Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Siap-Siap Dibikin Takjub oleh 7 Masjid Paling Unik di Indonesia!

Desain 7 masjid paling unik di Indonesia ini layak dikasih jempol!

Matahari sudah berada di atas kepala. Suara azan pun mulai terdengar. Awalnya satu, lama-lama terdengar bersahut-sahutan dari satu masjid dengan masjid lainnya. Fenomena waktu dzuhur seperti ini tentunya sudah nggak asing lagi untuk kita. Ya, karena bicara soal demografi dan agama, mayoritas penduduk Indonesia adalah penganut agama Islam. Dilansir dari Statista, negara kepulauan ini punya sekitar 272,25 juta penduduk di tahun 2021. Dari total populasi Indonesia, menurut Muslim Pro, 87% populasi adalah muslim, yaitu sekitar 222 juta orang.

Dengan populasi muslim yang melimpah, nggak heran kalau kita bisa menemukan banyak masjid dan musala dengan mudah. Rumah-rumah ibadah ini tersedia di berbagai daerah dan tempat untuk memenuhi kebutuhan beribadah umat muslim. Dari mal, restoran, sampai rest area tol, nggak susah deh kalau mau cari tempat untuk beribadah. Namun, masjid nggak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah juga, lho. Beberapa masjid juga memiliki pusat studi yang komprehensif.

masjid paling unik di indonesia
Credit: Rhmtdns via Wikimedia Commons

Nah, di artikel ini Bob mau bahas soal masjid paling unik di Indonesia. Sebetulnya, kalau bicara soal bilangan, masjid paling unik di Indonesia jumlahnya tentu sangat banyak. Gimana nggak? Dilansir dari Bangkok Post, di Indonesia ada lebih dari 258 ribu masjid besar. Ini belum termasuk lebih dari 295 ribu masjid kecil atau musala berkapasitas maksimal 40 orang. Subhanallah! Nah, daripada listicle ini terlalu panjang, Bob sudah kerucutkan menjadi 7 masjid yang tersebar di Indonesia. Apa aja pilihannya? Dari nomor satu, ya!

1. Masjid Raya Sumatra Barat (Padang, Sumatra Barat)

Bukan hal asing kalau masjid kota atau masjid provinsi punya ukuran yang besar dan desain yang megah. Salah satunya adalah Masjid Raya Sumatra Barat yang berada di Padang. Namun, ada yang unik dari masjid ini. Dilansir dari Travel Detik, masjid yang dibangun pada tahun 2007 ini mengusung gaya arsitektur Minangkabau. Atapnya pun menyerupai atap rumah gadang. Keren banget!

masjid paling unik di indonesia
Credit: Surya Agung Perdana via Pinterest

Selain itu, masjid ini pun dirancang agar tahan gempa hingga 10 skala Richter. Seperti yang kita tahu, gempa besar sempat mengguncang Padang di tahun 2009. Dengan desain ini, semoga masjid bisa tetap berdiri kokoh. Dilansir dari Aminef, Masjid Raya Sumatra Barat memiliki luas bangunan 18 ribu meter persegi. Masjid ini juga bisa mengakomodasi sekitar  20 ribu orang. Kalau kamu main ke Padang, jangan lupa berkunjung ke masjid paling unik di Indonesia ini, ya!

2. Masjid Agung Oesman Al-Khair (Kayong Utara, Kalimantan Barat)

Masjid paling unik di Indonesia yang berikutnya ada di pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan. Lebih spesifik lagi, Masjid Agung Oesman Al-Khair ini berdiri di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Dilansir dari Antara News, masjid ini dibangun pada tahun 2012 dan diresmikan pada tahun 2016. Usianya masih cukup baru, ya. Masjid unik ini juga dibangun di tepi laut, lho! Konon, masjid ini didesain menyerupai masjid terapung di Jeddah, Arab Saudi.

masjid paling unik di indonesia
Sumber: sitimustiani.com

Keunikan Masjid Agung Oesman Al-Khair nggak sampai di situ! Dilansir dari News Detik, masjid ini mengusung gaya arsitektur Maroko pada interiornya. Eksteriornya sendiri tampil megah dan mewah dalam balutan warna putih. Dengan luas bangunan 50 x 50 meter, masjid ini bisa menampung sekitar 3.000 orang. Di malam hari, masjid ini tampak seperti istana cantik di tepi laut. Pokoknya, Instagrammable dan worth visiting deh!

3. Masjid Cheng Ho (Surabaya. Jawa Timur)

Masjid Cheng Ho adalah masjid paling unik di Indonesia yang berikutnya. Berada di ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Masjid Cheng Ho punya desain yang khas. Dilansir dari Travel Detik, masjid ini dibangun sebagai penghormatan terhadap Laksamana Cheng Ho (Zheng He). Masjid Cheng Ho berada di kompleks Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. Dilansir dari Surabaya.go.id, di sini juga terdapat TK, gedung perkantoran, dan tempat les bahasa Mandarin. Cocok deh buat kamu yang ingin belajar bahasa asing!

masjid paling unik di indonesia
Sumber: KSMTour

Seperti yang kamu bisa duga, keunikan masjid ini ada pada desain arsitekturnya. Masjid Cheng Ho mengusung gaya arsitektur Tionghoa.Dilansir dari Indonesia Kaya, masjid seluas 11 x 11 meter ini dibangun pada tahun 2001. Dari luar, bangunannya tampak seperti kelenteng, terutama dengan pagoda segi delapannya. Warna-warna khas Tionghoa seperti merah dan hijau juga mendominasi bangunan masjid. Poko’e yen dolan nang Suroboyo, ojo lali teko mrene, yo!

4. Masjid Al-Irsyad Satya (Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat)

Masjid paling unik di Indonesia yang satu ini berada di kawasan Bandung Raya, tepatnya Kabupaten Bandung Barat. Dibangun pada tahun 2009, Masjid Al-Irsyad Satya berada satu kompleks dengan Al-Irsyad Satya Islamic School. Dilansir dari situs resmi Kota Baru Parahyangan, masjid ini didesain oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Masjid Al-Irsyad Satya juga dibangun di atas lahan seluas satu hektare dan bisa menampung sekitar 1.000 orang.

masjid paling unik di indonesia
Sumber: Situs Simas Kemenag

Ciri khas masjid paling unik di Indonesia ini adalah desain kubusnya yang simpel, tapi mengagumkan. Di bagian fasadnya, terdapat kalimat syahadat yang terbentuk dari concrete block. Interiornya pun nggak kalah keren! Mimbarnya memiliki desain futuristik. Masjid ini juga punya konsep terbuka yang menghadirkan pesona danau dan pepohonan sehingga menawarkan pengalaman beribadah yang lebih syahdu. Duh! Tenang rasanya!

5. Masjid Dian Al-Mahri (Depok, Jawa Barat)

Kalau masjid paling unik di Indonesia yang satu ini sih, wah, shining shimmering splendid, deh! Berada di Depok, Masjid Dian Al-Mahri terlihat seperti istana megah. Dilansir dari CNN Indonesia, masjid megah ini dimiliki oleh keluarga Hj. Dian, pengusaha asal Banten, dan dibangun pada tahun 1999. Masjid ini dikenal pula dengan sebutan masjid emas. Pasalnya, kubah-kubahnya dilapisi emas asli 24 karat. A-MA-ZING!

masjid paling unik di indonesia
Sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Masjid Dian Al-Mahri juga masuk ke daftar masjid terbesar di Asia Tenggara. Dilansir dari Kompas, masjid ini punya luas sekitar 8.000 meter persegi. Dengan luas tersebut, Masjid Dian Al-Mahri bisa menampung hingga 20.000 jemaat, lho! Oh, ya! Nggak hanya eksteriornya. Interior masjid pun nggak kalah mewahnya. Di area utama masjid, terdapat chandelier kristal seberat 8 ton yang konon didatangkan langsung dari Italia. Relief-relief di dalam masjid juga dihiasi dengan emas.

