Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Butuh Liburan? Simak 10 Manfaat Staycation sebagai Solusi Terbaikmu!

Beragam manfaat staycation yang kamu mungkin tidak sadari.

Apakah kamu akhir-akhir ini sering merasa nggak semangat? Mager saat di rumah? Produktivitas ikut menurun? Kemungkinan besar kamu sedang bosan. Ya, rasa bosan memang kita alami sesekali dan wajar terjadi. Kebosanan, seperti dilansir dari Healthline, dipicu oleh kurangnya stimulasi mental, pilihan terkait aktivitas sehari-hari, dan variasi opsi rekreasi. Biasanya, kebosanan bisa dihilangkan dengan mencoba aktivitas-aktivitas mengasyikkan seperti berkunjung ke mal atau nongkrong dengan teman. Namun, kamu juga mungkin jenuh harus datang ke tempat yang sama.

manfaat staycation
Sumber: Amino Apps

Nah, kalau sudah begini, kamu harus mencoba menerapkan beberapa perubahan pada rutinitas sehari-hari. Dilansir dari Greatist, kamu bisa coba memutar musik saat mengerjakan tugas rumah atau sarapan di ruangan yang berbeda. Kamu juga bisa melakukan kegiatan kreatif baru atau berolahraga. Wait! Masih mager dan nggak semangat juga? Wah, kelihatannya sih kamu butuh liburan saat ini.

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang, mungkin liburan jadi kegiatan yang berisiko. Namun, selama kamu bisa mengikuti protokol keselamatan dan nggak bandel, liburan bisa dinikmati dengan aman dan nyaman kok! Kamu juga nggak perlu bepergian jauh untuk berlibur. Menikmati staycation di kota sendiri pun sama serunya kok! Bob punya 10 manfaat staycation buat kalian yang butuh penyegaran. Penasaran ‘kan apa saja manfaatnya? Yuk simak bersama-sama!

1. Me-Time

manfaat staycation
Sumber: Fanpop

Sebetulnya, manfaat staycation yang ini sih tidak perlu diragukan lagi. Baik liburan jarak jauh maupun staycation di dalam kota memberimu kesempatan untuk menikmati me-time. Setelah tubuh, pikiran, dan hati lelah karena kesibukan sehari-hari, kamu berhak menikmati waktu istirahat. Yes! You deserve it! Kamu bisa memanfaatkan momen staycation untuk rehat sejenak dari pekerjaan sambil menikmati hidup. Mau bersantai di pinggir kolam renang? Boleh banget! Maraton film di kamar hotel? Why not? Mengeksplorasi berbagai kawasan di kotamu? Seru tuh! Yang terpenting, raup manfaat staycation sebagai momen untuk memanjakan dan merawat diri.

2. Lebih Ramah bagi Lingkungan

manfaat staycation
Sumber: Reddit

Tahukah kamu bahwa lingkungan juga bisa menikmati manfaat staycation? Ya, staycation bisa disebut sebagai bentuk liburan yang lebih eco-friendly. Situs Regent Waste menyebutkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 75% emisi gas rumah kaca di dunia pariwisata berasal dari penerbangan! Dengan menikmati staycation, kamu nggak perlu bepergian jauh dengan pesawat. Ya, kamu mungkin masih harus berkendara dengan mobil atau motor. Namun, setidaknya dampak negatif terhadap lingkungan bisa kamu kurangi. Jika memungkinkan, coba deh gunakan kendaraan umum saat berlibur. Love yourself, love your earth!

3. Lebih Hemat

manfaat staycation
Sumber: Kpop Chingu

Butuh liburan, tapi ingin menekan pengeluaran? Manfaat staycation yang satu ini bisa kamu rasakan! Dengan berlibur di dalam kota, kamu dapat mengurangi biaya transportasi, lho! Nggak perlu repot-repot cari tiket pesawat atau kereta karena destinasi liburanmu masih satu kota denganmu. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mengurangi pengeluaran. Ya, kalau menggunakan kendaraan pribadi, kamu mungkin hanya perlu menyisihkan uang bensin. Soal biaya makan dan main pun, kamu nggak perlu stres! Kamu pasti tahu restoran atau tempat makan yang mantap dengan biaya terjangkau di kotamu!

4. Mendukung Perekonomian Daerah

manfaat staycation
Sumber: Kompas

Nah, manfaat staycation yang ini mungkin tidak kamu sadari. Saat menikmati liburan di dalam kota, kamu juga bisa turut membangun perekonomian daerah. Seperti dilansir dari Prairie Side, dana yang kamu keluarkan untuk belibur dapat mendongkrak perekonomian di kotamu. Tanpa disadari, kamu membantu menghidupi masyarakat di kotamu yang bekerja di hotel, restoran, atau atraksi wisata pilihanmu. Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak negatif yang signifikan pada perekonomian dan pariwisata global. Nah, dengan menikmati staycation, kamu bisa membantu memulihkan kondisi perekonomian kota.

5. Persiapan Lebih Simpel

manfaat staycation
Sumber: Wallpaper Cave

Manfaat staycation atau—tepatnya—kelebihan berikutnya adalah persiapan yang relatif lebih simpel. Coba deh pikirkan kembali alasan kamu berlibur. Kamu ingin menghilangkan rasa bosan dan beristirahat dan kesibukan sehari-hari, ‘kan? Tentunya kamu nggak mau sampai makin pusing karena harus mengurus persiapan liburan. Dengan staycation, kamu nggak perlu repot-repot mencari tiket pesawat atau kereta dan membandingkan harga per tanggal. Pemilihan tujuan wisata juga bisa dilakukan dengan mudah karena, well, kamu ‘kan warga asli kotamu. Kamu juga bisa pack barang-barangmu, membawanya ke kantor, dan langsung ke hotel setelah pulang kerja!

