunga-bunga indah tumbuh dengan subur dan tidak ada sampah yang mengotori jalanan di desa sejauh mata memandang.

Desa ini memberlakukan beberapa larangan keras seperti merokok dan menggunakan plastik polietilena. Hal tersebut dilarang karena akan menimbulkan sampah dan merusak lingkungan. Warga harus mengumpulkan sampah secara rutin dan mengolahnya menjadi pupuk, serta menampung air hujan.

Bagi warga Desa Mawlynnong, kebersihan dan keindahan desa adalah kesepakatan dan komitmen bersama. Setiap orang di desa memang diminta untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan seluruh pemukiman. Tersedia tempat sampah yang terbuat dari bambu di setiap sudut jalan desa.

Selain itu terdapat himbauan peringatan yang berukuran besar yang melarang masyarakat untuk membuang sampah di sembarang tempat. Warga yang dibantu juga para relawan rajin menyapu jalan secara rutin, sehingga desa yang berpenduduk sekitar 500 orang itu terjaga kebersihannya.

Menurut laporan NPR, kunjungan wisata ke Desa Mawlynnong meningkat drastis beberapa tahun terakhir karena popularitasnya sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Meningkatnya kunjungan wisata tersebut turut meningkatkan pendapatan warga hingga 60%.

Budaya bersih di desa ini sudah diterapkan sejak 130 tahun silam ketika wabah kolera melanda. Sejak itulah warga benar-benar menjaga kebersihan dan bahkan melarang wisatawan datang ke desa. Kemudian, larangan kunjungan wisata dihapuskan pada tahun 2003.

Desa Panglipuran – Bali

desa terbersih
pegipegi.com

Selain di luar negeri, salah satu desa terbersih di dunia ada di Indonesia, namanya Desa Panglipuran. Desa ini terletak di Bangli, Bali, Indonesia dan dikenal dengan julukan desa adat Bali. Pemukiman tradisional yang letaknya tidak jauh dari Kintamani ini tak hanya dikenal karena keindahan dan kebersihannya, namun juga kekentalan budayanya.

Desa Panglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Walau sering dikunjungi banyak wisatawan, desa ini tetap bisa mempertahankan ketradisionalan dan kelestarian lingkungannya.

Penataan desa yang apik dan rapih serta bangunan tradisionalnya yang masih terjaga utuh menjadi daya tarik tersendiri dari desa ini. Terdapat 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat dengan baik. Hal tersebut menjadi ciri khas dari desa ini di mata dunia.

Ada sekitar setidaknya 200 rumah dengan gaya tradisional berderet dengan rapi di jalanan menanjak di desa ini. Jalanan yang ada di desa ini terbuat dari batu alam, bunga berwarna-warni dan rumput tumbuh tertata di sepanjang desa. Desa ini juga bebas polusi udara karena kendaraan bermotor dilarang masuk ke desa ini.

Bersih dan Nyaman Bersama Bobobox

lorong bobobox kamar

Mau menginap di hotel yang nyaman dan kebersihannya terjaga? Bobobox solusinya! Kamu tidak perlu khawatir akan sanitasi dan kenyamanan di sini, karena Bobobox selalu mengutamakan dua hal tersebut bagi para customer-nya. Selain itu, setiap pods dilengkapi dengan teknologi canggih dan fasilitas oke.

Tunggu apa lagi? Ayo pesan pods -nya sekarang melalui aplikasi bobobox atau klik di sini.

You might also like