Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Dipercaya Dapat Meredakan Nyeri Menstruasi, Ini Dia 10 Manfaat Tisane Tea

Pernah bingung kenapa artisan tea bahannya aneh-aneh?

Tisane atau herbal tea merupakan istilah yang makin sekarang makin sering terdengar di seputar dunia per-ngeteh-an. Namun sebenarnya, tisane tea bukanlah teh biasa pada umumnya. Teh pada umumnya merupakan minuman seduh apapun yang melibatkan Camellia sinensis, tanaman teh asli. Dalam tisane atau herbal tea, digunakan bahan-bahan lain selain tanaman teh seperti macam-macam bunga dan tanaman lain yang punya berbagai manfaat yang berbeda. Untuk itu, yuk kita cari tahu apa saja manfaat tisane tea ini!

Manfaat Tisane Tea 1: Beberapa Punya Kadar Kafein yang Lebih Ramah dari Kopi

Manki Lim via Unsplash

Untuk kalian yang sedang menghindari kafein, manfaat tisane tea yang pertama ini bisa jadi pertimbangan! Camellia sinensis atau tanaman teh mengandung kafein secara alami. Beberapa tisane tea seperti kayu manis, ginseng atau kulit jeruk punya kadar kafein yang jauh lebih sedikit dari kopi dan dapat digunakan sebagai pengganti kopi sebagai sumber energi. Selain itu, banyak yang beralih kepada tisane tea atau herbal tea sebagai metode pendukung pemulihan penyakit. Dengan minimnya kadar kafein dalam tisane, tentunya akan lebih membuat orang yang mengkonsumsinya merasa lebih tenang.

 

Manfaat Tisane Tea 2: Buat Badanmu Menjadi Lebih Rileks

Nathan Dumlao via Unsplash

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat tisane tea salah satunya adalah minim kadar kafein. Hal ini diakibatkan karena banyak varian tisane seperti chamomile dan lavender yang bahkan tidak punya kadar kafein sama sekali dan punya efek menenangkan. Itu mengapa, banyak orang yang beralih pada tisane tea, apalagi yang hangat, sebagai minuman yang dapat membantu mereka merasa lebih rileks dan tenang. Apalagi kalau diminum saat cuaca dingin, iya nggak?

 

Manfaat Tisane Tea 3: Kaya Akan Antioksidan

Sheelah Brennan via Unsplash

Baihao Yinzhen atau Silver Needle merupakan salah satu jenis tisane white tea dengan kadar antioksidan yang tinggi dari tisane lainnya. Antioksidan ini memunculkan manfaat tisane tea sebagai salah satu pendukung anti radikal bebas yang bisa melindungimu dari kanker. Selain itu, antioksidan ini berfungsi juga untuk memelihara kekuatan imun tubuhmu.

 

Manfaat Tisane Tea 4: Black Tea Bantu Memelihara Kesehatan Kadiovaskuler

Sergey Norkov via Unsplash

Campuran black tea dengan bahan tisane lainnya dapat membantumu memelihara kesehatan kardiovaskuler. Manfaat tisane tea ini ada karena kandungan flavonoid dalam black tea seperti oolong tea. Sifat antioksidan dalam teh seperti yang dijelaskan sebelumnya ini berasal dari flavonoid yang menjadi satgas penghapus radikal bebas dalam tubuh. Karenanya, mengkonsumsi black tea secara rajin akan membantumu memelihara kesehatan kardiovaskuler dan mencegah terjadinya komplikasi jantung.

 

Manfaat Tisane Tea 5: Green Tea Bantu Mencegah Kanker

Randy Fath via Unsplash

Manfaat tisane tea sebagai bahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti pada green tea atau matcha dipercaya sejak lama sebagai minuman yang menyehatkan. Selain itu, polifenol dalam green tea ini pun bisa membantu mencegah kanker. Satuan partikel catechin epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam polifenol tersebut diketahui dapat menghambat pertumbuhan dan replika sel. Hal ini akan membunuh sel tumor yang bisa mengakibatkan kanker pada tubuhmu. Selain itu, green tea punya kalori rendah dan dapat membantumu menjaga kesehatan liver. Jadi, cocok untuk dikonsumsi pada pagi hari jika kalian berencana untuk olahraga.

