Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Masjid Paling Unik di Indonesia dengan Keindahan dan Arsitektur Bikin Adem!

Ada yang berbentuk menyerupai kapal, lho!

Bobobox.co.id — Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Muslim. Sebuah masjid biasanya dibangun untuk menampung ratusan bahkan ribuan jemaah. Kebanyakan masjid dibangun dengan arsitektur yang relatif seragam.

Namun, berbeda halnya dengan masjid-masjid satu ini. Pasalnya, masjid yang akan Bob ulas sendiri memiliki arsitektur indah dan unik. Tak sedikit orang yang terkagum-kagum dari desain arsitektur masjidnya.

Kira-kira, masjid mana sajakah yang termasuk masjid paling unik di Indonesia? Berikut ini merupakan tujuh masjid paling unik di Indonesia dengan keindahan dan arsitekturnya yang bikin adem!

Masjid Cheng Ho

Masjid paling unik di Indonesia pertama adalah Masjid Cheng Ho. Seklias, kamu akan seperti kebanyakan orang yang mengira bahwa bangunan dengan dominasi warna merah ini merupakan sebuah klenteng.

Nyatanya, kamu salah. Pasalnya, bangunan tersebut merupakan rumah ibadah untuk umat Muslim yakni masjid. Masjid tersebut berlokasi di Ketabang Genteng, Surabaya yang dibangun pada tahun 2001.

Arsitektur dari bangunan masjid ini didesain dengan memadukan antara kebudayaan Arab dan Tiongkok. Tak mengherankan jika warna merah dengan akses kuning mendominasi hampir keseluruhan bangunan.

Berbicara mengenai sejarahnya, masjid ini dibangun atas wujud rasa syukur dan penghormatan muslim di Surabaya dan Indonesia. Rasa syukur tersebut ditujukan terhadap Laksamana asal Tiongkok yang memeluk Islam.

masjid paling unik di Indonesia
Masjid Cheng Ho via pegipegi.com

Masjid 99 Kubah

Masjid paling unik di Indonesia berikutnya adalah Masjid 99 Kubah. Masjid satu ini adalah salah satu karya dari Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. Jumlah kubah yang ada di masjid sendiri terinspirasi dari jumlah Asmaul Husna.

Soal Ridwan Kamil, jangan heran jika kamu bakal menemukan masjid terunik lainnya di daftar ini yang dirancang oleh pria asal Bandung ini. Pasalnya, ia sendiri termasuk salah satu arsitek yang kerap dipercaya untuk merancang masjid.

Nah, kembali ke Masjid 99 Kubah. Masjid ini berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Dikenal dengan nama lain, Masjid Asmaul Husna, masjid ini tampak begitu megah dan indah saat kamu melihatnya secara langsung.

Keindahan dari masjid ini tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit. Disinyalir, pembangunan masjid dengan arsitek bangunan terunik ini menelan biaya mencapai hampir 160 miliar Rupiah untuk selesai.

Masjid 99 Kubah via celebes.co

Baca Juga: Jangan Sembarangan Jika Berkunjung! Ini Dia 7 Destinasi Wisata Keramat Di Dunia


Masjid Raya Sumatra Barat

Sumatra Barat ‘menyumbang’ perwakilannya pada daftar masjid paling unik di Indonesia kali ini. Masjid Raya Sumatra Barat adalah wakilnya dengan arsitektur yang berbentuk seperti atap rumah minang.

Desain dari masjid yang atapnya menggambarkan bentangan kain ini didesain oleh Rizal Muslimin. Arsitek tersebut berhasil memenangkan sayembara arsitektur masjid ini yang diikuti oleh 323 arsitek.

Kultur tradisional Minang begitu mendominasi dari eksterior bangunan masjid ini. Dengan fakta tersebut, tak mengherankan jika Masjid Raya Sumatra Barat menjadi ikon dari provinsi di Sumatra ini.

Sebagai ikon provinsi, banyak wisatawan yang sengaja datang ke masjid yang mampu menampung jemaah mencapai 5.000 orang. Luasnya yang mencapai 4.430 meter persegi menjadi alasan jumlah tersebut.

Masjid Raya Sumatra Barat via brisik.id

Masjid Al-Irsyad

Seperti yang sempat Bob singgung, Ridwan Kamil bakal sering disebut dalam ulasan ini. Nah, masjid paling unik di Indonesia ini merupakan karya lain dari Ridwan Kamil yang terletak di Padalarang.

