Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya untuk Ibu-Ibu, Ini Dia 10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Fisik dan Mental!

Bapak-bapak pun wajib melakukannya!

Bobobox.co.id — Berbicara soal senam aerobik, senam yang satu ini kerap kali identik dengan ibu-ibu. Hal tersebut mungkin bisa dianggap wajar mengingat ibu-ibu yang sering terlihat melakukan senam satu ini.

Padahal, manfaat senam aerobik tak hanya baik untuk ibu-ibu saja. Bapak-bapak pun wajib melakukan senam aerobik secara rutin karena manfaat dari latihan kardio ini baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Senam aerobik adalah olahraga yang menitikberatkan pada peningkatan fungsi jantung dan pernapasan. Namun, manfaat senam aerobik sendiri tak hanya pada dua organ tersebut melainkan tubuh secara keseluruhan.

Nah, tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak 10 manfaat senam aerobik untuk kesehatan fisik dan mental. Bisa jadi pilihan olahraga selama diperketatnya pemberlakuan PSBB di beberapa kota di Indonesia.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat senam aerobik pertama adalah menurunkan berat badan. Namun, senam aerobik sendiri tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat saja akan tetapi juga bermanfaat untuk mengontrol berat badanmu.

Pasalnya, senam aerobik akan ‘memaksa’ seluruh tubuhmu untuk bergerak. Apalagi jika kamu melakukannya selama 30 hingga 60 setiap harinya, jumlah kalori yang terbakar tentunya akan cukup banyak lagi.

Namun, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah pola makan sehat. Kamu tak akan bisa mencapai berat badan atau mengontrol berat badanmu jika pola makanmu tidak seperti terlalu sering makan junk food.

manfaat senam aerobik
@pixabay via pexels.com

Mengurangi Stres

Sedang mengalami stres akibat pekerjaan atau dalam mood yang kurang baik? Cobalah melakukan senam aerobik. Pasalnya, manfaat senam aerobik lainnya adalah mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Senam aerobik sendiri baik untuk kondisi mentalmu karena saat melakukan aerobik, tubuhmu menghasilkan hormon endorfin. Hormon inilah yang berperan dalam membuatmu kembali lebih bahagia.

Selain itu, senam ini pun mampu meningkatkan kepercayaan dirimu. Lakukan senamnya secara rutin, tubuhmu akan jauh lebih rileks dan stres yang menghingapimu pun akan berkurang secara berkala.

@nandovish via unsplash.com

Menjaga Kesehatan Otot

Manfaat senam aerobik berikutnya adalah menjaga kesehatan otot tubuh. Gerakan yang ada pada senam aerobik akan membuat aliran darah dan suplai oksigen ke otot menjadi jauh lebih lancar.

Selain itu, gerakan senam ini mampu membantu otot terhindar dari asam laktat. Kedua hal tersebutlah yang mampu membuat kesehatan otot tubuhmu tetap terjaga dari senam aerobik yang kamu lakukan.

Tak hanya dapat menyehatkan otot saja, senam aerobik pun baik untuk melatih tulang dan sendiri. Untuk memperkuat otot, sendi, dan tulang, senam aerobik merupakan salah satu pilihan yang bisa kamu pilih.

@samerdaboul via pexels.com

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam kehidupan seseorang. Oleh karenanya, menjaga bahkan meningkatkan kesehatan jantung sedini mungkin adalah suatu keharusan bagi setiap individu.

Ada banyak yang bisa dilakukan. Senam aerobik adalah salah satunya. Manfaat senam aerobik sendiri mampu meningkatkan kerja jantung. Dengan menguatnya jantung, ada banyak manfaat yang bisa diambil.

Misalkan saja, oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh menjadi lebih banyak. Hal tersebut berujung pada lancarnya perederan darah agar tidak menumpuk pada pembuluh darah dan turunnya kadar kolestrol.

via advancedcardiologyfl.com

Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

Bagi kamu yang sedang mengalami gangguan tidur seperti insomnia, ada baiknya untuk mencoba melakukan senam aerobik. Lakukan senam aerobik ini di pagi atau sore hari secara rutin selama 16 minggu.

