Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat menjadi Seorang Vegetarian bagi Kesehatan

Sudah tertarik untuk menjadi vegetarian?

Bobobox.co.id — Berhenti untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar daging memang sangatlah berat. Pasalnya, banyak makanan enak yang disajikan dengan bahan dasar tersebut.

Walaupun begitu, ada pula yang berusaha keras untuk berhenti mengonsumi makanan berbahan dasar daging karena ingin menjadi seorang vegetarian. Vegetarian sendiri adalah pola makan yang bebas dari daging atau ikan.

Sehingga, seorang vegetarian hanya mengonsumsi makanan yang bersumber dari nabati. Dibalik kesulitan yang didapat saat menjadi seorang vegetarian, ada manfaat kesehatan yang bisa didapat.

Berikut ini adalah 10 manfaat yang bisa kamu dapat saat menjadi seorang vegetarian bagi kesehatan tubuhmu. Bisa jadi, beberapa manfaatnya bisa menjadi motivasi lebih untuk menjadi seorang vegetarian.

Mengurangi Berat Badan

Manfaat kesehatan pertama saat menjadi seorang vegetarian adalah berat badan bisa terjaga dengan baik. Bahkan, bagi kamu yang merasa kegemukan, berat badanmu pun bisa berkurang dari gaya hidup sehat ini.

Pasalnya, kamu nantinya hanya akan mengonsumsi buah dan sayur. Keduanya mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menlancarkan sistem pencernaan dan juga membantu dalam membakar kalori.

Beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh Oxford University dan University Hospital Ghen Departmen of Paediatrics di Belgia membuktikan bahwa menjadi vegetarian mampu mengontrol hingga menurunkan berat badan.

Mengurangi Risiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang pastinya hampir semua orang menghindarinya. Salah satunya adalah kamu. Nah, menjadi vegetarian bisa mengurangi risikomu terkena kanker.

Setiap harinya, kamu hanya memakan makanan yang kaya akan serat, antioksidan, karoten, mineral, dan vitamin. Dengan banyak kandungan yang baik untuk tubuh tersebut, maka tampaknya kandungan tersebut akan melindungi tubuhmu dari penyakit jahat.

Salah satu penyakit yang risikonya akan berkurang adalah kanker. Beberapa penelitian pun mendukung hal tersebut. Vegetarian dapat mengurangi beragam risiko kanker seperti kanker perut, usus, pankreas, payudara, dan rahim.

Pikiran menjadi Lebih Tenang

Tidak hanya kesehatan tubuh saja yang mendapatkan manfaat vegetarian, kesehatan pikiran pun mendapat efek positif dari gaya hidup sehat tersebut.

Pasalnya, dengan kamu tidak mengonsumsi daging-dagingan, hal tersebut akan membuat pikiranmu menjadi jauh lebih tenang. Hal tersebut terjadi karena asupan sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Asupan sayuran dan kacang-kacangan yang menghasilkan hormon serotonin sendiri dapat menghasilkan lebih banyak energi, membuat perasaan lebih tenang dan bahagia, berdampak positif terhadap suasana hati.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit menjadi salah satu concern yang sering dikeluhkan oleh kaum hawa. Sehingga, banyak di antaranya yang berusaha dengan keras untuk menjaga kesehatan kulit agar bisa tampil cantik.

Salah satu yang bisa memberi efek positif untuk kesehatan kulit adalah vegetarian. Konsumsi sayuran segar dan mentah menghindarkanmu dari zat AGEs yang menjadi penyebab penuaan dini, keriput, dan peningkatan lemak pada perut.

Selain itu, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak kandungan mineral dan antioksidan. Kedua jenis ini bisa membantumu dalam mempercantik dan menyehatkan kulit.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sulit untuk tidur menjadi masalah yang seringkali harus dihadapi. Seperti halnya suasana hati, tidur pun dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah konsumsi berlebihan bahan makanan yang kadar gulanya tinggi.

Cara untuk menanggulangi hal tersebut sebenarnya cukup banyak. Tidak terkecuali dari vegetarian. Manfaat vegetarian ini termasuk yang jarang diketahui oleh orang banyak padahal manfaatnya sangatlah besar.

Proses pencernaan yang lancar dan cepat menghasilkan kualitas tidur yang mumpuni hingga kamu pun jadi lebih nyenyak. Hal tersebut terjadi karena vegetarian tidak mengonsumsi junk food yang kadar gulanya tinggi.

 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mungkin, manfaat yang satu ini sebelumnya sudah Bob singgung sebelumnya. Manfaat vegetarian untuk kesehatan tubuh adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi berkat sayuran dan buah-buahan.

Banyak sudah mengetahui bahwa buah-buahan dan sayur mayur mengandung serat yang amat banyak. Sehingga, serat sendiri bisa berguna untuk melancarkan sekaligus menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu saja manfaat vegetarian untuk kesehatan pencernaan. Dengan asupan yang ‘hanya’ sayur dan buah, kerja usus dan lambung pun tidak terlalu berat sehingga menghindarkanmu dari penyakit pencernaan.

Meningkatkan Hormon Seksual

Manfaat yang bisa didapat dari vegetarian untuk kesehatan tubuh adalah meningkatkan hormon seksual. Makanan nabati yang biasa didapat dari sayuran dan buah-buahan memberikan manfaat tersebut.

Sayuran dan buah-buahan seperti stroberi, kacang almon, ubu, dan semangka dipercaya mampu meningkatkan libido dan hormon seksual pada tubuh. Hal ini pun ditunjang oleh penelitian yang dilakukan di Ceko.

Pada penelitian tersebut, bau badan seorang vegetarian diakui lebih menarik dibandingkan orang-orang yang sering memakan daging. Selain itu, kualitas spermanya pun lebih baik juga.

Panjang Umur

Meski tidak ada jaminan bahwa menjadi vegan akan membuat Anda selalu sehat, akan tetapi sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang membatasi konsumsi daging dapat hidup lebih lama daripada orang-orang yang mengonsumsi daging.

Seperti yang telah dikatakan bahwasannya sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral di dalamnya yang berguna bagi kesehatan, maka dengan mengonsumsi sayuran berpotensi menyehatkan dan memiliki peluang besar untuk berumur panjang.

Hal ini pernah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Josh Hopskin University pada masyarakat Okinawa di Jepang yang terkenal karena memiliki usia rata-rata harapan hidup di dunia hingga kurang lebih 82 tahun.

Hasil penelitian mengatakan bahwa ternyata rahasia umur panjang salah satunya terletak pada apa yang kita konsumsi. Hasil penelitian membuktikan orang Okinawa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi berupa karbohidrat kompleks serta rendah lemak seperti sayuran.

Membentuk Gaya Hidup Sehat

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, secara otomatis kamu sudah berada di jalur yang tepat untuk membentuk gaya hidup sehat. Hal tersebut terjadi karena asupan lemak dengan kolestrol yang berkurang.

Saat biasanya, kamu memakan daging-dagingan, banyak lemak dan kolestrol yang diterima oleh tubuh. Jika terlalu banyak, keduanya akan berpengaruh negatif untuk kesehatan tubuh.

Lain halnya saat kamu menjadi seorang vegetarian, sayuran dan buah-buahan segar yang kamu konsumsi mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang membuat badanmu jauh lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit.

Terhindar dari Racun Hewani

Manfaat terakhir vegetarian untuk kesehatan adalah menghindarkan tubuhmu dari racun hewani. Daging yang biasanya kamu konsumsi seringkali berasal dari hewan yang disuntuk dengan hormon agar terlebih lebih banyak.

Nah, saat hormot tersebut masuk ke dalam tubuhmu, hormon tersebut akan berformasi menjadi racun yang memiliki kemungkinan dapat membahayakan kesehatan tubuhmu.

Sehingga, dengan kamu menghindari secara total mengonsumsi daging, maka kamu pun bisa terhindar dari racun hewani yang mungkin saja ada di makanan berbahan dasar daging yang akan kamu konsumsi.

Menginap dengan Harga Terjangkau? Bobobox Jawabannya

Mencari akomodasi penginapan dengan harga terjangkau memang sangatlah sulit. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau dengan fasiltas yang tidak murahan.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.