Selesai dibangun pada tahun 2010, Masjid Al-Irsyad memiliki bentuk artistik. Masjid ini berbentuk kubus besar dengan nilai filosofis tinggi memiliki lanskap berbentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi masjid.

Keunikan dari bangunan ini tak hanya datang dari sisi eksteriornya saja. Desain interiornya pun begitu menakjubkan. Keindahan interior Masjid Al-Irsyad membuat orang-orang dibuat betah berlama-lama.

Desain interior dan eksterior yang mengagumkan tersebut membuat masjid ini terpilih sebagai bangunan terindah sedunia pada tahun 2010. Di samping itu, sang aristek pun diganjar penghargaan pada tahun 2018.

Masjid Ar-Irsyad via gomuslim.co.id

Masjid Al Safar

Masih dari karya Ridwal Kamil, masjid ini termasuk salah satu masjid paling unik di Indonesia. Masjid yang dimaksud adalah Masjid Al Safar yang berada di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88.

Dibangun pada tahun 2010, desain arsitekturnya yang nyentrik membuat masjid ini menjadi buah bibir. Bahkan, beberapa orang mengganggap bahwa desain masjid ini sebagai simbol illuminati karena bentuk segitiga.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat tersebut menyebutkan bahwa masjid yang mampu menampung sekitar 1.200 jemaah ini disebut “mengadaptasi bentuk topi adat (Iket Sunda).”

Arsitekturnya yang begitu menakjubkan membuat masjid ini masuk nominasi arsitektur terbaik dari Albulatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Selain itu, masjid ini didesain bersama Urbane Indonesia.

Masjid Al Safar via @masjidreview/Instagram

Baca Juga: 10 Museum Teraneh Yang Ada Di Seluruh Dunia


Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid paling unik di Indonesia lainnya. Masjid kebanggan masyarakat Semarang ini juga termasuk salah satu tempat wisata hits Kota Lama Semarang 2021.

Keindahan desain arsitekturnya siap membuatmu terpesona. Tak heran jika banyak wisatawan luar kota yang sengaja meluangkan waktunya ke masjid ini dan berdiam diri dalam waktu yang relatif lama.

Selain menjadi tempat melaksanakan ibadah untuk umat muslim, Masjid Agung Jawa Tengah memang terkenal akan keindahannya. Masjid ini akan memancarkan keindahan yang tak terlupakan saat malam menjelang.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengunjungi masjid ini saat waktu Ashar. Selain melaksanakan salat, kamu pun bisa menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan jepretan masjid yang mengagumkan.

Masjid Agung Jawa Tengah via muslimobsession.com

Masjid Kapal Semarang

Masjid paling unik di Indonesia terakhir di daftar ini adalah Masjid Kapal. Bisa jadi, bangunan masjid ini lain daripada masjid lainnya karena bangunannya memang benar-benar unik dan jarang ditemukan.

Pasalnya, bangunan dari masjid Semarang ini berbentuk menyerupai sebuah kapal. Keunikan arsitektur bangunannya membuat masjid ini dikenal juga dengan sebutan Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh.

Dibangun pada tahun 2015, Masjid Kapal ini sebenarnya memiliki Masjid Safinatun Najah. Namun, dengan bentuknya yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid ini kerap kali dikenal dengan nama Masjid Kapal.

Tak hanya eksterior masjidnya berbentuk masjid, keunikan lainnya dari masjid ini adalah kolam air yang mengelilingi air. Hal tersebut membuat bangunan masjid ini seolah mengambang di atas air.

Masjid Kapal via qoobah.co.id

Soal Inap Menginap? Jawabannya Tentu di Bobobox

Setelah menentukan destinasi wisata yang kamu tuju, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menentukan akomodasi penginapan selama berlibur nantinya.

Nah, salah satu akomodasi penginapan yang Bob rekomendasikan adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini menawarkan fasilitas keren yang bisa kamu manfaatkan selama menginap namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox secara gratis melalui link ini. Setelahnya, kamu sudah bisa memesan kamar kapsul yang inginkan dengan durasi dan jenis kamar yang kamu inginkan.

Bobobox Pods Malioboro

You might also like