6. Masjid Istiqlal (Jakarta Pusat, DKI Jakarta)

Bicara soal masjid paling unik di Indonesia, nggak lengkap kalau Bob nggak menyertakan masjid yang satu ini. Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid yang wajib kamu sambangi saat berlibur di Jakarta. Bertetangga dengan Katedral Jakarta, masjid ini menjadi simbol harmonisme keberagaman di Indonesia. Lokasinya yang sangat dekat dengan kawasan Monas dan Stasiun Gambir membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi.

masjid paling unik di indonesia
Sumber: Asean Records.World

Nggak salah kalau menyebut Masjid Istiqlal sebagai salah satu masjid paling unik di Indonesia. Dilansir dari Lonely Planet, masjid yang dibuka pada tahun 1978 ini punya lima lantai. Diameter kubahnya mencapai 45 meter, sementara tinggi menaranya mencapai 90 meter. Yang unik lagi, masjid ini didesain oleh Frederich Silaban, seorang arsitek Katolik. Kerukunan dan persahabatan antarumat beragama seperti ini patut kita tiru. Dengan kapasitas sekitar 200.000 orang, Masjid Istiqlal jadi masjid terbesar di Asia Tenggara.

7. Masjid Agung Kotagede (Kotagede, DI Yogyakarta)

Dan di urutan terakhir masjid paling unik di Indonesia pilihan Bob, ada Masjid Agung Kotagede. Dilansir dari Kompas, Masjid Agung Kotagede adalah masjid tertua di Yogyakarta. Dibangun di tahun 1587, masjid ini usianya lebih tua dibandingkan Masjid Gedhe Kauman. Masjid Agung Kotagede juga masih satu kawasan dengan Keraton Mataram Islam Kotagede. Jadi, para pengunjung yang berwisata ke keraton sering kali mampir juga ke masjid ini.

masjid paling unik di indonesia
Sumber: Good News from Indonesia

Uniknya lagi, masjid ini mencerminkan akulturasi beberapa budaya. Dilansir dari IDN Times, sentuhan-sentuhan Islam, Hindu, Jawa, dan Tionghoa bisa terlihat di masjid ini. Pengaruh budaya Hndu, misalnya, terlihat dari pagar dan gapura yang dihiasi relief seperti pada candi. Di kawasan masjid juga terdapat sebuah pohon beringin tua. Pohon ini dikenal dengan nama “Waringin Sepuh”. Konon, pohon ini bisa memberikan berkah bagi siapa pun yang mau bertapa di bawahnya.

Tertarik Berkunjung ke Ketujuh Masjid Paling Unik di Indonesia Ini?

Kunjungan ke masjid tidak hanya menjadi momen untuk beribadah. Kamu juga bisa menikmati kemegahan dan keunikannya. Bahkan, kamu juga bisa mempelajari sejarah tentang masjid tersebut. Namun, pastikan kamu tetap beribadah dengan khusyuk. Jaga juga ketertiban dan ketenangan saat berkunjung ke masjid-masjid tersebut. Dan yang paling penting, selalu ikuti protokol kesehatan dengan baik, ya! Jadi, liburanmu bisa kamu nikmati dengan aman dan nyaman.

Bicara soal liburan, di Bobobox kamu bisa menikmati staycation yang aman, nyaman, dan terjangkau. Bobobox menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan setiap pod dibersihkan secara menyeluruh. Jadi, kamu bisa merasa lebih tenang deh saat berlibur! Soal fasilitas, Bobobox juga dilengkapi shared bathroom, musala, pantry, communal space, dan vending machine. Bukan hotel kapsul biasa deh pokoknya!

 

Nah, Bobobox juga menawarkan en-suite technology yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel. Jadi, lewat aplikasi Bobobox, kamu bisa mengatur pencahayaan pod, mengakses pod, mengunci pintu, hingga berinteraksi dengan staf dan tamu lain. Seru, ‘kan? Kamu juga bisa melakukan reservasi secara langsung lewat aplikasi Bobobox. Ada beragam promo menarik yang sayang dilewatkan, lho! Jadi, yuk download aplikasinya sekarang!

You might also like