Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Masalah Kesehatan Usia Tua Berikut Sering Ditemukan di Indonesia

Masalah kesehatan usia tua berikut ini nyatanya dapat dicegah!

Kesehatan usia tua menjadi salah satu isu penting yang harus diperhatikan. Pasalnya orang lanjut usia sangat rentan terkena penyakit mengingat daya tahan tubuhnya yang cenderung rendah. Pentingnya kesehatan usia tua bahkan menjadi salah satu alasan di balik peringatan hari lansia atau hari lanjut usia. Hari lanjut usia biasanya diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya. Hari lanjut usia menjadi peringatan akan kepedulian terhadap orang lanjut usia.

Lalu siapa sajakah orang yang masuk kategori lanjut usia? Orang lanjut usia merupakan mereka yang yang telah berusia 60 tahun ke atas. Seperti yang kamu ketahui semakin bertambahnya usia maka kemampuan dan fungsi organ tubuh pun akan semakin menurun. Hal ini membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena masalah kesehatan. Masalah kesehatan usia tua ini tidak hanya meliputi adanya gangguan fisik tetapi juga mental.

Faktanya lansia rentan terkena masalah kesehatan usia tua yang disebabkan oleh tekanan mental dan kecemasan. Bertambahnya usia memang tidak bisa dicegah, namun kamu dan orang tersayang dapat mengurangi kemungkinan mengalami gangguan kesehatan di masa tua dengan menerapkan pola hidup sehat. Lalu apa yang terjadi jika tidak menjalani gaya hidup yang sehat? Hal ini akan membuat seseorang rentan terkena masalah kesehatan usia lanjut seperti berikut.

kesehatan usia tua

1. Masalah Kesehatan Usia Tua: Osteoporosis

Salah satu masalah kesehatan usia tua yang yang paling sering dialami para lansia adalah kondisi tulang yang menjadi sangat rapuh dikarenakan kepadatan tulang berkurang. Rapuhnya tulang pada lansia kemudian dapat menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan, rentang mengalami memar, dan risiko mengalami patah tulang semakin besar.

Osteoporosis juga seringkali ditemukan terjadi pada wanita yang telah memasuki fase menopause. Untuk mencegah masalah usia tua ini dapat dilakukan dengan menambah asupan vitamin D dan kalsium serta melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan tulang.

2. Masalah Kesehatan Usia Tua: Masalah Penglihatan

Memasuki usia 50 tahun, penurunan dan kerusakan fungsi mata menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi pada lansia. Salah satu penyakit mata yang biasanya menyerang lansia adalah glaukoma. Glaukoma merupakan kondisi peningkatan tekanan zat cair pada bola mata yang kemudian menyebabkan kerusakan saraf optik. Pada kondisi buruk glaukoma dapat menyebabkan kebutaan.

3. Masalah Kesehatan Usia Tua: Penyakit Alzheimer

Seperti yang kamu ketahui bahwa seiring bertambahnya usia kepikunan mungkin terjadi. Bagaimana jika kepikunan ini berada di tahapan atau kondisi yang cukup parah? Alzheimer adalah salah satu penyakit yang rentan menyerang lansia dan merupakan kondisi kepikunan yang cukup serius. Mereka yang terserang Alzheimer memiliki kemampuan dalam mengingat dan berpikir yang rendah.

Gangguan kognitif atau demensia pun merupakan gangguan yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan daya ingat. Untuk mencegah penyakit tersebut beberapa aktivitas seperti membaca, bermain teka-teki, dan belajar bahasa baru dinilai membantu menghindari seseorang dari kepikunan.

olahraga yang salah

4. Masalah Kesehatan Usia Tua: Arthritis (Nyeri Sendi)

Di usia tua adanya rasa nyeri pada berbagai sendi seperti jari, pinggul, lutut, pergelanga tangan, dan tulang punggung umum terjadi. Kondisi nyeri sendi merupakan penyakit arthritis yang bisa dicegah dengan melakukan olahraga teratur dan menjaga berat badan. Saat nyeri sendi terjadi dan tak tertahankan, disarankan untuk tidak memaksakan melakukan berbagai aktivitas berat dan melakukan istirahat sejenak.

