Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Me-review Megahnya Grand Mosque of Central Java

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah ini membuat para pengunjung kagum!

Me-review sebuah tempat ibadah menjadi salah satu kegembiraan bagi Bob! Pasalnya banyak tempat ibadah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, yang diibangun sedemikian rupa cantiknya sehingga tempat ibadah ini lebih dari sekedar tempat beribadah biasa. Tak jarang banyak orang yang sengaja untuk mengelilingi pelosok Indonesia hanya untuk menyinggahi masjid-masjid yang unik, cantik, dan bersejarah.

Sebagian orang menyebut ini dengan wisata rohani. Tak ada yang lebih memuaskan dari perasaan lelah selama perjalanan yang bergantikan dengan rasa tenang saat tiba di tempat ibadah. Terlebih lagi jika tempat ibadah yang kamu kunjungi memiliki arsitektur khas yang membuat kamu betah untuk berlama-lama di sana.

Menunaikan ibadah sekaligus menenangkan diri di tempat ibadah yang unik bisa jadi salah satu opsi yang kamu pilih untuk menghilangkan penat. Yuk raih kedamaian dengan mengunjungi Grand Mosque of Central Java! Grand Mosque of Central Java atau dikenal dengan Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid kebanggaan warga Jawa Tengah.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Tengah, pastikan untuk singgah ke masjid ini, karena masjid ini termasuk salah satu masjid termegah di Indonesia. Saat kamu berkunjung ke sana, kamu akan disajikan dengan arsitektur bangunan masjid ini yang terinspirasi dari kombinasi gaya Timur Tengah, Eropa, dan Jawa. Menarik banget! Langsung saja deh Bob me-review masjid ini khusus untuk kamu.

Me-review Kemegahan Arsitektur Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai dibangun di tahun 2006, dengan luas 10 hektar. Tidak heran jika daya tampung masjid ini cukup besar hingga mencapai 15.000 jamaah. Setiap sudut masjid ini terlihat megah. Oleh karena itu tidak salah jika Masjid Agung Jawa Tengah ini sering disebut sebagai salah satu masjid terindah di kawasan Asia Tenggara.

Mereview Payung Hidrolik Raksasa

Saat memasuki area Plasa Masjid kamu bisa melihat terdapat 6 buah payung raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Payung hidrolik masjid ini persis dengan payung hidrolik yang ada di masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi. Tinggi tiang payung elektrik ini sekitar 20 meter dengan bentangan 14 meter. Biasanya payung ini akan dibuka saat sholat Jumat, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Me-review Menara Al-Husna

menara al-husna mesjid agung jawa tengah
@nur fajar pamungkas

Kali ini Bob akan me-review bagian menara Masjid Agung Jawa Tengah yang bernama Menara Al-Husna. Kamu bisa memasuki Menara Al-Husna dengan membeli tiket yang cukup murah, yaitu seharga 7500 rupiah per orang. Terdapat spot-spot menarik di dalam Menara Al-Husna, diantaranya adalah Studio Radio Rais yang menyiarkan dakwah Islam dengan frekuensi 107,9 FM. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi museum berisi Al-Qur’an raksasa.

Di lantai 18 Menara Al-Husna pun terdapat kafe muslim. Kafe ini unik karena bisa berputar 360 derajat, lho! Menara Al-Husna memiliki jumlah 19 lantai dan lantai ke 19 merupakan puncak menara. DI puncak menara ini kamu bisa menikmati pemandangan kota Semarang.

Bob sarankan kamu untuk mengunjungi menara Al-Husna ini menjelang matahari terbenam sebelum waktu magrib untuk keindahan pemandangan yang tak terlupakan. Kamu juga bisa melihat pemandangan sekitar dengan teropong yang tersedia di sana.

Me-review Bedug Ijo

Selanjutnya Bob akan me-review sudut masjid lainnya yang menarik untuk dibahas yaitu sudut Bedug Ijo. Bedug Ijo merupakan sebuah bedug raksasa yang terbuat dari kayu waru. Bedug ini berukuran 3×2 meter dan dibuat oleh K.H. Ahmad Shobri. Bedug ini pun dilengkapi oleh kentungan ijo yang diletakkan bersebelahan dengan Bedug Ijo. Menarik!