 

Manfaat Tisane Tea 6: Chamomile Bantu Meredakan Kecemasan dan Membantu Tidur

Tea Creative via Unsplash

Beberapa bunga seperti chamomile tidak mempunyai kadar kafein sama sekali. Itu kenapa, salah satu manfaat tisane tea selanjutnya seperti tisane chamomile adalah membantumu untuk merasa rileks dan mengatasi rasa cemas. Antioksidan dalam chamomile yang bernama apigenin akan bereaksi dengan salah satu reseptor pada otakmu yang akan mengurangi rasa cemas, memperlambat detak jantung dan mengakibatkan kantuk. Hal ini akan sangat membantu juga untuk kalian yang seringkali terkena gejala insomnia untuk membantumu tertidur.

 

Manfaat Tisane Tea 7: Lavender Bantu Meredakan Migrain dan Nyeri Haid

Shuttershock via Best Health Mag

Lavender sebagai teh dikenal punya manfaat tisane tea yang meredakan migrain karena aromanya yang menenangkan. Selain itu, lavender dapat membantu meringankan masalah pencernaan mulai dari diare hingga mual dan kram perut. Sifat anti-inflamasi lavender membantu menenangkan otot perut yang teriritasi, menghilangkan sakit perut. Selain itu, lavender juga punya efek menenangkan yang akan membantumu meredakan nyeri akibat haid.

 

Manfaat Tisane Tea 8: Herbs yang Pahit Membantumu Meredakan Craving

Drew Jemmett via Unsplash

Jika kamu mencoba mencegah diabetes dengan mengurangi gula, atau ingin menghentikan craving merokok dan mengkonsumsi alkohol, manfaat tisane tea satu ini bisa kamu perhatikan. Tanaman herbal seperti ginseng dikenal telah terbukti mencegah pelepasan neurotransmitter dopamin yang diinduksi oleh nikotin atau alkohol. Dopamin adalah hormon yang membuat orang merasa nyaman setelah merokok atau mengkonsumsi alkohol dan merupakan bagian dari proses kecanduan.

 

Manfaat Tisane Tea 9: Peppermint Cocok untuk Meredakan Pilek

Jia Ye via Unsplash

Manfaat tisane tea yang lain adalah beberapa bahannya, seperti peppermint, terbukti dalam mencegah dan meredakan gejala-gejala flu seperti pilek dan batuk. Selain rasa yang khas dan melegakan dari peppermint, mentol dalam peppermint ini pun akan ikut terhirup olehmu, membuat batuk dan tenggorokan menjadi tenang dan lega. Peppermint memiliki sifat yang sama dengan obat batuk dan juga membantu pernapasan dengan menyingkirkan hidung tersumbat. Selain itu, peppermint juga bisa mengurangi rasa sakit, peradangan, dan nyeri tubuh.

Jika dicampur dengan teh kaya antioksidan seperti white tea atau green teapeppermint tea akan membantumu menjada kekebalan tubuh dan kesehatan imunmu. Benar-benar krusial sekali untuk menjaga sistem imun apalagi pada masa pandemi seperti ini. Jika tidak mengalami batuk pilek, peppermint tea ini bisa kamu campur dalam air lemon dan menjadi sebuah minuman yang super segar!

 

Manfaat Tisane Tea 10: Kamu Jadi Bebas Berksperimen

GIlly via Unsplash

Manfaat tisane tea yang terakhir adalah kamu bebas bereksperimen dengan bahan-bahan sesukamu! Meski masing-masing bahan mempunyai rasa dan manfaat yang berbeda, dengan banyaknya bereksperimen, kamu dapat menemukan mana saja yang cocok diseduh bersama dan memberikan manfaat berlebih!

Ingin ramuan tisane tea untuk mengatasi cemas? Coba campurkan bunga chamomile, mawar dan baihao yinzen lalu seduh dengan air hangat. Jika suka manis, tambahkan beberapa sendok madu.

Atau kamu malah butuh sesuatu yang sehat tapi menyegarkan? Seduh bunga telang atau butterfly pea dengan sereh, tambahkan air es dan perasan lemon. Perubahan warna dari air yang biru menjadi ungu karena reaksinya terhadap asam juga asyik untuk ditonton. Selamat bereksperimen!

 

Sedang Staycation Pada Musim Hujan? Seduh Saja Tisane di Pantry Bobobox!

Musim hujan membuatmu cemas karena akan mengganggu staycationmu? Jangan khawatir jika kamu staycation di Bobobox! Selain podsnya yang super nyaman dan higienis, dalam pantry yang disediakan Bobobox disediakan termos yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh tisane tea sesuka hati! Jangan lupa bersihkan ya jika sudah selesai digunakan. Yuk download aplikasi Bobobox untuk mendapatkan informasi tentang promo menarik lainnya! Cek juga virtual tournya di sini!

You might also like