Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ngidam Sei Sapi tapi Mager Keluar? Masak Sendiri Yuk!

Nggak perlu jauh-jauh keluar, satu porsi sei sapi siap lahir dari dapur rumahmu!

Jika kamu pecinta daging, kamu pasti pernah merasakan makanan tradisional yang belakangan sedang hits. Ya, apalagi kalau bukan sei sapi.

Makanan khas Nusa Tenggara Timur ini kian menjamur dan menjadi favorit banyak orang. Nah, jika kamu juga termasuk penggemar sei sapi, pelajari yuk gimana caranya masak sei sapi sendiri di rumah. Simak terus di sini ya.

Sei sapi itu apa ya?

sei sapi
Photo by Markus Sandhofer on Unsplash

Sei merupakan cara memasak tradisional yang dilakukan oleh masyakarat di Nusa Tenggara Timur. Sebelum dimasak, daging diiris tipis memanjang dengan ukuran kecil. Setelah itu, daging dimasak dengan cara diasapi.

Pada awalnya, masyarakat Nusa Tenggara Timur menggunakan daging rusa untuk dimasak dengan cara sei. Akan tetapi, karena hewan tersebut sudah hampir punah, daging sapi atau babi menjadi bahan utama yang digunakan.

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengasapi daging. Kamu bisa menggunakan alat pengasap elektrik, propana, arang, atau kayu. Nah, mengasapi daging dengan kayu adalah cara yang paling digemari banyak orang. Hal ini dikarenakan aroma yang dihasilkan dari kayu tersebut meresap ke dalam daging dan menimbulkan aroma yang kuat.

Sei sapi juga diasapi dengan menggunakan kayu dan bukan sembarang kayu. Kayu yang digunakan adalah kayu kosambi. Kayu ini tumbuh cukup banyak di Nusa Tenggara Timur sehingga sering digunakan untuk mengasapi. Aroma yang ditimbulkan dari kayu tersebut pun sangat khas sehingga membuat sei sapi digemari banyak orang.

Teknik pengasapan sendiri pada awalnya digunakan untuk membuat makanan tetap awet sebelum adanya lemari pendingin dan zat pengawet.

Cara membuat sei sapi di rumah

sei sapi
Photo by Amruth Pillai on Unsplash

Sei sapi bisa mulai kamu buat dengan cara mengasapi daging. Akan tetapi, sayangnya teknik mengasapi daging bukanlah hal yang mudah.

Kamu membutuhkan tenaga dan alat produksi yang rumit. Hal pertama yang kamu butuhkan adalah tungku api. Karena memasak dengan cara tradisional memberikan cita rasa tersendiri pada makanan. Daging sei sapi tidak bisa dibakar karena akan menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Aromanya akan hilang dan kekhasan rasa asapnya tidak akan muncul. Hal ini dikarenakan alih-alih api, asaplah yang mematangkan daging tersebut. Butuh waktu kira-kira selama 2 jam agar daging bisa dimasak dengan sempurna.

Namun, kamu tidak usah khawatir. Memang membuat sei sapi yang sempurna di rumah terlihat mustahil tapi bukan berarti kamu tidak bisa. Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Pertama mengasapi daging dengan peralatan rumah. Kedua, membeli daging asap yang sudah jadi.

Mengasapi daging di rumah

sei sapi
Photo by Jens Johnsson on Unsplash

Kanal YouTube SORTEDfood memberikan cara yang mudah dan praktis untuk mengasapi daging sendiri di rumah. Alat-alat yang perlu kamu sediakan adalah panci, colander (atau wadah apapun yang memisahkan daging dari terkena api langsung), kertas aluminium, serpihan kayu, dan daun teh.

Setelah daging diiris tipis, kamu bisa menyisihkannya atau membumbui daging tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan panci berukuran besar. Letakkan kertas aluminium di dalamnya. Pastikan bahwa kertas aluminium memenuhi seluruh area bawah panci.

Jika panci sudah terlapisi kertas aluminium, masukkan serpihan kayu dan daun teh. Kedua elemen ini memiliki peran penting dalam memberikan aroma pada sei sapi yang akan kamu buat. Jika ingin otentik, kamu bisa menggunakan kayu kosambi. Kamu juga bisa menggunakan daun teh apapun yang sesuai seleramu.

Kemudian, letakkan daging sei sapi di atas colander atau wadah lain. Nyalakan api besar lalu tutup panci dengan rapat. Jika tutup panci yang kamu gunakan memiliki lubang untuk uap, tutup lubang tersebut dengan plester.

Kamu ingin asapnya tetap berada di dalam panci sehingga bisa meresap ke dalam daging dengan sempurna. Lakukan proses tersebut selama 10 menit.

Setelah 10 menit, matikan api dan angkat panci dari kompor. Jangan buka tutupnya. Kamu harus membiarkannya selama 10 menit lagi agar asapnya bisa meresap dengan sempurna. Jika sudah, keluarkan daging dari dalam panci dan siap-siap untuk menerima ledakan aroma yang luar biasa.

Penting diingat bahwa daging sei sapi kamu belum matang seutuhnya. Langkah selanjutnya adalah menumis daging tersebut dengan bumbu pilihanmu.

Nikmati sajian lezat sei sapi dengan dua bumbu ini

sei sapi
Photo by Pratiksha Mohanty on Unsplash
Sambal luat

Sei sapi biasanya dimakan bersamaan dengan sambal luat khas Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

  • 200 gram cabai rawit merah
  • 1 bungkus terasi
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ikat daun ketumbar
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang

Cara membuat

  • Tumbuk cabai rawit. Pertahankan tekstur yang agak kasar.
  • Setelah itu, masukkan irisan bawang merah, tomat, daun bawang dan daun ketumbar ke dalam wadah berisi cabai.
  • Campur semua bahan hingga merata lalu tambahkan air perasan jeruk nipis.
Sei sapi lada hitam

Selain sambal luat, kamu juga mengkreasikan sei sapi kamu dengan bumbu lain. Slaah satunya adalah bumbu lada hitam. Berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan

  • 5 buah cabe hijau
  • 5 buah cabe merah
  • 1 buah bawang bombay
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan lada hitam

Cara membuat

  • Potong cabai hijau dan merah sesuai selera.
  • Potong bawang bombay sesuai selera.
  • Siapkan wajan yang sudah dituangkan minyak. Panaskan dengan api sedang.
  • Tumis cabai merah, cabai hijau, dan bawang bombay hingga harum.
  • Taburi sedikit garam.
  • Masukkan sei sapi ke dalam wajan lalu aduk hingga rata.
  • Terakhir, masukkan lada hitam lalu aduk kembali hingga rata.

Bagaimana, sudah siap membuat sajian sei sapi sendiri di rumah? Meskipun cukup sulit untuk mendapatkan cita rasa yang asli, setidaknya kamu bisa membuat rasa yang mendekati. Siapkan juga nasi putih, sayur bunga papaya, dan kuah kaldu sebagai pendamping sei sapi kamu. Selamat mencoba!

Tetap bahagia dengan menginap di Bobobox

bobobox

Perut sudah kenyang. Sekarang saatnya untuk liburan. Jika kamu ingin mencoba mencari suasana baru, cobain deh menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya.

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak! Download aplikasinya sekarang yuk!

You might also like