Nantinya, senam aerobik ini mampu mengurangi insomnia yang sedang dialami. Walaupun sudah terbukti membuat tidur lebih nyenyak, kamu perlu memerhatikan waktu olahraga untuk mendapatkan manfaat senam aerobik ini.

Jangan sesekali untuk melakukan olahraga ini dekat dengan jam tidurmu. Beri jeda kurang lebih dua jam sebelum tidur. Jika tidak, kamu justru akan kesulitan untuk tidur dan berujung dengan kembalinya insomnia.

@saseko via unsplash.com

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Memperkuat fungsi metabolisme tubuh merupakan manfaat senam aerobik selanjutnya. Salah faktor yang bisa memperkuat metabolisme dari senam ini adalah kemampuan tubuh dalam memproses kalori.

Kaloari yang tak digunakan akan berujung mengendap dan menjadi penyebab kenaikan berat badan. Nah, berolahraga seperti melakukan senam aerobik dapat membantumu dalam membakar kalori tersebut.

Dengan melakukan olahraga tersebut, laju metabolisme pun akan menjadi lebih baik. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan gerak senam aerobik sederhana di rumah secara rutin setiap harinya.

@framekings via unsplash.com

Meningkatan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat adalah hal penting yang wajib terjaga di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satu cara bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah senam aerobik.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa senam aerobik mampu meningkatkan kandungan immunoglobin dalam tubuh. Jenis antibodi ini berfungsi untuk melindungi tubuhmu terserang berbagai penyakit.

Oleh karenanya, kamu tak hanya mendapatkan manfaat senam aerobik dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Kamu pun bisa terhidar dari berbagai penyakit yang menyerang khususnya penyakit kronis.

@burst via pexels.com

Menambah Stamina

Mudah lelah saat berolahraga? Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena staminamu tak prima. Untuk menambah atau meningkatkan stamina tubuh, sangat direkomendasikan untuk melakukan senam aerobik.

Stamina tubuhmu akan meningkat sedikit demi sedikit setelah melakukan senam aerobik secara rutin. Dengan begitu, rasa lelahmu pun akan semakin berkurang dari waktu ke waktu di masa mendatang.

Hal tersebut menjadi sebuah indikasi baik. Pasalnya, kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot pun meningkatn bersamaan. Kamu pun akhirnya mampu lebih bertenaga dan tidak mudah lelah lagi.

@jennyhill via unsplash.com

Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat senam aerobik lainnya adalah meningkatkan kekuatan otak. Otak sendiri secara ilmiah mulai kehilangan jaringan setelah seseorang menginjak usia di kepala tiga alias 30 tahun.

Para ilmuwan pun menganjurkan senam aerobik untuk dilakukan secara rutin. Senam aerobik dipercaya mampu memperlambat kehilangan jaringan tersebut dan dapat meningkatkan kinerja kognitif.

Selain itu, studi lain pun menyebutkan bahwa orang dewasa paling fit terindikasi adanya pengurangan lebih sedikit pada area parietal, frontal, dan temporal otak di mana jaringan otak mereka jauh lebih kuat.

@burst via pexels.com

Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Manfaat senam aerobik terakhir adalah menjaga kesehatan sistem pernapasan. Berolahraga senam aerobik secara rutin akan sangat baik untuk melatih pernapasan agar kamu tak mudah kehabisan napas.

Bagi penderita asma, kamu pun bisa mendapatkan manfaat senam aerobik untuk penyakitmu tersebut. Olahraga ini dapat membantu para penderita asma dalam mengurangi frekuensi serangan asma.

Namun, kamu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan doktermu. Gerakan mana saja yang boleh dan tak boleh dilakukan agar kamu tetap aman saat melakukan olahraga senam aerobik.

@kelvin809 via pexels.com

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang siap memberikanmu pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya dan menikmati virtual tour Bobobox melalui link ini.

backpacker di bandung bobobox

You might also like