Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Sakit Leher dan Punggung? Yuk Cari Tahu Manfaat Terapi Chiropractic Bagi Kesehatan

Ternyata bisa jadi metode perawatan alternatif lho

Manfaat terapi chiropractic di antaranya bisa meredakan nyeri punggung, leher, dan sakit kepala. Kondisi tersebut sering dialami banyak orang dan terkadang cukup mengganggu. Namun, apa sebenarnya itu terapi chiropractic? Untuk mengetahui lebih lanjut yuk kita sama-sama cari tahu.

Apa itu terapi chiropractic?

manfaat terapi chiropractic
Photo by Toa Heftiba on Unsplash

Menurut situs Mayoclinic, terapi chiropractic adalah sebuah prosedur untuk memanipulasi tulang supaya bisa kembali berfungsi seperti sedia kala. Terapi ini dilakukan oleh seorang chiropractor dengan memberikan tekanan pada sendi-sendi tulang belakang.

Dengan menyelaraskan struktur muskuloskeletal tubuh, terutama tulang belakang, tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri tanpa perlu operasi atau pengobatan.

Manipulasi tulang ini digunakan untuk mengembalikan mobilitas sendi yang terbatas akibat cidera jaringan yang disebabkan oleh jatuh atau stres berulang seperti posisi duduk yang kurang tepat.

Biasanya, terapi chiropractic ini diasosiasikan dengan bunyi kretek yang timbul saat penyesuaian dilakukan. Bunyi tersebut tak hanya meninggalkan rasa rileks pada tubuh namun juga puas saat mendengarnya. Bahkan, konten-konten chiropractic di YouTube cukup populer karena alasan tersebut.

Terapi chiropractic juga biasanya digunakan sebagai alternatif pereda nyeri untuk otot, sendi, tulang, dan jaringan ikat, seperti tulang rawan, ligamen, dan tendon. Menurut situs Healthline, berikut adalah beberapa manfaat terapi chiropractic.

Manfaat terapi chiropractic: meredakan nyeri leher

Duduk berjam-jam seharian, sering menunduk, atau salah posisi tidur dapat menyebabkan nyeri leher. Nah, manfaat terapi chiropractic dapat membantu kamu meringankan sakit leher tersebut dengan menyelaraskan kembali tulang belakang dan mengurangi ketegangan pada otot leher.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari situs Healthline, manipulasi tulang belakang yang dilakukan selama 12 minggu lebih efektif daripada pengobatan.

Setidaknya, manfaat terapi chiropractic ini dapat membantu mengurangi nyeri leher dalam jangka pendek dengan memodifikasi kadar neuropeptida dalam darah. Neuropeptida adalah protein yang dibuat di sistem saraf yang berfungsi sebagai neurotransmiter atau hormon.

BACA JUGA: Jangan Sampai Terkena. Ini Dia 7 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Mengurangi kecanduan obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri sering diberikan kepada orang yang menderita nyeri kronis. Namun, penggunaan obat pereda nyeri dalam waktu lama dan dosis yang berlebih bisa mengakibatkan serangan jantung.

Untuk mengurangi penggunaan obat pereda nyeri seperti opioid, terapi chiropractic adalah alternatif yang bisa dilakukan. Orang yang mendapatkan manfaat terapi chiropractic cenderung lebih sedikit diberikan resep opioid untuk mengatasi rasa sakit dibandingkan yang hanya mengandalkan obat pereda nyeri.

Manfaat terapi chiropractic: meredakan nyeri punggung

Manfaat terapi chiropractic lain adalah untuk mengobati nyeri punggung jangka pendek atau kronis. Menurut American College of Physicians orang dengan nyeri punggung bawah kronis disarankan untuk terlebih dulu mencari perawatan non-obat sebelum minum obat untuk mengobati rasa sakit. Salah satunya adalah dengan melakukan terapi chiropractic.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa manipulasi tulang belakang memiliki hubungan dengan peningkatan moderat pada nyeri dan fungsi punggung jangka pendek dibandingkan dengan pengobatan plasebo selama enam minggu.

Manfaat terapi chiropractic: berpotensi mengurangi gejala osteoarthritis

Osteoarthritis disebabkan oleh degenerasi tulang rawan pada sendi yang menyebabkan ujung tulang bergesekan. Salah satu manfaat terapi chiropractic yaitu dapat membantu menyelaraskan sendi dan mengurangi pergesekan tulang.

Akan tetapi, penelitian tentang manfaat manipulasi chiropractic untuk osteoarthritis masih belum banyak dilakukan. Meskipun begitu, terapi chiropractic dapat membantu memperlambat perkembangan radang sendi.

Manfaat terapi chiropractic: meredakan sakit kepala

Manfaat terapi chiropractic bisa efektif untuk mengobati sakit kepala karena tegang dan sakit kepala yang berasal dari leher.

Menurut sebuah jurlan yang diterbitkan di BMC Musculoskeletal Disorders, manipulasi tulang belakang leher dan dada bagian atas cenderung lebih efektif daripada olahraga untuk menghilangkan rasa sakit pada orang dengan sakit kepala kronis.

Manfaat terapi chiropractic: perawatan alternatif untuk nyeri punggung kronis

Manfaat terapi chiropractic adalah alternatif yang lebih terjangkau daripada perawatan konvensional untuk mengatasi nyeri punggung bawah kronis. Orang yang menerima perawatan chiropractic tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih dibandingkan jika ia mendapatkan perawatan konvensional.

Manfaat terapi chiropractic: mengurangi gejala skoliosis

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Physical Therapy Science, manfaat terapi chiropractic dapat membantu memperbaiki sudut Cobb pada penderita skoliosis. Sudut Cobb adalah ukuran kelengkungan tulang belakang dari sisi ke sisi yang biasanya ditemukan pada penderita skoliosis.

Sudut Cobb 10 hingga 20 derajat dianggap sebagai skoliosis ringan. Sudut Cobb 20 hingga 40 derajat dianggap skoliosis sedang. Sudut Cobb lebih besar dari 40 derajat menujukkan kondisi skoliosis parah.

Manfaat terapi chiropractic: membantu memperbaiki postur tubuh

Menjalani perawatan chiropractic bisa membantu kamu memperbaiki postur tubuh yang buruk. Manfaat terapi chiropractic ini bisa dirasakan teruma jika kamu terlalu banyak duduk dan memiliki postur hyperkyphosis.

Postur ini dikenal juga dengan postur bukngkuk (hunchback). Postur ini biasanya mengacu pada tulang belakang yang memiliki lengkungan tidak normal. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita lansia dan sering dikaitkan dengan osteoporosis.

Bagaimana terapi chiropractic dilakukan?

manfaat terapi chiropractic
Photo by Conscious Design on Unsplash

Sebalum kamu mendapatkan perawatan, chiropractor akan mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan dan melakukan pemeriksaan fisik. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah kamu bisa mendapatkan manfaat terapi chiropractic atau tidak.

Menurut situs Mayoclinic, jika kamu memiliki riwayat berikut ini, kamu tidak disarankan untuk mendapatkan manfaat terapi chiropractic:

  • Osteoporosis kronis
  • Mati rasa, kesemutan, atau tidak bisa bisa menggerakan lengan atau kaki
  • Kanker tulang belakang
  • Peningkatan risiko stroke
  • Kelainan tulang di leher bagian atas

Saat terapi chiropractic dilakukan, chiropractor akan menempatkan kamu pada posisi tertentu untuk melakukan terapi di area yang bermasalah. Biasanya, kamu akan diposisikan berbaring telungkup di atas meja.

Chiropractor akan menggunakan tangannya untuk membarikan tekanan yang terukur pada sendi. Kamu akan mendengar suara retakan saat chiropractor menggerakkan sendi selama sesi perawatan.

Setelah prosedur, beberapa orang mengalami efek samping ringan selama beberapa hari. Efek samping ini termasuk sakit kepala, kelelahan atau nyeri di bagian tubuh yang dirawat.

BACA JUGA: Lelah Setelah Hari Yang Panjang? Coba Beristirahat Sambil Merasakan Manfaat Lilin Aroma Terapi

Temukan sensasi baru menginap di hotel kapsul bersama Bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like