Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Get Your Pillow! Inilah 5 Manfaat Tidur Siang di Tempat Kerja yang Harus Diketahui!

Manfaat Tidur Siang

Manfaat Tidur Siang — Saat dikejar deadline, kamu tiba-tiba merasa lesu. Hari masih cerah, tetapi kamu sudah sering menguap. Pikiran mulai melanglang buana. Fokus dan semangat semakin menurun. Inspirasi pun tak kunjung datang. Secangkir kopi rasanya tidak juga membantu. Skenario seperti ini tentunya bukan hal yang asing, terutama untuk kamu yang bekerja di kantor. Rasa kantuk yang menyerang tiba-tiba adalah musuh terbesar produktivitasmu.

Saat kamu mulai mengantuk, yang kamu butuhkan adalah istirahat dan tidur siang singkat. Tidur singkat ini lebih dikenal dengan istilah power nap. Mungkin kamu takut dimarahi oleh atasan karena melanggar peraturan di kantor, padahal sebenarnya tidur siang memiliki beberapa manfaat, lho! Meskipun terdengar kontraproduktif, tidur siang sebenarnya memberikan dampak positif bagi mood dan pikiranmu. Dengan demikian, produktivitas dan kualitas kerjamu bisa meningkat.

Untuk kamu yang belum tahu manfaat tidur siang, Bob punya beberapa informasi yang perlu kamu ketahui, nih! Pastikan kamu sudah membaca poin-poin di bawah ini sebelum kamu berwisata ke pulau kapuk, ya!

1. Meningkatkan Ingatan dan Kemampuan Belajar

Sumber foto: https://unsplash.com/@chalis007

Saat berada dalam kondisi lelah, tentunya fungsionalitas tubuh pun berkurang. Jangankan mempelajari hal baru, mengingat sesuatu saja mungkin akan terasa sulit. Padahal, ingatan yang kuat merupakan aspek penting yang dapat membantu produktivitasmu di tempat kerja. Jangan-jangan kamu pun lupa di mana terakhir kali kamu menyimpan pulpenmu?

Nah, salah satu manfaat tidur siang yang harus kamu ketahui adalah meningkatnya ingatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2008 membuktikan manfaat ini. Power nap, bahkan dalam jangka waktu singkat dapat meningkatkan kinerja ingatan deklaratif. Dikutip dari Gizmodo, istilah ini mengacu kepada memori jangka panjang yang terkait dengan kemampuan mengingat fakta dan pengetahuan tertentu.

Dengan kinerja ingatan dan kemampuan belajar yang optimal, kamu bisa mengerjakan tugas-tugasmu di kantor secara efektif. Bahkan, sebuah artikel di Medical News Today membahas hasil penelitian yang cukup mengejutkan. Orang-orang yang tidur siang selama 45-60 menit menunjukkan kinerja ingatan 4-5 kali lebih baik!

2. Memperbaiki Mood

Sumber foto: https://unsplash.com/@dre0316

Rasa kantuk tidak hanya mengurangi fokus, tetapi juga membuat kamu merasa mager. Malas kerja, malas bicara dengan rekan kerja, dan malas melakukan apa pun. Selain itu, deadline dan tekanan pekerjaan juga bisa menghancurkan suasana hatimu. Kamu jadi lebih “galak” dan mudah merasa kesal, apalagi saat merasa lapar. Dalam kondisi seperti ini, kamu akan mengalami apa yang dikenal dengan istilah hangry alias hungry and angry.

Untuk mengusir bad mood jauh-jauh, kamu bisa tidur siang sejenak. Sebuah penelitian di tahun 1986 menunjukkan bahwa tidur siang dan istirahat bisa memperbaiki suasana hati. Bahkan, orang yang tidak terbiasa tidur siang pun bisa merasakan manfaatnya. Power nap memang tidak secara langsung meningkatkan performa kerja, tetapi kamu bisa kembali bekerja dengan mood positif. Kamu akan merasa lebih ceria dan interaksi dengan rekan kerja pun menjadi lebih baik! Say goodbye to mager and baper!

3. Menjaga Kesehatan

Sumber foto: https://unsplash.com/@blubel

Duduk dan bekerja di depan komputer seharian membuatmu pasif. Ditambah dengan pola makan tak teratur atau kurangnya istirahat, gaya hidup seperti ini meningkatkan risiko kesehatan. Individu yang menjalani inactive lifestyle rentan terhadap beragam masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan depresi. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan berolahraga. Namun, siapa sangka tidur siang juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatanmu?

Dilansir dari Fusion Health, tidur siang tiga kali seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit koroner hingga 50%, Selain itu, manfaat tidur siang yang lain mencakup penurunan tingkat stres. Wah, ternyata aktivitas rehat sederhana seperti ini memiliki dampak positif yang besar, ya! Selain merasa lebih segar, kesehatanmu bisa terawat dan fokus pikiran bisa kembali terjaga!

4. Mengembangkan Kreativitas

Sumber foto: https://unsplash.com/@firmbee

Mungkin salah satu tuntutan pekerjaanmu adalah berpikir kreatif. Sayangnya, hal ini tidak mudah dilakukan saat kamu mengantuk dan tubuhmu lesu. Dengan fokus dan fungsi otak yang menurun, kamu akan kesulitan mendapatkan inspirasi. Namun, kamu bisa mengembalikan fokus dan mengoptimalkan fungsi otak saat bekerja dengan tidur siang.

Berkembangnya kreativitas adalah salah satu manfaat tidur siang yang dampaknya cukup besar. Setelah tidur siang, kamu bisa berpikir dengan lebih jernih. Dalam artikelnya, Bradley Young mengutip hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tidur siang sampai bermimpi membuatmu lebih kreatif. Hmm… Siapa tahu ilham datang justru saat kamu sedang tidur siang dan bermimpi.

5. Meningkatkan Kewaspadaan dan Ketepatan

Sumber foto: https://unsplash.com/@ilyapavlov

Dokumenmu mulai dipenuhi typo di sana sini. Stiker “I Love You” untuk pacarmu justru terkirim ke atasanmu. Kamu lupa mengirimkan e-mail untuk klien karena salah melihat jam. Dengan kondisi tubuh yang lelah, tentunya akan sulit untuk tetap waspada. Saat rasa kantuk mulai menguasaimu, inilah waktu yang tepat untuk tidur siang sejenak.

Manfaat tidur siang yang bisa kamu nikmati adalah meningkatnya kewaspadaan dan ketepatan dalam beraktivitas. Saat tidur siang, kamu mengisi kembali energi yang terkuras. Setelah energi kembali penuh dan pikiranmu terasa jernih, salah kirim pesan bisa dihindari. Dokumenmu menjadi lebih nyaman dibaca karena terbebas bebas dari typo. Klien pun tidak akan marah-marah karena kamu telat mengirim e-mail. Intinya, tidur siang dapat membantumu lebih siap bekerja.

Itulah 5 manfaat tidur siang yang bisa kamu rasakan. Sayangnya, tidak semua perusahaan memberikan keleluasaan bagi para pegawainya untuk menikmati tidur siang pada jam istirahat. Namun, kamu bisa mencoba meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya tidur siang di kantor di kalangan rekan kerja.

Tips Tidur Siang di Kantor

Jika kamu ingin menikmati power nap di kantor (tentunya setelah diizinkan oleh atasan, ya!), Bob punya beberapa tips yang bisa kamu coba. Dengan tips-tips ini, kamu bisa memaksimalkan istirahatmu!

1. Aktifkan Mode Senyap pada Ponsel
Sumber foto: https://unsplash.com/@nordwood

Bayangkan kamu merasa terganggu oleh getaran perangkat atau nada dering yang nyaring saat sedang beristirahat. Menyebalkan, bukan? Oleh karena itu, coba aktifkan mode senyap sebelum kamu tidur. Matikan juga getaran ponsel agar kamu tidak terkejut saat ada pesan masuk. Jika memang perlu, kamu juga bisa mematikan ponsel atau gadgetmu.

2. Atur Alarm
Sumber foto: https://unsplash.com/@lukechesser

Tidur siang memang memberikan dampak baik untuk tubuhmu dan produktivitasmu. Namun, jangan sampai kamu kebablasan. Ingat! Kamu masih punya tanggung jawab yang perlu diselesaikan di kantor! Atur alarm agar kamu bisa bangun dan kembali bekerja. Selain itu, perlu diingat bahwa tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sleep inertia. Ini artinya kamu justru akan merasa lesu saat bangun tidur.

3. Nyalakan Musik yang Menenangkan
Sumber foto: https://unsplash.com/@lordmaui

Beberapa orang tidak bisa tidur tanpa ditemani musik. Jika kamu salah satunya, coba putar musik yang menenangkan agar kamu bisa beristirahat. Ada baiknya kamu musik tanpa lirik dengan instrumentasi yang sederhana. Namun, jika kamu lebih nyaman tidur sambil mendengarkan musik yang lebih nyaring, jangan ragu memilih lagu kesukaanmu.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman
Sumber foto: https://unsplash.com/@all_who_wander

Agar suhu ruangan tidak mengganggu istirahatmu, pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman. Jika ruangan terasa dingin, coba gunakan selimut atau kenakan jaket. Kamu juga bisa mengenakan kaus atau kemeja tipis jika udara terasa panas. Yang jelas, pastikan kamu tetap memilih pakaian yang sopan untuk tempat kerja.

5. Pilih Tempat yang Tepat
Sumber foto: https://unsplash.com/@hutomoabrianto

Salah satu tantangan tidur siang di kantor adalah memilih tempat yang tepat. Tentunya tidak semua ruangan bisa kamu gunakan untuk beristirahat. Di sisi lain, tidur di atas meja pun tidak akan membuatmu tubuhmu terasa segar dan nyaman saat bangun. Jika memungkinkan, cari tempat yang tenang agar istirahatmu tidak terganggu. Pilih juga ruangan yang sejuk agar kamu tidak kepanasan.

Nah, untuk kamu yang sering bekerja di NextSPACE Bandung, Bobobox menghadirkan tempat tidur siang yang tepat. Kamu tidak perlu pulang ke rumah atau bersembunyi di bawah meja untuk tidur siang. Sekarang, telah hadir Bobobox Charge! Gebrakan baru dari Bobobox ini akan memfasilitasi kebutuhan istirahatmu di tempat kerja.

Bobobox Charge

Kamu bisa tidur dengan nyaman di pod personal yang dilengkapi beragam fitur modern yang terintegrasi dengan aplikasi Bobobox. Aplikasi ini bisa kamu unduh untuk platform iOS dan Android. Selain tidur siang, kamu juga bisa bekerja di dalam pod atau mendengarkan musik melalui Bluetooth speaker. Keren, ‘kan? Pencahayaan pod bisa kamu atur sendiri sesuai keinginan. Jaringan WiFi yang mumpuni pun akan menyokong produktivitasmu.

Oh, ya! Jangan lewatkan promo menarik di Bobobox Charge! Dengan membeli segelas kopi di NextSPACE, kamu bisa beristirahat selama 1 jam di dalam pod. Untuk menikmati kenyamanan pod ini, kamu harus menjadi anggota UnionSPACE terlebih dahulu. Bobobox Charge hadir di NextSPACE by UnionSPACE yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 11, Bandung. Jadi, sudah siap untuk tidur siang?

Bobobox Charge:

Jl. Trunojoyo No. 11, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Harga: mulai dari Rp35.000/jam (minimal 2 jam)

Pod tersedia: 4 single pod

You might also like
Comments
Loading...