Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Yoga Pada Kesehatan Fisik dan Mental Kita

Namaste!

Untuk kamu yang sering sakit punggung, mengalami masalah tidur atau mencari olahraga yang dapat dilakukan di rumahmu yang nggak ribet, mungkin segudang manfaat yoga ini bisa membantumu. Yoga, yang berasal dari Bahasa Sansakerta yuji, yang berarti persatuan merupakan praktik kuno yang dilakukan untuk mempersatukan pikiran dan tubuh. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi dan pose yang dirancang untuk membantu badanmu lebih rileks dan mengurangi stres. Nah kali ini, Bob sudah rangkumkan beberapa manfaat yoga untuk tubuhmu, yuk kita simak!

 

Manfaat Yoga Bagi Tubuhmu

Melatih Pernapasan

Carl Barcelo – Unsplash

Pranayama merupakan jenis yoga yang berfokus pada anggota tubuh bagian atas dan dada. Manfaat dari jenis yoga ini adalah membatumu mengatasi masalah pernapasan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat yoga yang menggabungkan latihan pernapasan bisa meningkatkan kerja paru-paru dalam menyerap oksigen.

Manfaat yoga ini dapat membantumu membangun daya tahan tubuhmu, mengoptimalkan kinerja dan menjaga paru-paru dan jantung untuk tetap sehat berkat teknik pernapasan dalam setiap gerakannya yang teratur. Beberapa menyebutkan bahwa manfaat yoga yang lain bisa membantu mengatasi asma, meski belum dibuktikan secara klinis.

 

Mengurangi Stres dan Membantu Mengatasi Depresi

Aiony Haust – Unsplash

Yoga dikenal atas kemampuannya untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks. Itu kenapa, banyak yang menyebutkan bahwa manfaat yoga adalah untuk mengurangi stres pada pikiranmu karena gabungan dari gerakan dan perlatihan pernapasan pada yoga mengurangi keluarnya hormon kortisol, atau hormon utama penyebab stres.

Manfaat yoga yang lainnya adalah bisa membuatmu mengurangi kecemasan. Yoga menekankan pentingnya untuk fokus pada kesadaran penuh dan mencari ketenangan, yang bisa membantu mengatasi kecemasan. Beberapa orang pengidap PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) pun disarankan untuk mencoba yoga.

 

Baik untuk Pencernaan dan Membantu Memperbaiki Pola Makan

National Cancer Institute – Unsplash

Siapa sangka, manfaat yoga yang lainnya bisa membantumu punya kebiasaan makan yang sehat? Beberapa penelitian mengatakan bahwa kesadaran penuh saat makan, seperti tidak makan sambil menonton atau memainkan ponsel, dan fokus pada apa yang kita makan bisa membantu menciptakan kebiasaan makan yang baik. Nah, mindfullness yang diajarkan pada yoga bisa membantu kita mempunyai kesadaran penuh saat makan. Kebiasaan makan yang baik ini disebut-sebut dapat mengurangi gula darah. mengurangi berat badan dan membantu menyembuhkan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

Selain itu, pada saat kita stres, tubuh akan lebih mudah mengalami konstipasi. Dengan membantu menekan hormon kortisol, manfaat yoga yang lain bisa membantu kita terhindar dari penyakit pencernaan yang berpotensi untuk menyebabkan kanker usus besar.

 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jordan Bauer – Unsplash

Kualitas tidur yang buruk dapat membuatmu lebih mudah untuk mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, depresi serta masalah-masalah kesehatan yang lain. Manfaat yoga yang lain adalah membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur. Pada saat yoga, tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur kapan kamu tertidur dan terbangun. Hormon ini biasa ditemukan pada susu. Selain itu, yoga membuatmu lebih rileks dan mengurangi kecemasan, sehingga cocok untuk kamu yang sering insomnia.

 

Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas

Wesley Tingey – Unsplash

Jika kamu orang yang ceroboh dan mudah untuk jatuh dan terpeleset atau ingin mempunyai tubuh yang lebih fleksibel agar mudah berolahraga, manfaat yoga ini tepat sekali untuk kamu. Dengan yoga, kamu bisa lebih mengenal tubuhmu sendiri dan menyambungkannya dengan titik tengah keseimbanganmu. Manfaat yoga untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas ini merupakan hal yang bisa kamu kembangkan dengan banyak latihan.