5. Masalah Kesehatan Usia Tua: Gangguan Metabolisme Tubuh

Buruknya metabolisme tubuh dapat menyebabkan terjdinya obesitas atau kondisi berat badan belebih pada lansia. Selain obesitas, terganggunya metabolisme tubuh dapat menimbulkan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya sangat disarankan untuk mengontrol asupan makanan dan olahraga teratur sehingga dapat mengurangi terjadinya komplikasi masalah kesehatan usia tua.

6. Masalah Kesehatan Usia Tua: Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Tekanan darah tinggi atau hipertemsi merupakan msalah kesehatan yang seringkali dialami lansia. Faktanya semakin bertambah usia, tekanan darah akan cenderung meningkat. Hal ini merupakan proses alami pada tubuh. Namun penting untuk diketahui jika hipertensi dibiarkan maka dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengatasinya kamu dapat mengurangi kemungkinan terkena hipertensi dengan mengurangi asupan garam. Berolahraga secara teratur, mengontrol berat badan, menghindari stress, dan tidak merokok juga terbukti efektif untuk menghindari hipertensi.

7. Masalah Kesehatan Usia Tua: Diabetes

Masalah kesehatan usia tua selanjutnya adalah diabetes mellitus tipe 2. Faktanya diabetes dapat terjadi kepada siapa saja, wanita atau pria, muda maupun tua. Diabetes terjadi dikarenakan adanya peningkatan kadar gula darah. Kondisi ini membuat lansia dianjurkan untuk melakukan pengontrolan gula darah secara teratur. Diabetes dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi gula pada makanan dan juga minuman, mengurangi konsumsi nitrat, nitrit, dan nitrosamine pada makanan olahan.

8. Masalah Kesehatan Usia Tua: Malnutrisi

Faktor fisiologis seperti fungsi indera pengecapan dan pembauan, kesulitan mengunyah, gangguan usus dan pencernaan lainnya cenderung akan menurun pada lansia. Kondisi ini kemudian dapat memengaruhi napsu makan yang  menyebabkan kurangnya asupan makanan bagi tubuh. Kondisi malnutri dapat memengaruhi faktor kesehatan secara keseluruhan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh terutama bagi para lansia. Jika hal ini terjadi maka lansia akan sangat rentan terkena penyakit.

11. Masalah Kesehatan Usia Tua: Gangguan Kecemasan

Di usia tua kecemasan sering terjadi salah satunya karena perasaan belum siap atas apa yang akan terjadi di masa depan. Hal yang umum dirasakan para lansia adalah seperti kecemasan perubahan ekonomi, kesehatan, kematian dan masih banyak lagi. Gejala yang terlihat dari kecemasan pada lansia adalah perubahan pada perilaku, panik, adanya fobia, dan stres berlebih.

Selain itu perubahan perasaan seperti mudah marah atau temperamen dan menjadi sangat sensitif pun menjadi beberapa gejala lainnya. Untuk mengatasinya diibutuhkan terapi perilaku kognitif seperti terapi bicara dan juga bantuan obat-obatan. Hal yang penting adalah untuk mendampingi dan memberikan perhatian kepada para lansia. Selain kecemasan, lansia pun cenderung mudah merasa kesepian dan merasa sedih saat ditinggal seorang diri.

12. Masalah Kesehatan Usia Tua: Insomnia (Sulit Tidur)

Masalah kesehatan usia tua selanjutnya adalah sulit tidur dan mudah terbangun. Masalah kesehatan usia tua ini seringkali dialami oleh para lansia dikarenakan banyaknya hal atau beban yang dipikirkan. Stres belebih ini kemudian dapat membuat tubuh terjaga semalaman tanpa isirahat cukup dan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Insomnia dapat diatasi melakukan meditasi agar beban pikiran dapat berkurang.

Selain itu penting juga untuk memastikan tempat tidur nyaman untuk digunakan dan suasana di sekitarnya membuat tenang. Bicara mengenai tempat tidur yang nyaman kamu harus coba pengalaman menginap di Bobobox. Kamu bisa berisitirahat di Bobobox untuk mendapatkan kualitas beristirahat yang baik agar terhindar dari gangguan insomnia. Unduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu untuk memesan kamar kapsul pilihan kamu!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.