Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatanmu Sehari-Hari

Semoga bermanfaat ya!

Bobobox.co.id — Sudah sejak lama, teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, salah satu jenis teh ini memiliki kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol.

Tidak hanya itu, teh hijau pun memiliki kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan seperti vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein. Wajar saja jika teh hijau direkomendasikan untuk sering dikonsumsi.

Sekarang ini, pengolahan teh hijau sendiri tidak melulu hanya dalam kondisi panas. Mulai dari londisi dingin, dicampur dengan madu ataupun dijadikan sebagai makanan menjadikan teh hijau cukup populer sekarang ini.

Nah, kembali ke manfaat teh hijau yang sempat Bob singgung. Berikut ini merupakan 10 manfaat yang bisa kamu dapat untuk kesehatan tubuhmu sehari-hari dari mengonsumsi teh hijau.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kesehatan yang pertama dari teh hijau adalah membantumu dalam menurunkan berat badan. Bagi sebagian orang, manfaat yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui.

Teh hijau terbukti merangsang pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kedua hal tersebutlah yang membantumu dalam menurunkan berat badan. Senyawa EGCG dan kafein pada teh hijau yang menjadi catalystnya.

Bahkan, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu bisa meminum jenis teh satu ini sebelum berolahraga. Pasalnya, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang minum jenis teh ini membakar 17% lemak lebih banyak dibanding yang tidak.

manfaat teh hijau berat badan

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya dari teh hijau adalah menurunkan risiko kanker. Kandungan zat antioksidan yang terkandung dari salah satu jenis teh ini mampu untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Pasalnya, sudah banyak diketahui bahwa zat antioksidan mampu menangkal kerusakan oksidatif yang berkontribusi pada pertumbuhan kanker seperti kanker payudara, kaner prostat, dan lainnya.

Setalin itu, kandungan lainnya yang berkontribusi terhadap penurunan risiko kanker adalah polifenol. Polifenol sendiri memiliki peranan yang mampu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker.

Mencegah Diabetes

Mencegah diabetes menjadi manfaat selanjutnya dari teh hijau. Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang menghantui banyak orang saat ini. Hal ini terjadi karena gaya hidup yang tidak terkontrol menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk mencegah penyakit tersebut terjadi kepadamu, teh hijau termasuk salah satu minuman yang dianjurkan untuk diminum secara rutin. Teh ini diketahui bisa meningkatkan kinerja insulin pada tubuh.

Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa orang yang rajin meminum teh hijau memiliki risiko 42% lebih kecil dibandingkan yang tidak. Nah, tidak hanya mencegah diabetes saja, jenis teh satu ini pun mampu menyeimbangkan gula darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu ‘penyumbang’ kematian yang cukup banyak di berbagai negara di dunia. Tak heran jika penyakit satu ini wajib untuk dicegah sebelum benar-benar terjadi.

Nah, salah satu manfaat yang bisa diambil dari jenis teh ini adalah menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Bagi kamu yang tidak tahu, penyakit kardiovaskular sendiri termasuk penyakit jantung dan stroke.

Meminum segelas teh hujau mampu meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah, yang melindungi partikel LDL dari oksidasi. Dengan meminumnya secara rutin, risikon terkena penyakit kardiovaskular pun 31% lebih rendah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Jika kamu termasuk orang yang sering lupa terhadap sesuatu hal, Bob sarankan untuk secara rutin meminum teh hijau. Pasalnya, jenis teh satu ini memiliki manfaat kesehatan yaitu meningkatkan fungsi otak.

Kafein yang terkandung dalam jenis teh ini berperan aktif dalam mendukung fungsi otak. Jadi, saat kafein masuk ke dalam otak, kandungan tersebut akan memblokir neurotransmitter seperti adenosine yang akhirnya membuat fungsi otak meningkat.

Sebenarnya, minuman berkafein sendiri bisa dijumpai selain teh hijau seperti halnya kopi. Namun, kafein yang terkandung dalam teh hijau lebih sedikit dibandingkan yang ada di kopi. Hal tersebut membuat respon yang dihasilkan tidak memiliki efek samping seperti gelisah.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Kulit menjadi salah satu hal yang sering diperhatikan oleh seorang wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang berusaha dengan berbagai cara untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan kosmetik.

Padahal, ada cara alami yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kesehatan kulit yang baik. Cara alami tersebut adalah mengonsumsi teh hijau secara rutin. Pasalnya, teh hijau memiliki kasiat yang baik untuk kulit.

Beberapa penelitian pun mengonfirmasi fakta tersebut. Faktanya adalah saat mengonsumsi teh hijau, hal tersebut akan meningkatkan elastisitas kulit wajah, mengatasi inflamasi, dan menghilangkan noda luka yang membekas di kulit wajah.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bau mulut dan kerusakan gigi bisa menjadi salah satu mimpi buruk yang dimiliki oleh setiap orang. Tak jarang banyak orang yang menghabiskan banyak uang untuk menjaga kesehatan gigi.

Cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan meminum teh hijau. Jenis teh satu ini mengandung katekin yang memiliki manfaat untuk kesehatan mulut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa katekin dapat menekan pertumbuhan bakteri pada mulut. Tidak hanya katekin, fluoride dan catechins menjadi kandungan lainnya yang bisa menyehatkan gigi dan mulut.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan penyebaran virus corona yang belum ada tanda berakhir, salah satu yang wajib kamu jaga adalah daya tahan tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh menjadi benteng terakhir dari berbagai penyakit.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, antioksidan di jenis teh ini menawarkan efek antibakteri, antijamur, dan antivirus. Ketiga efek tersebut pastinya akan sangat baik untuk mendukung daya tahan tubuhmu.

Hal ini pun dipertegas oleh sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut, kelompok yang diminta untuk meminum teh hijau secara rutin melaporkan kasus sakit seperti demam, batuk, dan flu lebih sedikit dibandingkan yang tidak mengonsumsi teh hijau.

Memperlancar Metabolisme Tubuh

Jika sebelumnya, manfaat dari jenis teh ini adalah menurunkan berat badan, maka yang manfaat berikutnya masih berkaitan dengan manfaat yang Bob tadi sebutkan.

Pasalnya, untuk mendapatkan pembakaran lemak yang sempurna, kamu memerlukan metabolisme tubuh yang baik. Nah, untuk mendapatkannya, salah satu cara alami yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi teh hijau.

Dalam segelas teh ini, kamu bisa mendapatkan zat yang di mana efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga, dengan metabolisme tubuh yang baik, lemak di tubuhmu pun bisa terbakar dengan cepat.

Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata atau biasa juga dikenal dengan sebutan mata panda seringkali membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi teh hijau.

Kandungan antioksidan dan tanin yang terkandung dalam segelas teh ini bisa memberikan manfaat untuk mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran di bawah mata yang menyebabkan kantung mata.

Kandungan tersebut bekerja untuk membantu dalam menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata. Hal tersebut akhirnya yang mampu mengurangi peradangan dan pembekakkan.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Mencari penginapan yang nyaman untuk diinapi memang sulit. Apalagi dengan harga yang terjangkau. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada Bobobox yang bisa menawarkan kedua hal tersebut.

Hotel kapsul ini menawarkan harga yang bersahabat dengan kantong namun dengan fasilitas yang keren dan modern. Informasi lebih lanjut soal Bobobox bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like