photo-1503676382389-4809596d5290

Simak Mata Kuliah Paling Unik Dari Kampus-Kampus di Seluruh Dunia Berkiut Ini!

Bagi sebagian orang, mata kuliah yang mereka hadiri di universitas terkadang terasa menjemukan hingga memicu rasa kantuk. Namun, berbeda dengan universitas pada umumnya, sejumlah universitas justru menawarkan mata kuliah terunik dan tidak biasa. Apa saja mata kuliah terunik itu? Yuk simak ulasannya!

Mata Kuliah Terunik: Harry Potter

via jkrowling.com

Harry Potter and Law

Harry Potter termasuk salah satu topik yang menjadi mata kuliah di banyak kampus. Salah satunya di National University of Juridical Sciences di Kolkata, India. Pada Oktober 2018, universitas tersebut memperkenalkan mata kuliah baru dengan nama “An Interface between Fantasy Fiction Literature and Law: Special Focus on Rowling Potterverse”.

Para mahasiswa yang berpartisipasi dalam mata kuliah terunik ini menghabiskan waktu 45 jam diskusi. Pembahasannya meliputi persamaan antara sistem hukum dan struktur sosial Harry Potter dengan situasi di kehidupan nyata.

Harry Potter and the Age of Illusion

Durham University juga menawarkan mata kuliah bertajuk “Harry Potter and the Age of Illusion”. Mata kuliah terunik ini merupakan bagian dari program Bachelor of Arts jurusan Educational Studies.

Mata kuliah ini terdiri dari 22 kelas dan 11 seminar. Pembahasannya menyoroti nilai sosial, budaya dan edukasi di dalam novel tersebut dan membandingkannya dengan sistem pendidikan sekarang ini. Beberapa topik meliputi prasangka dan intoleransi di dalam kelas, prinsip kedewasaan (keberanian, kecerdikan dan integritas), serta tekanan sosial.

United Kingdom: To Hogwarts, Harry: An Intensive Study of Harry Potter Through the British Isles

Mata kuliah terunik ini menjadi bagian dari kelas jurusan Bahasa Inggris Central Michigan University. Salah satu agendanya adalah membaca serial novel karya J.K. Rowling tersebut.

Para mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berkunjung selama 10 hari ke lokasi-lokasi bersejarah yang menginspirasi novel atau yang terlihat di film. Di antaranya adalah Edinburgh Castle, Bodleian Library dan Christ’s Church di Oxford University dan Tower of London.

Baca Juga: Dikabarkan Akan Reuni Di Tahun 2022, Ini Dia Kabar Terkini Para Pemeran Film Harry Potter

Mata Kuliah Terunik: Musisi Ternama

rollingstone.com

The Beatles, Popular Music and Society

Liverpool Hope University menawarkan mata kuliah yang berfokus pada suara studio serta komposisi grup The Beatles serta bagaimana Liverpool membantu membentuk musik mereka. Mata kuliah terunik ini juga membahas signifikansi karya mereka dalam membentuk identitas, etnik, industri dan lokalitas serta musik populer sebagai praktik sosial.

Politicizing Beyoncé

Seorang dosen Amerika bernama Kevin Alfred pada 2010 lalu memperkenalkan mata kuliah bertajuk Politicizing Beyoncé di Rutgers University. Saking populernya, kelas tersebut sempat terhenti karena dianggap mengalihkan perhatian mahasiswa dari mata kuliah lainnya.

Lewat mata kuliah terunik ini, Alfred menggunakan karya-karya Queen Bey untuk menguji pemahaman mahasiswa tentang sejumlah isu besar dan cukup berat. Sebut saja perubahan sosial sosial progresif, ras, gender serta feminisme perempuan kulit hitam AS.

Beyoncé: Gender and Race

Copenhagen University, Denmark juga sempat menawarkan mata kuliah berkaitan dengan Queen Bey. Pertama hadir di 2017 , mata kuliah terunik ini berhasil menarik minat banyak orang.

Kabarnya, peserta sampai harus pindah ke tempat yang lebih besar untuk mengakomodasi jumlah peserta. Profesor Erik Steinskog mengungkapkan bahwa kelas ini menggunakan lagu, lirik serta video Beyoncé untuk membahas gagasan tentang gender, ras dan seksualitas.

The Sociology of Miley Cyrus: Race, Class, Gender and Media

Skidmore College pernah memiliki kelas yang membahas pemikiran sosiologis tentang identitas, entertainment, media dan ketenaran melalui lensa Miley Cyrus, terutama setelah kekacauan yang dia lakukan di MTV Awards. Mata kuliah terunik ini menyoroti bagaimana terbentuknya identitas interseksional oleh budaya pop dan media massa.

Taylor Swift

Baru-baru ini, New York University menjadikan Taylor Swift sebagai mata kuliah terbarunya. Kelas resmi diluncurkan pada 26 Januari 2022 dan akan berlangsung hingga 9 Maret 2022. Mata kuliah terunik ini salah satunya membahas tentang:

  • Evolusi Taylor sebagai creative music entrepreneur dan penulis lagu country dan pop
  • Fandom dan wanita muda
  • Politik di balik musik pop

Baca Juga: Hai, Swifties! Yuk Throwback Seru Ke 7 Lagu Taylor Swift Yang Ngangenin!

