Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Tidak semua jenis kulit cocok pakai serum wajah yang sama

Tak hanya tutorial makeup, skincare routine juga semakin digaungkan oleh para beauty influencer di jagat dunia maya. Karenanya, variasi produk skincare semakin beragam dan menjamur. Salah satunya adalah serum wajah, sebuah produk yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Pada dasarnya, serum wajah merupakan sebuah produk skincare yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. Serum wajah memiliki tekstur cair yang ringan dan mudah menyerap, sehingga banyak digemari dan dijadikan salah satu produk andalan dalam skincare routine.

Namun, produk serum wajah tak bisa dipakai dengan sembarangan begitu saja. Kamu harus memperhatikan kandungan bahan aktif pada serum yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat serum wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Manfaat serum wajah untuk kulit kering

Kulit kering merupakan kondisi umum yang sering kali terjadi karena kurangnya cairan pada lapisan terluar kulit wajahmu. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor keturunan, usia, atau bahkan karena sehari-hari bekerja di ruangan ber-AC.

Jika kulitmu cenderung kering, pilihlah serum dengan kandungan bahan aktif seperti glycolic acid, niacinamide, serta ceramide. Ketiga bahan aktif tersebut dapat mengatasi kulit kering dan bersisik, sehingga kamu akan mendapatkan manfaat serum wajah yang lebih maksimal.

Glycolid acid, niacinamide, dan ceramide dapat membantu menjafa kelembaban kulit pada wajah. Di samping itu, glycolic acid juga bisa merangsang produksi kolagen yang bisa membuat kulitmu lebih kencang, lembut, dan halus.

Serum dengan kandungan vitamin E juga sangat baik untuk kulit kering. Vitamin E dapat berperan sebagai agen pelindung alami dari sinar UV. Vitamin E juga dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembabannya, terlebih jika dipadukan dengan tiga bahan aktif sebelumnya.

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu
@phaedrabotanicals via Unsplash

Manfaat serum wajah untuk antiaging

Kulit yang kering dapat mempercepat proses penuaan. Kondisi ini ditandai dengan adanya garis halus dan kerutan pada wajah. Jika tak segera diantisipasi, bisa-bisa tanda penuaan bisa muncul di usia menjelang 30 untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering.

Oleh karena itu, kamu juga membutuhkan serum wajah yang bisa berfungsi sebagai antiaging. Selain tiga bahan aktif yang sudah disebutkan untuk kondisi kulit kering, kamu juga memerlukan tambahan bahan aktif dan nutrisi lainnya.

Kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan vitamin C. Layaknya glycolic acid, vitamin C juga bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan kolagen baru yang bisa membuat kulitmu terasa kenyal. Selain itu, vitamin C juga dapat turut membantu mencerahkan kulit.

Kamu juga bisa memilih serum yang mengandung asam ferulat. Kandungan asam ini bermanfaat untuk mengurangi garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Jika kamu menggunakan serum dengan dua kandungan tersebut, kamu bisa merasakan manfaat serum wajah untuk antiaging.

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu
@ceveoh via Unsplash

Manfaat serum wajah untuk memudarkan flek hitam

Flek atau bintik hitam di wajah dapat muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit. Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Pada umumnya, kondisi ini sering terjadi karena paparan sinar matahari secara langsung.

Flek hitam juga dapat diatasi dengan menggunakan serum wajah yang tepat. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit, sedangkan vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Tak hanya itu saja, gunakan juga serum dengan kandungan ferulic acid, kojic acid, serta azelaic acid yang bermanfaat untuk mengatasi bintik hitam pada kulit.

Untuk memaksimalkan manfaat serum wajah terhadap flek hitam, serum dengan kandungan arbutin dan glycolic acid juga bisa sangat membantu. Kedua bahan aktif ini dapat berfungsi sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu
@miskasage via Unsplash

Manfaat serum wajah untuk kulit berjerawat

Mengatasi jerawat memang tak mudah. Butuh kesabaran dan perawatan ekstra agar wajahmu bisa bebas dari jerawat yang membandel, terutama jika kondisi kulitmu berminyak. Nah, kamu juga bisa menambahkan serum di skincare routine-mu untuk membantu mengatasi jerawat.

Pilihlah serum yang mengandung bahan aktif salicylic acid atau retinol. Bahan aktif tersebut sangat ampuh mengatasi jerawat karena dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Kandungan aktif tersebut juga dapat membantu pengelupasan dan mengangkat sel kulit mati, serta meredakan peradangan akibat jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide. Kandungan ini mengandung zat antibakteri yang mencegah timbulnya jerawat.

Baik salicylic acid, retinol, serta benzoyl peroxide sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, ketiga zat aktif ini mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu
@charissek via Unsplash

Manfaat serum wajah untuk kulit sensitif

Jangan khawatir jika kulitmu sensitif, karena kamu juga bisa kok memakai serum untuk membantu menyehatkan kulit wajahmu. Namun, kamu memang perlu berhati-hati terhadap kandungan bahan aktif yang ada pada serum wajah.

Beberapa kandungan serum yang harus kamu hindari jika memiliki kulit sensitif adalah, kandungan parfum, pengawet, antibakteri, ekstrak tumbuhan, serta pelarut. Ada pula bahan aktif bersifat asam yang perlu dihindari, seperti vitamin C, salicylic acid, dan tretinoin.

Tips menggunakan serum wajah yang benar

Untuk memaksimalkan manfaat serum wajah, kamu perlu memperhatikan kandungan bahan aktif pada serum tersebut. Berhati-hatilah jika menggunakan dua produk yang mengandung asam secara bersamaan, karena dapat memperburuk kondisi kulit.

Misalnya, jangan menggunakan serum vitamin C dengan retinol secara bersamaan. Hal ini dapat meningkatkan risiko iritasi dan peradangan. Bahkan, campuran dua serum ini akan memperburuk kondisi wajahmu.

Sebelum menggunakan serum wajah, lakukan tes alergi serderhana terlebih dahulu. Caranya, oleskan sedikit serum pada kulit tangan dan tunggu selama 48 jam. Jika muncul gejala alergi seperti ruam dan gatal, artinya serum tersebut tak cocok untukmu.

Jangan Asal Pakai! Simak Manfaat Serum Wajah yang Mungkin Belum Kamu Tahu
@amplitudemagazin via Unsplash

Itulah berbagai manfaat serum wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Pakailah serum setelah menggunakan toner dan sebelum pelembab agar hasilnya bisa lebih maksimal. Selamat mencoba!

Staycation di Bobobox, yuk!

Selain memakai serum wajah, kesehatan kulit juga bisa dijaga dengan memperhatikan pola tidurmu. Kamu bisa banget lho mendapatkan pengalaman beristirahat dengan nyaman dan tenang dengan staycation di Bobobox!

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain bergaya futuristik yang unik serta beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Tak usah khawatir dengan masalah kesehatan, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dengan rutin melakukan pembersihan serta menyemprotkan disinfektan.

Jangan lupa untuk ajak teman-temanmu ya, karena interior Bobobox juga instagrammable banget. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas instagenic-nya Bobobox! Tunggu apa lagi, pesan kamar di aplikasi sekarang!

You might also like