 

Membuatmu Lebih Kuat

Jade Stephens – Unsplash

Manfaat yoga sebagai pelatihan keseimbangan dan fleksibilitas juga akan membantumu untuk menjadi lebih kuat dan punya stamina yang bagus saat berolahraga. Selain manfaat yoga untuk relaksasi, ada juga manfaat yoga lainnya untuk melatih kekuatan dan pembentukan otot seperti Ashtanga atau Vinyasa yoga. Jenis yoga ini mensinkronisasikan pola gerakan dengan pengaturan napas dan cocok untuk kamu yang suka tantangan.

 

Meredakan Migrain

Anh Nguyen – Unsplash

Jika kamu sering mengalami migrain saat kelelahan, manfaat yoga ini akan sangat membantumu untuk menguranginya. Biasanya, gejala migrain diatasi dengan obat-obatan pereda nyeri, meski hanya bersifat sementara. Dengan melakukan pose Marjariasana atau pose kucing, gerakan ini dapat menstimulasi saraf vagus, yang berperan untuk meredakan intensitas dan frekuensi migrain secara bertahap. Selain itu, makin berkurangnya level kortisol pada tubuhmu akan membuatmu lebih rileks, dan akan membantumu mengurangi migrain.

 

Membuatmu Lebih Fokus

Dane Wetton – Unsplash

Salah satu manfaat yoga adalah meningkatkan kinerja fokusmu. Ketika melakukan yoga, kamu diminta untuk bisa konsentrasi dan berada pada saat kini. Latihan seperti itu akan membantumu untuk bisa lebih fokus dalam mengerjakan hal-hal lain. Jika pekerjaanmu membutuhkan pace yang cepat atau kamu merupakan orang yang susah untuk fokus dan konsentrasi, 20 menit yoga Asana seperti Padmasana (pose teratai) atau vrikshasana setiap hari akan sangat membantumu melatih konsentrasi. Selain manfaat yoga yang membuatmu lebih rileks, lambat laun kamu akan mulai bisa membuang pikiran-pikiran mengganggu yang membuatmu cemas dan susah fokus.

 

Membantu dalam Proses Pemulihan Penyakit Kronis

Rawan Yasser – Unsplash

Manfaat yoga selanjutnya adalah membantu tubuh untuk pulih dari berbagai penyakit kronis seperti artritis, sakit punggung dan lainnya. Dalam penelitian Annals of Internal Medicine,  dengan melakukan yoga setiap minggu, orang-orang yang menderita sakit punggung bisa bergerak lebih leluasa dibandingkan dengan perlakuan medis standar untuk kondisi tersebut. Selain membuatmu rileks, manfaat yoga lainnya adalah mengurangi hormon kortisol yang membuatmu stress sehingga kamu bisa lebih fokus dalam pemulihan.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Clay Banks – Unsplash

Yoga bisa membantumu meningkatkan kesehatan, percaya diri, inner peace dan mengurangi stres jika dilakukan secara rajin. Berdasarkan PubMed Central, 135 orang lanjut usia diminta untuk mengikuti yoga, berjalan atau dimasukan ke dalam control group dalam sebuah percobaan. Hasilnya, peserta yang mengikuti yoga dilaporkan adanya perubahan signifikan dalam perkembangan kualitas hidup dan juga mood  yang lebih baik daripada grup yang lain.

Selain itu, penelitian yang sama mengatakan bahwa yoga dapat digunakan untuk mengurangi efek samping dari kemotrapi seperti mual dan muntah-muntah. Yoga juga membantu mereka untuk bisa tidur lebih nyenyak karena menekan hormon penyebab stres.

Dengan melakukan yoga secara rutin, kamu bisa mengenal dirimu dan tubuhmu sendiri lebih jauh. Karena itu, kamu bisa mempunyai ikatan yang lebih erat dengan tubuhmu serta menemukan kedamaian dalam dirimu sendiri. Beberapa orang juga merasakan bahwa melakukan yoga membantu mereka dalam mengatasi adiksi terhadap rokok, alkohol dan lainnya.

 

Tenangkan Tubuh dan Pikiran dengan Staycation!

Nah jika kamu merasa stres, burn-out dan butuh tempat staycation singkat dan mendukungmu berlatih yoga atau meditasi, Bobobox cocok untukmu! Dengan pods yang sunyi dan lampu yang bisa diatur, kamu bisa bebas melakukan yoga tanpa takut diganggu. Selain itu, setiap pods dilengkapi juga dengan Bluetooth speaker dan fitur white noise yang bisa membuatmu mendapatkan pengalaman yang sama seperti melakukan yoga di hutan tanpa harus menguras dompetmu! Yuk download aplikasinya sekarang!

You might also like