Me-review Bangunan Utama

Bangunan utama masjid ini terdiri dari dua lantai. Lantai satu dibangun khusus untuk jamaah pria dan lantai dua untuk wanita. Kapasitas ruang utama ini mampu menampung sekitar 6000 jamaah. Gaya arsitektur bangunan utama ini merupakan perpaduan antara Jawa, Arab, dan Yunani.

Me-review Plasa Masjid

plaza mesjid
@kecuk pratno

Pada bagian ini Bob akan me-review kawasan Plasa Masjid yang merupakan perluasan ruang salat masjid. Plasa masjid ini memiliki luas 7500 meter dan dapat menampung kurang lebih 10.000 jamaah, lho! Terdapat 25 gerbang di Plasa Masjid yang merupakan simbolisasi dari jumlah 25 nabi Allah.

Me-review Prasasti Masjid Agung Jawa Tengah

me-review masjid
@Justrival

Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada 14 November 2006. Presiden Indonesia yang ke tujuh, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono bahkan sudah pernah me-review masjid ini secara langsung saat peresmian masjid. Kehadiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus untuk menandatangani batu prasasti. Prasasti tersebut dipahat oleh Nyoman M. Alim pada batu alam yang diambil khusus dari lereng Gunung Merapi.

Me-review Hotel Graha Agung

Selanjutnya Bob akan me-review Hotel Graha Agung. Hotel ini dibangun sebagai wisma penginapan pengunjung. Terdapat berbagai kelas penginapan yang kamu bisa pilih di sini dimulai dari kelas deluxe, executive, suite, hingga family. Hotel ini berada di bagian timur masjid.

Me-review Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah

Kemegahan masjid ini juga terlihat dari berbagai fasilitas yang tersedia. Bob akan me-review beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan kamu selama berada di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah seperti fasilitas parkir yang mampu menampung 680 mobil dan 670 sepeda motor. Tidak perlu khawatir kelaparan, karena masjid ini juga memiliki area pujasera untuk kamu pecinta kuliner.

Terdapat ratusan pedangan yang menghidangkan berbagai macam makanan dan minuman yang berjejer rapi. Untuk kamu yang merasa kelelahan setelah perjalanan menuju masjid ini dan merasa tidak enak badan, Bob sarankan kamu untuk mengunjungi klinik di masjid ini. Terdapat dua macam poliklinik di masjid ini, yaitu klinik umum dan klinik gigi. Selain itu terdapat juga office hall yang merupakan ruang perkantoran yang disewakan untuk umum.

Office Hall ini memiliki kapasitas 700 orang. Terdapat pula bangunan perpustakaan yang didesain secara modern di area masjid. Jika kamu sedang ingin menyelenggarakan acara, kamu bisa menyewa bagian convention hall atau auditorium area masjid ini. Banyak orang yang me-review bagian convention hall ini karena sering digunakan untuk acara-acara wisuda, pameran, resepsi pernikahan. Daya tampung convention ini tidak main-main, karena cukup menampung hingga 2000 orang!

Me-review Harga Tiket Masuk Masjid Agung Jawa Tengah

Untuk bisa mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah ini kamu tidak dikenakan tiket masuk. Siapapun bisa masuk ke area masjid secara gratis, siang, malam, bahkan dini hari. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk saat akan masuk ke kawasan Menara Al-Husna.

Me-review Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini berlokasi di Jl. Gajah Raya Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Me-review kemegahan dan keindahan Masjid Agung Jawa Tengah ini tak cukup disampaikan dengan kata-kata. Kamu harus banget mencoba mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah dan menyaksikan langsung kemegahannya. Selain menenangkan diri dengan berkunjung ke masjid yang indah kamu juga bisa beristirahat di Bobobox. Cukup unduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul kamu!

You might also like