Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Banyak banget manfaat buah semangka yang wajib kamu tahu, lho. Cek di bawah ini, ya!

Semangka merupakan salah satu buah yang kerap kali dijadikan makanan penutup atau pencuci mulut oleh banyak orang. Buah yang kaya akan kandungan air ini pun cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa, karena rasanya yang manis dan segar.

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, semangka juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam buah semangka antara lain adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, antioksidan, asam amino, likopen, dan potasium.

Rutin mengonsumsi semangka juga dianjurkan untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Ini karena jumlah kalori yang terkandung dalam semangka terbilang sangat rendah. Bayangkan, dalam secangkir jus semangka hanya terkandung 40 kalori saja, lho.

manfaat semangka untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Masih banyak lagi manfaat buah semangka lainnya yang sudah Bob rangkum buat kamu. Yuk, langsung cek aja di bawah ini!

Menurunkan Tekanan Darah

Semangka diyakini dapat mencegah berbagai macam masalah pada kesehatan, salah satunya adalah hipertensi. Ini karena kandungan zat citrulline pada kulit semangka yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah pun terjaga kestabilannya.

Buah ini juga diyakini berpotensi sebagai obat diuretik, obat yang sering diresepkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa suplemen ekstrak buah semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada penderita obesitas.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat buah semangka lainnya adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini dikarenakan kandungan potassium dalam buah semangka yang dapat membantu membersihkan endapan beracun di ginjal.

Kandungan air yang cukup tinggi pada buah semangka juga mampu membantu membersihkan ginjal. Selain itu, semangka juga diyakini dapat mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Mencegah Asma

Umumnya, seseorang yang terkena asma memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuhnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena buah semangka dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mencegah penyakit asma secara alami.

Semangka mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menurunkan gejala dan risiko penyakit asma. Menurut penelitian, vitamin C memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan.

Mencegah Kanker

Nutrisi yang terkandung dalam buah semangka juga bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Kandungan likopen dan antioksidan dalam buah ini dapat mengurangi proliferasi dari sel kanker. Maka dari itu, mengonsumsi semangka secara rutin berguna untuk meminimalisir risiko kanker.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat hingga tua nanti, maka sebaiknya kamu mulai rajin untuk mengonsumsi buah semangka sejak dini. Semangka mengandung likopen yang bekerja sebagai senyawa antiinflamasi dan antioksidan sehingga mampu mencegah degenerasi makul karena faktor usia.

manfaat buah semangka untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Menurut penelitian, semangka mampu untuk menghidrasi seluruh tubuh kita setiap harinya. Tentu saja, ini dikarenakan kandungan air dalam buah semangka yang sangat tinggi, yaitu mencapai 92 persen.

Selain itu, kandungan elektrolit yang baik dalam buah semangka juga dapat membantu mencegah kamu terkena serangan panas. Oleh karena itu, meminum jus buah semangka saat panas terik sangat baik untuk menjaga tubuhmu terhindar dari dehidrasi.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Bukan hanya berfungsi untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, rutin mengonsumsi semangka juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan kesehatan rambut kamu, lho. Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga bisa menjadikan buah ini sebagai masker wajah.

Menangkal Radikal Bebas

Buah semangka merupakan salah satu sumber likopen yang luar biasa. Kandungan likopen pada buah ini berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Menurut penelitian, buah semangka memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kandungan suplementasi L-arginine di dalamnya. Saat kamu mengonsumsi semangka, ginjal akan mengubah asam amino L-citrulline menjadi asam amino L-arginine di tubuhmu.

Mengurangi Risiko Kolesterol

Buah semangka yang kaya akan kandungan serat, vitamin C, karotenoid, dan kalium, sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menjaga jantung agar terhindar dari berbagai kondisi yang dapat membahayakan kesehatan.

manfaat buah semangka untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Meredakan Rasa Nyeri

Buah semangka mengandung dua nutrisi penting untuk pemulihan otot dan pereda rasa nyeri. Kedua nutrisi ini adalah kalium dan magnesium. Kalium, khususnya, dapat membantu mencegah kram otot setelah olahraga dan membantu penyembuhan cedera.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah semangka juga terbukti dapat melindungi tulang dan tulang rawan. Tidak hanya itu, buah ini juga dapat membantu proses perbaikan tendon dan ligamen serta membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Membantu Membuang Racun Dalam Tubuh

Semangka merupakan buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yaitu hingga 92 persen. Hal ini menjadikan semangka dapat membantu detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh, serta mencegah tubuh dari kelebihan cairan, kembung, dan bengkak.

Kandungan kalium dan magnesium dalam semangka juga sangat penting dalam proses detoksifikasi. Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang mengatur peredaran darah, serta membantu oksigen untuk mencapai setiap sel dengan lancar.

Meredakan Asam Lambung

Jika kamu memiliki masalah dengan asam lambung, kamu bisa mencoba untuk mulai rutin mengonsumsi jus buah semangka. Buah ini dipercaya mampu mengurangi peradangan dan produksi asam lambung, sehingga dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengatur kadar pH dalam tubuh.

Meredakan Mulas Saat Hamil

Selain memiliki manfaat untuk mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit, ternyata buah semangka juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini dipercaya dapat meringankan rasa mulas yang kerap kali dirasakan oleh ibu hamil.

Berbagai kandungan mineral dalam buah semangka mampu membantu mencegah kram otot di trimester ketiga. Tak hanya itu, buah ini juga ampuh untuk mengusir rasa mual di pagi hari atau yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness.

manfaat buah semangka untuk kesehatan

(Photo by: pexels.com)

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi buah semangka, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, loh. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di sini. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Bobobox