The Simpsons dan Filosofi

via hotstar.com

The Simpsons and Philosophy dibentuk pada tahun 2003 di University of California. Sesuai dengan namanya, mata kuliah terunik ini membahas serial kartun hit Matt Groening melalui mata para filsuf terkenal seperti Friedrich Nietzsche, Karl Marx, Immanuel Kant dan Plato. Tujuan dari perkuliahan ini bukanlah untuk menemukan filosofi dalam The Simpsons, namun menjelaskan filosofi melalui serial kartun tersebut.

Selain California, mata kuliah terunik ini juga ditawarkan oleh University of Glasgow pada 2016 lalu dengan nama “D’oh! The Simpsons Introduce Philosophy”. Mata kuliah ini mengambil dalam The Simpson dan menghubungkannya dengan pertanyaan-pertanyaan filosofis terkait moralitas, agama dan kehendak bebas.

Baca Juga: Bingung Pilih Jurusan Kuliah Mana? Simak 10 Prospek Jurusan Kuliah Menjanjikan 2021 Ini

Mata Kuliah Terunik: Membuang Waktu hingga Menghadapi Zombie

@justzorik/Unsplash

Wasting Time on the Internet

University of Pennsylvania menawarkan mata kuliah “Membuang Waktu di Internet” untuk jurusan Bahasa Inggris. Tidak perlu textbook, namun mahasiswa setidaknya memiliki laptop dan jaringan Wi-Fi untuk menunjang pembelajaran dalam mata kuliah terunik ini.

Mereka hanya beriteraksi lewat layar seperti media sosial, ruang obrolan, aplikasi Listserv, video hingga online shop.  Meski terdengar nyeleneh, mahasiswa perlu menggunakan internet sebagai bahan mentah untuk menciptakan karya sastra yang menarik. Karena itu, matkul ini melibatkan banyak hal mulai dari skimming, bookmarking, forwarding, retweeting, reblogging, dan masih banyak lagi.

#SelfieClass

Jangan sampai terkecoh dengan kata selfie tersebut. Mata kuliah terunik ini sebenarnya bernama “Writing 150: Writing and Critical Reasoning: Identity and Diversity”. Menjadi bagian dari jurusan Menulis University of Southern California, matkul ini mengajak mahasiswa untuk menganalisis makna di balik selfie yang bertebaran setiap harinya di media sosial.

Para mahasiswa mendapat tugas untuk mengambil lima foto selfie dirinya. Mereka lalu menulis sebuah esai untuk menjawab pertanyaan tentang pandangan dunia tentang ras, gender, kelas, dan seksualitas. Jadi, ini bukan sekadar tentang pencahayaan, angel yang tepat dan filter.

Bahasa Klingon dan Dothraki

Tahukah kamu, University of Texas menawarkan mata kuliah bertajuk Klingon and Beyond. Mata kuliah terunik ini meliputi materi tentang Klingon (bahasa ras alien fiksi dalam film Star Trek) dan Dothraki (bahasa dalam serial Game of Thrones). Mata kuliah terunik ini menggunakan bahasa buatan sebagai sarana diskusi tentang gambaran teori linguistik saat ini, terutama yang berkaitan dengan bahasa dan masyarakat.

Zombie Apocalypse

Bagaimana sih cara bertahan dalam menghadapi bencana? “Surviving the Coming Zombie Apocalypse: Disasters, Catastrophes, and Human Behavior” mungkin bisa memberi kamu jawaban.

Michigan State University menawarkan mata kuliah terunik ini secara daring dengan teknologi Immersive Experience. Mahasiswa yang terlibat akan menganalisis perilaku manusia dalam menghadapi bencana dengan skenario bertahan hidup saat zombie menyerang. Mereka akan bekerja sama dalam kelompok untuk menghindari kematian dan mempertahankan masa depan peradaban.

Gak Bakal Bosan Menginap di Bobobox!

Mau skripsian tapi rumah jauh dari kampus? Harus bolak-balik ketemu dosen dan mengurus perntilan lainnya juga ribet dan makan waktu banget. Jangan pusing, ngekos saja di Bobobox!

Dengan desain futuristik dan fasilitas berbasis Internet of Things, Bobobox siap menemani dan menaikkan mood skripsian kamu. Wi-Fi-nya yang kencang dijamin gak akan bikin kamu emosi. Pengerjaan skripsi pun lancar jaya tanpa hambatan.

Ada juga fitur Bluetooth speaker yang bisa kamu atur lewat smartphone untuk mendengarkan lagu-lagu favoritmu biar tidak suntuk. Selain itu, Bobobox juga memiliki fitur moodlamp, pantry, musala, communal place, kamar mandi bersama, hingga vending machine. Dengan adanya vending machine ini, kamu gak perlu repot-repot lari ke minimarket untuk sekadar beli minuman dan camilan.

Biar lebih terjangkau, gunakan saja paket longstay dari Bob. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles