Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Vitamin C dan Bahayanya Bila Kekurangan

Meskipun manfaat vitamin C ini banyak, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya ya.

Manfaat vitamin C berikut ini akan memberikan kamu banyak keuntungan dalam menjalani aktivitas harian. Salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam memperkuat imunitas tubuh. Vitamin C juga banyak digemari masyarakat karena ada banyak sekali pilihan sumber vitamin C dan terbilang mudah untuk ditemukan dengan harga yang terjangkau mulai dari buah dan sayuran hingga suplemen.

Namun meskipun terdapat banyak sekali manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C atau overdosis vitamin C juga dapat mendatangkan penyakit. Segala hal yang berlebihan itu pastinya tidak baik, kekurangan vitamin C juga sama berbahayanya. Seperti yang mungkin kamu ketahui manfaat vitamin C adalah membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu pembentukan jaringan ikat.

Manfaat vitamin C yang beragam tersebut bisa kamu dapatkan dari konsumsi buah dan sayur seperti brokoli, strawberry, dan cabai merah. Selain dari sayur dan buah, berbagai manfaat vitamin C ini juga bisa kamu peroleh dari tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan ke dalam air, permen, pil, hingga dalam bentuk suntik vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C secara maksimal dibutuhkan dosis vitamin C secukupnya, tak kurang dan tak lebih.

Apa yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Manfaat Vitamin C?

1. Gejala Kekurangan Manfaat Vitamin C: Kulit Kasar dan Bengkak

Tanda kekurangan manfaat vitamin C pertama yang bisa kamu rasakan adalah kulit yang terasa kasar dan cenderung bengkak. Vitamin C ini faktanya memainkan peran penting dalam produksi kolagen, protein yang melimpah, dan jaringan ikat seperti kulit, rambut, persendian, tulang, dan pembuluh darah.

Saat kadar vitamin Cpada tubuh kamu rendah, maka kondisi kulit yang dikenal sebagai keratosis pilaris dapat berkembang. Keratosis pilaris ini bisa timbul karena tubuh mendeteksi kekurangan manfaat vitamin C. Reaksi ini biasanya muncul setelah tiga hingga lima bulan asupan vitamin C yang tidak memadai dan dapat sembuh dengan suplementasi vitamin C yang mencukupi.

Baca Juga: 10 Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

2. Gejala Kekurangan Manfaat Vitamin C: Folikel Rambut Merah Terang

Gejala kekurangan manfaat vitamin C selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah folikel rambut yang kemudian menjadi berwarna merah terang. Kondisi ini terjadi karena folikel rambut di permukaan kulit mengandung banyak pembuluh darah kecil yang memasok darah dan nutrisi ke area tersebut.

Saat tubuh kamu kekurangan manfaat vitamin C hal yang terjadi adalah pembuluh darah kecil pada permukaan kulit rambut menjadi rapuh dan mudah pecah. Ini merupakan alasan utama munculnya bintik-bintik kecil berwarna merah cerah yang muncul di sekitar folikel rambut. Namun kamu tak perlu panik jika gejala ini terjadi pada kamu. Kamu hanya perlu mengonsumsi suplemen vitamin C untuk dapat mengatasi gejala ini dalam dua minggu.

3. Gejala Kekurangan Manfaat Vitamin C: Sariawan

Kekurangan vitamin C dan vitamin B faktanya dapat menyebabkan sariawan, salah satu penyakit mulut yang paling umum diderita oleh manusia. Untuk mencegah timbulnya sariawan kamu bisa mencoba mengonsumsi vitamin C.

Ini Dia Bahaya Kelebihan Manfaat Vitamin C Pada Tubuh

1. Bahaya Kelebihan Manfaat Vitamin C: Berisiko Memicu Timbulnya Batu Ginjal

Khawatir konsumsi vitamin C secara berlebihan akan membuat vitamin C menumpuk di dalam tubuh kamu? Kamu tak perlu khawatir karena faktanya vitamin C ini berbeda dari vitamin yang lain pada umumnya. Saat kamu mengonsumsi vitamin C secara berlebihan hal ini tidak akan membuat vitamin C menumpuk di dalam tubuh kamu karena kelebihan vitamin C tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk oksalat bersama dengan urin.

Namun dalam beberapa situasi, oksalat bisa terikat dengan mineral dan kemudian membentuk kristal yang berubah menjadi batu ginjal. Meskipun hal ini bisa dibilang jjarang terjadi pada orang yang sehat, risiko gagal ginjal dapat berisiko dialami jika kamu mengonsumsi vitamin C di atas 2.000 mg. Oleh karena itulah sangat penting bagi kamu untuk tidak mengonsumsi vitamin C ini secara berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Vitamin D3 yang Tak Banyak Diketahui! Bahkan Dokter Suka Lupa, Lho

2. Bahaya Kelebihan Manfaat Vitamin C: Diare dan Gangguan Pencernaan

Efek samping kelebihan vitamin C yang umum terjadi adalah gangguan pencernaan seperti kondisi diare dan juga mual. Beberapa gangguan pencernaan tersebut sangat mungkin kamu rasakan terutama saat kamu mengonsumsi vitamin C di luar batas aturan pakai. Dalam kasus buruk overdosis vitamin C juga diyakini dapat menyebabkan penyakit asam lambung.

Pernyataan ini belum dapat dibuktikan secara penuh oleh para ahli namu kamu tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi voitamin C melebbihi aturan dosis seharusnya. Oleh karena itu jika kamu mengalami beberapa hejala gangguan pencernaan seperti diare ataupun mual dan sedang mengonsumsi suplemen vitamin C, kamu bisa segera mengurangi dosis konsumsi vitamin C. Kamu juga bisa mencoba untuk menghentikan konsumsi vitamin C sama sekali dalam beberapa hari.

Manfaat Vitamin C:

3. Bahaya Kelebihan Manfaat Vitamin C: Memicu Ketidakseimbangan Nutrisi

Saat kamu mengalami overdosis vitamin C hal ini membuat kamu berisiko memicu terhambatnya penyerapan nutrisi tertentu seperti vitamin B12 (kobalamin) dan juga mineral tembaga.

4. Bahaya Kelebihan Manfaat Vitamin C: Memicu Osteofit

Bahaya kelebihan mengonsumsi vitamin C yang terakhir adalah meningkatkan risiko kondisi osteofit atau penonjolan tulang yang muncul pada tepi tulang dan biasanya pada sendi. Penonjolan tulang ini terkadang memicu rasa nyeri.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like