tidur

Jarang Diketahui Orang, Berikut Beberapa Manfaat Tidur Siang

Tidur siang sering dikaitkan dengan kebiasaan anak-anak dan para bayi agar tubuhnya lebih sehat, cepat tumbuh besar, dan untuk memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup. Namun pada dasarnya manfaat tidur siang juga bisa diperoleh orang dewasa. Kebiasaan tidur siang memang kurang populer di kalangan orang dewasa karena kerap kali dianggap mengganggu aktivitas harian.

Banyak juga orang dewasa yang kurang menyukai tidur siang karena merasa tidak ada waktu yang cukup. Padahal jika mengenal lebih jauh tentang manfaat tidur siang Bob yakin deh kamu akan mencoba memulai kebiasaan baik ini. Manfaat tidur ini tak hanya memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh tapi juga terhadap kesehatan mental dan lainnya. Yuk kita simak manfaat tidur siang seperti berikut ini!

Tidur Siang Mampu Meningkatkan Performa Kerja

Manfaat tidur di siang hari yang pertama adalah dapat meningkatkan performa kerja melalui peningkatan kewaspadaan dan performa motorik kamu. Hal inilah yang membuat seseorang cenderung lebih berenergi ketika bekerja setelah melakukan tidur siang sejenak.

Agar mendapatkan manfaat yang satu ini usahakan untuk tidur dengan durasi yang tepat yaitu sekitar 20 menit. Tidur selama 20 menit ini terbukti sangat baik dalam mempertajam ketrampilan dan perhatian kamu. Bagaimana jika tidur di siang hari selama lebih dari 20 menit? Tidur di siang hari lebih dari 60 hingga 90 menit dinilai mampu mengistirahatkan Rapid Eye Movement (RED) sehingga membantu mengurangi rasa lelah pada mata.

Selain itu tidur di siang hari selama 60 hingga 90 menit pun bermanfaat untuk membuat koneksi baru di otak dan menyelesaikan masalah dengan cara kreatif yang baru. Ingat untuk tidur siang secukupnya ya karena jika berlebihan maka dampaknya akan sebaliknya. Tidur siang dengan waktu yang terlalu lama faktanya akan membuat kamu mersa pusing saat terbangun.

tidur siang

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tidur siang untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan daya ingat kamu. Manfaat ini tidak hanya dapat dirasakan anak-anak tetapi juga orang dewasa dan para lansia. Seperti yang kamu ketahui bahwa seiring bertambahnya usia terutama pada orang lanjut usia sehingga akan mengalami penurunan kemampuan memori.

Dilansir dari sebuah studi dari Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat diungkapkan bahwa tidur siang juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu negara yang telah menerapkan konsep ritual tidur di siang hari  untuk anak-anak di sekolah adalah negeri Tirai Bambu, Cina. Berdasarkan berita dari New York Times, para guru di Cina memberi waktu istirahat siang berupa tidur sejenak sebagai salah satu pola hidup sehat.

Mempertajam Kreativitas

Tidur siang sejenak pun ternyata juga memberi dampak yang baik dalam meningkatkan kreativitas kamu.
Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang ahli dari University of California, Sara Mednick, menyatakan bahwa tidur siang sejenak dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur malam.

Hal ini membuat mereka yang tidur saat siang hari menjadi lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang. Manfaat tidur siang terhadap kesehatan ini dapat kamu rasakan karena jumlah produksi serotonin di otak yang meningkat. Peningkatan serotonin pada otak ini kemudian memberi efek peningkatan kreativitas dan pandangan baru yang lebih positif.

Meningkatkan Mood

Kamu merasa hari kamu buruk atau sedang mengalami suasana hati yang berantakan atau merasa tidak nyaman? Kamu bisa coba melakukan tidur di siang hari untuk memperbaiki mood kamu. Menurut hasil riset yang dilakukan pada tahun 2007 berbaring selama 10 menit dapat membawa manfaat berupa peningkatan mood yang lebih baik daripada mereka yang tidak sempat tidur siang. Peningkatan mood atau suasana hati menjadi lebih baik ini merupakan hasil dari peningkatan jumlah hormon serotonin pada otak. Oleh karena itu tidur di siang hari cukup efektif untuk menurunkan tingkat stres, cemas, dan depresi.

Meningkatkan Kesabaran

Saat kamu merasa stres karena beban pekerjaan yang berat kamu akan cenderung lebih mudah merasa panik. Jika kepanikan melanda kamu data mengatasinya dengan tidur di siang hari dalam waktu singkat. Tidur di siang hari sejenak ini faktanya mampu memberi manfaat berupa peningkatan kesabaran seseorang. Fakta ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Michigan, Amerika Serikat melalui perbandingan antara dua kelompok.

Kedua kelompok dalam pengujian ini kemudian mendapat tugas untuk mengerjakan desain geometris yang sulit di komputer. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini menunjukkan bahwa kelompok yang tidur siang mampu bertahan mengerjakan tugas ini sekitar 90 detik. Hasil ini berbanding dengan peserta dari kelompok lain yang tidak tidur siang yang hanya mampu bertahan sekitar 45 detik.

Mencegah Sakit Jantung dan Stroke

Manfaat tidur di siang hari bagi kesehatan lainnya adalah membantu mencegah risiko serangan jantung dan juga stroke. Para ahli menyarankan unuk memberi waktu pada jantung kamu sekitar 20 hingga 40 menit setiap harinya untuk melakukan tidur di siang hari yang terbukti sangat baik dalam menjaga kesehatan. Di siang hari kamu mungkin cenderung merasa lelah dengan berbagai kesibukan aktivitas harian.

Saat kamu sibuk bekerja kamu membiarkan jantung bekerja ekstra setiap hari hingga terlalu lelah dan berdegup lebih kencang. Kondisi ini kerap kali disiasati dengan mengonsumsi kopi supaya tubuh lebih berenergi namun sebenarnya akan membuat jantung mudah sakit. Oleh karena itu jika kamu memang merasa lelah Bob sarankan untuk tidur di siang hari sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan jantung kamu.

Mencegah Diabetes

Di siang hari tubuh akan cenderung terasa lelah setelah beraktivitas dan dapat meningkatkan hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol pada tubuh kemudian berakibat pada peningkatan intoleransi glukosa dan lemak pada perut. Kondisi ini selanjutnya akan melemahkan sistem otot dan imunitas tubuh kamu.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kondisi ini salah satunya adalah dengan melakukan tidur di siang hari sejenak. Tidur sejenak di siang hari akan membantu menurunkan hormon kortisol sehingga pada akhirnya risiko diabetes juga dapat ikut berkurang secara alami. Itulah beberapa manfaat tidur di siang hari yang dapat kamu rasakan dan berdampak baik untuk kesehatan.

Dengan mengetahui informasi ini setidaknya kamu bisa mencoba meluangkan waktu untuk melakukan kebiasaan baik ini.  Ingat untuk tidur secukupnya ya, tidak kurang dan tidak lebih. Jangan lupa juga untuk mulai membiasakan gaya hidup sehat lainnya untuk menunjang kesehatan kamu.

Agar tidur kamu berkualitas pastikan juga suasana tempat tidur kamu nyaman senyaman tidur di Bobobox. Kelengkapan fasilitas Bobobox akan membuat tidur kamu menjadi nyenyak sehingga membuat kamu terbangun dari tidur dalam kondisi bugar dan prima. Yuk unduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu segera untuk melakukan pemesanan kamar kapsul pilihan kamu. Bob tunggu kedatangan kamu di Bobobox kesayangan kamu!

bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles