Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Serba-Serbi Vitamin D: Sumber, Manfaat Vitamin D, dan Bahayanya Bila Kekurangan

Penuhi asupannya setiap hari, ya!

Bobobox.co.id — Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat vitamin D, kamu wajib memenuhi asupan sehari-hari vitamin D.

Namun, tak semua orang mengetahui bagaimana cara mendapatkan vitamin D. Oleh karenanya, Bob akan membahas mengenai serba-serbi vitamin D mulai dari sumber, manfaat vitamin D, hingga bahayanya bila kekurangan.

Nah, tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan singkat Bob mengenai serba-serbi vitamin D berikut ini. Setelah tahu, jangan lupa untuk penuhi asupan vitamin D yang dianjurkan, ya!

Ini Dia Sumber, Manfaat Vitamin D, dan Bahaya Jika Kekurangan

Sumber Vitamin D

Sebelum membahas manfaat vitamin D, Bob akan membahas mengenai sumber dari vitamin tersebut. Nah, beberapa sumber vitamin D yang memungkinkanmu untuk memenuhi kebutuhan hari vitamin D antara lain sebagai berikut.

1. Sinar Matahari

Seperti yang sudah Bob singgung, Bob akan membahas mengenai sumber sebelum manfaat vitamin D. Nah, salah satu sumber yang memungkinkanmu untuk mendapatkan vitamin D secara alami adalah sinar matahari.

Untuk itu, kamu bisa mendapatkan vitamin D secara alami lewat berjemur di bawah sinar matahari. Usahakan untuk berjemur di bawah sinar matahari pada jam 10 hingga 11 siang dan 2 hingga 3 sore.

Soal durasi, Bob sarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari selama lima hingga lima belas menit setiap harinya. Untuk jaga-jaga, kamu bisa menggunakan sunscreen untuk meminimalisir risiko kanker kulit selama berjemur.

Sinar matahari manfaat vitamin D
Sinar matahari via pexels.com/@pixabay

2. Ikan Berlemak dan Makanan Laut

Sumber vitamin D lainnya adalah ikan berlemak dan makanan laut. Kedua bahan makanan tersebut bisa dibilang sebagai salah satu sumber alami vitamin D terbaik yang bisa kamu temui di pasaran.

Untuk itu, agar mendapatkan manfaat vitamin D, cobalah untuk berbelanja bahan makanan tersebut. Olah untuk dijadikan sebagai menu yang lezat dan sesuai dengan selera semua anggota keluarga.

Beberapa jenis ikan berlemak dan makanan laut yang bisa kamu beli antara lain salmon, tuna, ikan kembung, tiram, udang, ikan sarden, dan teri. Jenis ikan berlemak dan makanan laut ini cukup mudah dibeli.

Ikan laut manfaat vitamin D
Ikan laut via pexels.com/@enginakyurt

Baca Juga: 6 Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Vitamin D


3. Jamur

Jamur menjadi satu-satunya sumber nabati vitamin D. Jamur sendiri dapat memproduksi vitamin tersebut setelah terpapar sinar matahari. Hal tersebut cukup mirip seperti halnya manusia yang berjemur di bawah sinar matahari.

Dari sekian banyak jenis jamur yang perlu kamu konsumsi, jamur liar umumnya mengandung lebih banyak kandungan vitamin D dibandingkan jenis jamur lainnya yang biasa ditanam secara komersial.

Walaupun begitu, kamu patut mewaspai soal jamur liar ini. Jika kamu tidak berhati-hati, hal yang terjadi justru adalah jamur tersebut meracuni tubuhmu karena adanya kandungan racun dari jamur liar yang kamu konsumsi.

Jamur manfaat vitamin D
Jamur via pexels.com/@enginakyurt

4. Kuning Telur

Selain beberapa yang sudah disebutkan, kuning telur pun termasuk salah satu sumber vitamin D. Sehingga, alangkah baiknya jika kamu mulai untuk mengonsumsi kuning telur jika merasa kekurangan vitamin tersebut.

Seperti halnya sumber makanan alami lainnya, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin D yang bervariasi dari kuning telur. Jadi, wajar saja jika kuning telur direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin.

Telur ayam kampung menjadi opsi yang paling tepat untuk dikonsumsi. Telur ayam kampung dipercaya mampu memenuhi setidaknya 20 persen dari kebutuhan vitamin D yang harus kamu dapat setiap harinya.

Kuning telur manfaat vitamin D
Kuning telur via today.com

5. Makanan Lainnya

Dengan sedikitnya bahan makanan alami yang mengandung vitamin D dengan jumlah yang tinggi, nutrisi tersebut sering ditambahkan ke makanan pokok yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Proses tersebut sendiri dikenal dengan istilah fortifikasi. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan asupan nutrisi dan memperbanyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D setiap harinya.

Beberapa makanan pokok yang bisa menjadi pilihan makanan untuk sumber vitamin D antara lain susu sapi, susu kedelai, susu rami, , almon, sereal, beberapa jenis yogurt, tahu, dan jus jeruk.

Yoghurt manfaat vitamin D
Yoghurt via unsplash.com/@wesual

Manfaat Vitamin D

Setelah membahas sumber vitamin D, Bob akan membahas mengenai manfaat vitamin D. Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh jika dipenuhi kebutuhannya setiap hari.

1. Memperkuat Tulang

Manfaat vitamin D pertama adalah memperkuat tulang. Manfaat satu terbilang salah satu manfaat yang paling diketahui dari vitamin D oleh kebanyakan orang karena iklan suplemen di televisi.

Nah, di samping memperkuat tulang, vitamin D bermanfaat untuk mencegah tulang rapuh dan mencegah osteoporosis. Untuk itu, menjaga asupan vitamin D sangatlah penting dari sejak dini.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat vitamin D lainnya adalah menjaga daya tahan tubuh. Khusus di situasi pandemi, menjaga daya tahan tubuh adalah sebuah keharusan guna menjaga tubuh untuk tak mudah sakit.

Vitamin D dapat membantu imun saat tubuh menghadapi infeksi bakteri dan virus berbahaya. Vitamin D pun mampu menunjang kerja sel darah putih dalam melawan patogen sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.


Baca Juga: Pelupa? Coba 10 Minuman Dan Makanan Yang Membantu Ingatan Agar Lebih Tajam


3. Mencegah Risiko Diabetes

Tak hanya itu, manfaat vitamin D lainnya adalah mencegah meningkatnya risiko diabetes tipe 1 dan 2. Pasalnya, vitamin D sendiri membantu tubuh dalam memproduksi hormon insulin.

Hormon insulin tersebut bertanggung jawab mengatur kadar gula darah. Dengan begitu, manfaat vitamin D sendiri dapat mengurangi risiko resistensi insulin yang dapat memicu diabetes tipe 2.

4. Membantu Turunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, cobalah untuk memenuhi asupan vitamin D. Pasalnya, salah satu studi menunjukkan manfaat vitamin D yang mana mampu membantu dalam menurunkan berat badan.

Kombinasi asupan kalsium dan vitamin terbukti lebih efisien dalam membantu turunkan berat badan. Keduanya mampu menurunkan nafsu makan yang berlebihan pada orang dengan kelebihan berat badan.

5. Mengurangi Risiko Beberapa Kanker

Manfaat vitamin D terakhir adalah mampu memperlambat hingga mencegah perkembangan kanker. Dengan begitu risikomu terkena beberapa jenis kanker pun akan berkurang.

Manfaat vitamin D
Manfaat vitamin D via pexels.com/@olly

Penyebab Kekurangan

Setiap harinya seseorang diharuskan untuk mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang mencukupi. Setiap nutrisi dan vitamin memiliki batasan minimal yang harus didapat dan berbeda tiap orangnya.

Misalkan saja, untuk vitamin D, anak-anak, remaja, dan orang dewasa dengan usia sampai 65 tahun perlu mengonsumsi sebanyak 15 mikrogram per hari. Sedangkan untuk lansia di atas 65 tahun asupan yang dianjurkan adalah 20 mcg per hari.

Ada banyak penyebab seseorang akhirnya tidak terpenuhi asupan vitamin ini. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang kekurangan vitamin D yang wajib kamu ketahui agar kamu tak kekurangan vitamin D.

Beberapa kondisi tersebut antara lain menderita alergi susu, berusia lanjut, memiliki berat badan berlebih, mengonsumsi obat-obat tertentu, dan menjalni pola makan vegetarian.

faktor usia vitamin D manfaat vitamin D
Faktor penyebab via magnoliaeye.com

Baca Juga: 6 Faktor Membuat Penyerapan Vitamin D Setiap Orang Berbeda


Bahaya Jika Kekurangan Vitamin D

Setelah membahas manfaat vitamin D, bahasan yang akan dibahas mengenai vitamin D adalah soal bahayanya jika kekurangan. Dengan mengetahui bahayanya, kamu pun diharapkan memenuhi kebutuhan vitamin D setiap harinya.

Saat seseorang kekurangan vitamin D, hal tersebut tidak bisa dianggap remeh. Kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko orang tersebut untuk terkena sejumlah gangguan kesehatan.

Beberapa penyakit yang risiko semakin meningkatkan akibat kekurangan vitamin tersebut di antaranya adalah osteoporosis, radang sendi, TBC, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan lainnya.

Dengan bahaya yang mengancam, Bob pastinya menyarankan semua orang untuk bisa mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan sehari-harinya. Hal ini demi mencegah bahaya vitamin D yang tadi disebutkan.

Penyakit kardiovaskular manfaat vitamin D
Penyakit kardiovaskular via pexels.com/@freestocks

Relaksasi Dirimu dengan Staycation di Bobobox

Relaksasi dirimu dari pikiran yang semrawut dengan staycation di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang bakal berikan kualitas mumpuni untuk beristirahat.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like