Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Sparkling Water Bagi Kesehatan!

Pecinta soda wajib tahu nih

Tidak hanya menghilangkan dahaga, ada juga lho manfaat sparkling water lain yang bisa kamu dapatkan. Biasanya orang minum soda untuk meredakan haus di siang bolong.

Namun, minuman bersoda biasanya memiliki gula yang sangat banyak dan tidak baik untuk kesehatan. Itulah mengapa banyak orang beralih ke sparkling water. Penasaran apa saja manfaat sparkling water? Simak terus di sini ya.

Apa itu sparkling water?

Manfaat sparkling water
Photo by Giorgio Trovato on Unsplash

Sparkling water pada dasarnya adalah air biasa. Bedanya, sparkling water diberikan gas karbon dioksida di bawah tekanan sehingga menghasilkan sensasi menyegarkan seperti minuman bersoda.

Selain itu, garam dan mineral biasanya ditambahkan ke dalam sparkling water untuk meningkatkan rasa.

Namun, jangan samakan dengan sparkling water alami yang diambil dari mata air mineral. Air jenis ini biasanya sudah mengandung mineral dan senyawa belerang dari awal. Dikutip dari situs Web MD, berikut adalah manfaat sparkling water dalam kandungan mineralnya.

Sekitar 240 ml sparkling water biasanya mengandung:

Kalori: 0 gram

Lemak: 0 gram

Kolesterol: 0 miligram

Natrium: 55 miligram

Karbohidrat: 0 gram

Serat: 0 gram

Gula: 0 gram

Protein: 0 gram

BACA JUGA: Jaga Kondisi Tubuhmu Dengan Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Dehidrasi Berikut Ini

Manfaat sparkling water: menghidrasi tubuh

Manfaat sparkling water
Photo by Conor Brown on Unsplash

Seperti air pada umumnya, manfaat sparkling juga bisa untuk mencegah tubuh dari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan harian.

Minum sparkling water bisa membantu kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Mengingat tubuh manusia terdiri dari 60 persen air, manfaat sparkling water ini sangat kamu butuhkan. Selain itu, banyak orang meminum sparkling water karena rasanya lebih enak daripada air mineral biasa.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bisa membantu kamu melakukan aktivitas fisik dan mental seharian dengan baik. Tubuh yang terhidrasi juga bisa mengurangi stres oksidatif yang terjadi saat berolahraga. Jadi, tetap terhidrasi dan jangan lupa manfaat sparkling water yang satu ini ya.

Manfaat sparkling water: alternatif minuman bersoda

Manfaat sparkling water
Photo by Mahbod Akhzami on Unsplash

Kalau kamu penggemar minuman manis bersoda namun ingin memperbaiki gaya hidup, kamu bisa mengikuti kata-kata Crisitano Ronaldo, “drink water”. Nah, untuk ke arah sana, kamu bisa mulai dengan mengambil manfaat sparkling water yang satu ini.

Sparkling water bisa menjadi alternatif minuman manis bersoda karena tidak mengandung kalori atau gula. Salah satu yang menyenangkan dari minuman bersoda adalah sensainya dan kamu juga bisa mendapatkannya dari manfaat sparkling water.

Selain itu, minuman bersoda juga bisa merusak lapisan terluar gigi yang disebut enamel. Banyak yang mengira sparkling water juga bisa melakukan hal yang sama. Namun, yang merusak enamel gigi adalah gula.

Bahkan, ada penelitian yang mengatakan minuman ringan bersoda 100 kali lebih merusak enamel gigi daripada air berkarbonasi.

Kamu juga akan meningkatkan risiko terkena diabetes dan obesitas jika minum minuman bersoda terus menerus. Soalnya, kandungan gulanya sangat banyak dan berbahaya bagi tubuh.

Manfaat sparkling water: membuat perut lebih kenyang

Manfaat sparkling water
Photo by i yunmai on Unsplash

Kamu sedang dalam program diet? Selain kopi, minuman yang bisa membantu kamu merasa cepat kenyang adalah manfaat sparkling water.

Hal ini karena manfaat sparkling water berfungsi sebagai kalori kosong yang akan mengurangi keinginan kamu untuk makan. Semakin kamu merasa kenyang, semakin sedikit kamu akan makan.

Selain itu, tetap terhidrasi juga merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Rasa lapar bisa juga disebabkan oleh tubuh yang mengalami dehidrasi.

Minum cukup sparkling water bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari.

BACA JUGA: Minuman Sehat Kekinian Ini Nggak Cuma Enak, Tapi Juga Mendukung Gaya Hidup Sehat

Manfaat sparkling water: bisa meredakan sembelit

Manfaat sparkling water
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Ada penelitian yang menunjukkan manfaat sparkling water bisa membantu membantu pencernaan. Hal ini terjadi karena minum sparkling water meningkatkan kemampuan kamu untuk menelan.

Manfaat sparling water dapat merangsang saraf yang diperlukan untuk makan lebih banyak daripada minuman lainnya.
Selain itu, sparkling water juga berdampak positif pada kemampuan buang air besar, terutama jika kamu sedang mengalami sembelit.

Manfaat sparkling water: bisa menyehatkan bagi jantung

Manfaat sparkling water
Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh paling ganas di dunia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Kamu bisa melakukannya dengan mengambil manfaat sparkling water.

Meskipun buktinya sangat terbatas, ada penelitian yang menujukkan, sparkling water dapat meningkatkan kesehatan jantung,

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan kesimpulan yang benar karena ini hanya satu studi kecil.

BACA JUGA: Resep Minuman Praktis Yang Menyegarkan Untuk Menyemangati Harimu

Efek samping minum sparkling water

Manfaat sparkling water
Photo by Nino Liverani on Unsplash

Meskipun banyak sekali manfaat sparkling water yang bisa didapatkan, mengonsumsinya dengan jumlah yang terlalu banyak juga bisa membahayakan. Apa lagi jika hanya sparkling water yang kamu minum.

Menurut Medical News Today, sparkling water bisa menyebabkan defisit kalsium. Ada teori yang mengatakan, sparkling water dapat menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang.

Hal ini disebabkan oleh fosfor yang ada dalam beberapa soda yang bisa mengurangi jumlah kalsium yang dapat diserap tubuh.

Akan tetapi, penelitian ini juga masih banyak diperdebatkan. Karena sparkling water tidak mengandung fosfor, efek sampingnya tidak akan terasa. Selain itu, kebanyakan orang mendapatkan fosfor yang cukup dari makanan.

Bakan, menurut National Osteoporosis Foundation, manfaat sparkling water tertentu bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang asal tidak menggantikan sumber kalsium seperti susu.

BACA JUGA: Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan

Kesimpulan

Manfaat sparkling water
Photo by Sam Cernik on Unsplash

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar menunjukkan bahaya dan manfaat sparkling water. Tidak ada salahnya jika kamu menyukai minuman ini. Apa lagi jika dikonsumsi sebagai pengganti minuman ringan yang mengandung banyak sekali gula.

Akan tetapi, tetap perhatikan kadarnya. Meskipun ada manfaat sparkling water, jangan minum terlalu banyak. Penuhi kebutuhan cairan harian dengan air mineral dan minuman sehat lainnya.

Biar liburanmu nggak boring, staycation aja di Bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like