Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mulai Perjalanan Wisata Religimu dengan Mengunjungi Masjid-Masjid Terindah di Indonesia Berikut Ini

Kamu sudah pernah ke mana aja nih?

Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia. Tak heran jika banyak masjid yang elok tersebar di seluruh Indonesia. Contohnya adalah masjid terindah di Indonesia berikut ini.

Jika kamu ingin memiliki pengalaman beribadah di tempat yang berbeda, masjid terindah di Indonesia ini bisa kamu kunjungi. Penasaran apa saja? Simak terus di sini ya.

Masjid 99 Kubah – Makassar

masjid terindah di indonesia
Photo by Yusril Dalia on Unsplash

Biasanya, masjid hanya memiliki satu kubah. Namun, tidak dengan masjid terindah di Indonesia ini. Sembilan puluh sembilan kubah menghiasi tempat ibadah umat Islam yang ada di Makassar ini.

Masjid terindah di Indonesia ini dibangun pada tahun 2017 dan dirancang oleh arsitektur ternama sekaligus gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kubah yang mengerucut dari bawah sampai atas ini merepresentasikan asmaul husna, nama-nama Allah yang berjumlah 99.

Tak hanya untuk beribadah, masjid seluas 3.024 meter persegi ini sering dikunjungi wisatawan sebagai destinasi wisata religi. Masjid 99 Kubah berada di Kawasan CPI, Kota Makassar.

Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang, masjid terindah di Indonesia

masjid terindah di indonesia
Photo by Febrian Zakaria on Unsplash

Nama masjid agung memang pantas diberikan kepada Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang berlokasi di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang ini bisa langsung kamu lihat kemegahannya.

Dibangun pada tahun 2001, masjid terindah di Indonesia ini dirancang berdasarkan arsitektur Jawa, Romawi, dan Arab. Pada bagian tiang, kamu bisa melihat motif batik yang merepresentasikan seni tradisional Jawa.

BACA JUGA: Siap-Siap Dibikin Takjub Oleh 7 Masjid Paling Unik Di Indonesia!

Di bagian serambi masjid, kamu bisa melihat payung raksasa persis seperti yang ada di Masjid Nabawi, Kota Madinah. Di bagian dalam, arsitektur Romawi terlihat jelas menghiasi interior masjid.

Selain sebagai tempat salat, masjid terindah di Indonesia ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, syiar Islam, dan wisata religi.

Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki Al-Quran raksasa, perpustakaan, auditorium, museum perkembangan Islam, dan kafe di Menara Asmaul Husna.

Masjid Al Irsyad – Bandung

masjid terindah di indonesia
Instagram/@kotabaruparahyangan

Nuansa modern terlihat jelas dari masjid terindah di Indonesia yang satu ini. Berbeda dengan masjid kebanyakan, Masjid Al Irsyad tidak memiliki kubah atau ornamen lain yang umumnya lekat dengan masjid.

Lagi-lagi, keunikan masjid terindah di Indonesia ini merupakan hasil karya Ridwan Kamil. Salah satu desain yang mencolok dari masjid ini adalah bagian mihrabnya. Area ini dibuat seperti lorong persegi yang menghadap langsung ke area pegunungan yang sangat indah.

Sebuah batu bulat berukir lafaz Allah diletakkan tepat di tengah mihrab sebagai sutrah, penghalang agar tidak ada orang yang lewat di depan imam.

Masjid Dian Al Mahri – Depok, masjid terindah di Indonesia

masjid terindah di indonesia
Photo by Bangkit Ristant on Unsplash

Kamu pasti familiar dengan sebutan Masjid Kubah Emas. Nama asli masjid tersebut adalah Masjid Dian Al Mahri yang berada di Jl. Meruyung Raya, Meruyung, Kec. Limo, kota, Jawa Barat.

Masjid teindah di Indonesia ini sempat menjadi fenomena. Orang-orang pun datang dari berbagai daerah untuk melihat keindahannya.

BACA JUGA: 10 Fakta Menarik Seputar Masjid Istiqlal

Pasalnya, masjid itu memiliki lima kubah utama dan enam kubah menara yang dilapisi emas 24 karat. Bahkan, masjid ini pun sampai disebut sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid Dian Al Mahri sudah ada sejak tahun 1999 yang dibangun oleh pengusaha Hj. Dian dan H. Maimun.

Awalnya, masjid terindah di Indonesia ini hanya digunakan sebagai tempat ibadah keluarga. Namun, pada tahun 2006, masjid ini mulai dibuka untuk umum.

Masjid Islamic Center Samarinda – Samarinda

masjid terindah di indonesia
Photo by Ahmad Ridho on Unsplash

Dari Jawa Barat, kita beralih ke Kalimantan Timur. Di sana, terdapat masjid terindah di Indonesia yang menjadi kebanggaan orang-orang Samarinda, Masjid Islamic Center Samarinda (MICS).

Masjid tersebut berada di Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Lokasinya juga tak jauh dari tepi Sungai Mahakam.

Dibangun pada tahun 2000 dan selesai pada tahun 2008, masjid terindah di Indonesia ini merupakan kedua terbesar di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal.

Kemegahan masjid ini tak hanya terlihat dari luas bangunannya. Desainnya yang kaya akan simbolisme ini membuat jamaah dan wisatawan betah beribadah di MICS. Misalnya, ada Beduk Dua Meter, Menara Rukun Iman, Menara Asmaul Husna, dan Tasbih Anak Tangga.

Masjid Raya An-Nur – Pekanbaru, masjid terindah di Indonesia

masjid terindah di indonesia
Facebook/Masjid An Nur Pekanbaru

Masjid Raya An Nur adalah salah satu masjid terindah di Indonesia dan yang termegah. Dari segi arsitektur, masjid ini memiliki pengaruh dari berbagai gaya, termasuk gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.

Bahkan, masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia karena bangunannya yang mirip. Masjid Raya An-Nur didirikan pada tahun 1968, bersamaan dengan pembangunan infrastruktur Pekanbaru pada saat itu. Salah satu daya tarik dari masjid terindah di Indonesia ini adalah empat bangunan yang memiliki arti tersendiri.

Empat bangunan tersebut menyimbolkan empat sahabat Nabi Muhammad salallahualaihiwasallam yaitu Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Masjid Raya Baiturrahman – Aceh

masjid terindah di indonesia
Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

Tak hanya indah, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi saksi sejarah penduduk Aceh dalam melawan Belanda. Pasalnya, masjid terindah di Indonesia ini pernah dibakar oleh Kolonial Belanda pada 1873.

Hal ini terjadi pada saat Kolonial Belanda melakukan penyerangan terhadap Banda Aceh. Hangusnya masjid terindah di Indonesia ini langsung menyulut amarah penduduk Aceh.

Mereka melakukan perlawan mati-matian untuk mempertahankan masjid terindah di Indonesia yang sudah ada sejak Kesultanan Aceh tersebut.

BACA JUGA: Yuk Kenalan Dengan Gaya Arsitektur Jengki, Desain Bangunan Modern Asli Indonesia Yang Unik Dan Nyeleneh!

Masjid kemudian dibangun ulang atas perintah Jenderal Van Der Heijden untuk meredakan perlawanan yang dilakukan penududk Aceh.

Selain itu, masjid terindah di Indonesia ini juga pernah digempur oleh gelombang tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Masjid Raya Baiturrahman termasuk bangunan yang selamat dan hanya mengalami kerusakan kecil.

Cari hotel yang nyaman dan terjangkau? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like