6. Lebih Dekat dari Rumah

manfaat staycation
Credit: Hwasa (Instagram)

Memang salah satu manfaat staycation berkaitan dengan kepraktisan dari segi jarak. Namun, aspek yang satu ini sebenarnya berhubungan juga dengan kondisi darurat. Semua orang pasti nggak mau liburannya rusak karena masalah atau situasi tertentu. Namun, jika sewaktu-waktu terjadi situasi darurat dan kamu harus segera pulang, staycation memungkinkan kamu untuk ngebut ke tempat tinggalmu. Mendadak harus ke kantor? Don’t worry! Kamu bisa pulang dulu ke rumah untuk mempersiapkan diri, kemudian pergi ke tempat kerja. Nggak perlu cari tiket pesawat atau kereta dadakan deh!

7. Bisa Lebih Mengenal Kota Sendiri

manfaat staycation
Sumber: Soompi

Merasa sudah mengenal kota sendiri dengan baik? Hmm… Manfaatkan momen staycation untuk menjelajahi kawasan-kawasan yang belum familiar. Kamu juga bisa menjadi turis di kota sendiri kalau mau. Sambangi museum, restoran, atraksi wisata, atau landmark terkenal di kotamu. Habiskan waktu seharian sebagai wisatawan dan kenali lebih dalam kota tempat tinggalmu. Ada mal yang belum pernah kamu datangi? Main-main dong ke sana! Belum pernah naik Bandros di Bandung? Hop onto one! Keliling Jakarta pakai Transjakarta? Why not! Aktivitas sederhana seperti ini nggak kalah mengasyikkan kok!

8. Kesempatan untuk Mempelajari Hal Baru

manfaat staycation
Credit: MAMAMOO ID (Twitter)

Manfaat staycation tidak hanya berhubungan dengan kesegaran pikiran dan tubuh, lho! Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru saat berlibur. Manfaatkan momen ini untuk mengikuti workshop atau kegiatan yang bersifat edukatif. Kamu bisa berkunjung ke museum atau galeri seni untuk mempelajari hal baru. Ada acara demo masak? Jangan lewatkan event tersebut! Lumayan, lho! Pulang ke rumah, kamu sudah memiliki keahlian dan pengetahuan baru yang bermanfaat! Siapa tahu kamu juga bisa membawa pulang beberapa karyamu, seperti lukisan atau patung keramik!

9. Momen Berkumpul dengan Teman dan Keluarga

manfaat staycation
Sumber: The Bias List

Berlibur memang mengasyikkan. Namun, liburan bersama teman atau keluarga akan terasa lebih seru! Manfaatkan momen staycation untuk berkumpul dan mengakrabkan diri dengan sahabat dan keluarga tersayang. Selama ini, waktu yang kamu punya mungkin tersita oleh pekerjaan dan kesibukan sehari-hari. Nah, kamu bisa meluangkan waktumu saat staycation bersama teman-teman dan keluarga. Kamu bisa berenang, jalan-jalan, atau makan bareng. Mau malas-malasan di kamar hotel sambil nonton film pun nggak masalah. Yang penting, kamu bisa menikmati waktu bersama orang-orang tersayang.

10. “Pelarian” Cepat

manfaat staycation
Credit: PHIXOVotingTeam (Twitter)

Manfaat staycation terakhir yang juga merangkum beberapa poin di atas adalah peran staycation sebagai “pelarian” cepat. Mungkin kamu pernah merasakan momen saat kamu benar-benar butuh pelarian dari stres dan kebosanan, and you can’t wait anymore. Nah, staycation bisa menjadi quick shortcut untuk melepaskan penat, menikmati suasana baru, dan beristirahat. Karena masih dilakukan di kota yang sama, staycation menjadi bentuk liburan singkat yang praktis dan efektif. Bahkan, seperti dilansir dari Go Travelly, staycation juga lebih ramah “jatah cuti” dibandingkan liburan ke luar kota atau negeri.

Nah, itulah 10 manfaat staycation yang bisa kalian nikmati. Ternyata, liburan singkat di kotamu bisa memberikan banyak kebaikan, ya! Daripada kamu mager terus dan tersiksa dengan kebosanan, coba deh rencanakan staycation seru di kotamu. Kamu juga bisa mengajak teman-teman atau keluarga supaya liburanmu seru! Hmm… Supaya makin seru, nikmati staycation-mu di Bobobox bareng Bob, ya!

Staycation Antimainstream? Di Bobobox Dong!

Bobobox bukan sembarang hotel kapsul, lho! Akomodasi unik ini hadir dengan pilihan pod dengan interior minimalis yang bergaya. Selain itu, setiap pod juga dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Lewat ponselmu, kamu bisa mengakses pod, mengatur pencahayaan, mengunci pintu, dan berinteraksi dengan staf atau tamu lain! Lumayan ‘kan buat nambah teman dan kenalan. Ukuran pod yang luas juga bikin kamu bisa beristirahat dengan nyaman!

Untuk memenuhi kebutuhanmu, Bobobox dilengkapi shared bathroom, pantry, musala, dan communal space. Ada juga vending machine yang menjual beragam minuman. Soal kebersihan, jangan khawatir! Setiap pod dibersihkan secara menyeluruh mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat. Selain itu, hadirnya koneksi internet membuatmu bisa tetap bekerja dari pod atau communal space. Mau maraton film kesayangan juga bisa kok!

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Bobobox, ya! Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Ada beragam promosi menarik yang bisa kamu dapatkan lewat aplikasi. Ingin reservasi? Langsung lewat aplikasi saja! Jadi, yuk download aplikasinya sekarang dan nikmati staycation seru di Bobobox!

You might also like