Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Jadi Bumbu Masakan, Ini Dia Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sedikit orang yang mengetahuinya, lho!

Bobobox.co.id — Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap ditemui di berbagai makanan. Pasalnya, sayuran ini digunakan sebagai tambahan untuk mempercantik makanan.

Tak hanya itu, sayuran hijau ini pun kerap jadi bumbu masakan. Walaupun begitu, banyak yang tak tahu jika sayuran tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi seledri? Simak ulasan yang Bob rangkum dari berbagai sumber terkait manfaat seledri bagi kesehatan tubuhmu berikut ini.

Berikut adalah Manfaat Seledri bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Manfaat seledri bagi kesehatan tubuh pertama adalah mampu menurunkan kadar kolestrol tubuh. Kadar kolestrol jahat dalam tubuh tinggi menjadi momok menakutkan yang mengundang penyakit berbahaya.

Untuk menurunkan kolestrol jahat tersebut, seledri menjadi solusinya. Bahkan, tak hanya menurunkan kolestrol jahat tetapi juga mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk menambahkan seledri ke dalam menu makanan harian. Hal ini demi mengurangi risiko dari datangnya berbagai penyakit berbahaya akibat kolestrol jahat.

Menurunkan kadar kolesterol tubuh manfaat seledri bagi kesehatan
Menurunkan kadar kolesterol tubuh via learnnigerianlaws.com

2. Mencegah Dehidrasi

Manfaat seledri bagi kesehatan lainnya adalah mencegah dehidrasi. Seledri ini terbukti sebagai salah satu sayuran yang di mana memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang mencapai 90 hingga 99 persen.

Tak mengherankan jika sayuran tersebut memiliki manfaat kesehatan dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Untuk itu pula, seledri akan cocok untuk menjadi pelengkap dalam pemenuhan air harian.

Kamu tentu disarankan untuk tetap mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, seledri bisa menjadi pilihan tetap sebagai makanan ringan saat cuaca sedang terik-teriknya.

Mencegah dehidrasi manfaat seledri bagi kesehatan
Mencegah dehidrasi via pexels.com/@daria

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, seledri adalah sayuran yang wajib masuk daftar menu makan. Pasalnya, manfaat seledri bagi kesehatan adalah membantu menurunkan berat badan.

Seledri terkenal sebagai makanan rendah kalori dan serta tinggi. Hal tersebut menjadikan sayuran ini sebagai pilihan wajib untuk program diet di samping kemampuannya untuk menjadi cadangan nutrisi tubuh.

Bahkan, seledri pun disinyalir mampu mengurangi rasa lapar. Dengan mengunyah seledri sebagai camilan, tubuh pun akan meningkatkan pelepasan hormon yang memicu rasa kenyang lebih lama.

Menurunkan berat badan manfaat seledri bagi kesehatan
Menurunkan berat badan via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan


4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat yang satu ini mungkin jarang diketahui oleh orang banyak. Siapa sangka jika manfaat seledri bagi kesehatan lainnya adalah membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat seledri yang satu ini sendiri bahkan sudah didukung dengan bukti dari berbagai penelitian. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan di antaranya dilakukan pada tahun 2013 dan tahun 2015.

Pada kedua penelitian tersebut, seledri terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, bagian daun seledri juga dapat meningkatkan detak jantung yang baik untuk kesehatan jantung.

Menurunkan tekanan darah manfaat seledri bagi kesehatan
Menurunkan tekanan darah via @mockupgraphics

5. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan pencernaan merupakan manfaat seledri bagi kesehatan lainnya. Kandungan serat tinggi serta sifat antioksidan yang dimiliki oleh daun seledri dipercaya mampu menjaga sistem pencernaan.

Di samping itu, daun seledri pun memilii kandungan polisakarida pektin. Kandungan tersebut yang membantu dalam melancarkan pencernaan, mencegah penyakit mag, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat seledri untuk pencernaan lainnya adalah meningkatkan lapisan perut dan mengatur sekresi perut dengan baik. Hal tersebut berkat kandungan polisakarida pektin dan apiuman dalam seledri.

Memperlancar pencernaan manfaat seledri bagi kesehatan
Memperlancar pencernaan via LightFieldStudios/iStockphoto

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Gula darah berlebih dalam tubuh bisa mengundang berbagai penyakit mematikan. Salah satunya adalah diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah, daun seledri adalah sayuran yang kerap dianjurkan.

Manfaat seledri bagi kesehatan ini disebabkan adanya ekstrak etil asetat dalam daun seledri. Ekstrak tersebut yang berperan penting dalam menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh.

Bahkan, kamu pun bisa mengonsumsi seledri yang dicampurkan mentimun. Keduanya mengandung indeks glikemik rendah yang memiliki efek lambat yang berkaitan pada kenaikan gula darah.

Mengontrol kadar gula darah manfaat seledri bagi kesehatan
Mengontrol kadar gula darah via pexels.com/@wdnet

Baca Juga: Tips Kesehatan; 7 Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Lari


7. Mencegah Peradangan

Selain kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah, manfaat satu ini pun jarang diketahui orang. Pencegahan terhadap peradangan merupakan manfaat seledri bagi kesehatan lainnya.

Manfaat seledri untuk kesehatan ini terjadi karena kandungan apigenin dalam seledri. Kandungan tersebut memiliki beberapa sifat yang mampu melawan radikal bebas seperti antiinflamasi dan antibakteri.

Bahkan, manfaat tersebut sudah terbukti lewat sebuah penelitian tahun 2015. Penelitian tersebut membuktikan bahwa apigenin berpotensi mengurangi peradangan dan juga mengembalikan sistem imun.

5 Makanan Yang Cocok Dikonsumi Saat Kamu Mengalami Radang Tenggorokan
Radang Tenggorokan / Foto dari Shutterstock

8. Meringankan Nyeri Sendi

Kerap merasakan gejala radang sendi, rematik ataupun asam urat? Beberapa cara bisa kamu lakukan seperti mengompres bagian sendi yang nyeri dan juga mengonsumsi seledri.

Manfaat seledri bagi kesehatan ini disebabkan oleh sifat antiinflamasi yang terkandung dalam daun seledri. Sifat tersebut akan sangat membantu dalam mengurangi intensitas dan lamanya nyeri yang dirasa.

Tak hanya itu, daun sendiri memiliki sekitar 25 senyawa antiradang. Dengan begitu, risiko peradangan kronis dan penyakit seperti radang sendi dan osteoporisis pun bisa berkurang.

Redakan nyeri otot manfaat seledri bagi kesehatan
Redakan nyeri otot via pexels.com/@karolina-grabowska

9. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat seledri bagi kesehatan lainnya adalah menjaga kesehatan hati. Kesehatan organ ini tentu wajib kamu jaga seperti halnya organ-organ penting lainnya dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, dan lainnya.

Ekstrak metanol dari biji seledrilah yang mampu melindungi hati dari kerusakan. Saat mengalami kerusakan, hasil abnormal biasanya muncul seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein.

Nah, di sinilah ekstrak tersebut bekerja. Ekstrak dari daun seledri mampu menurunkan hasil abnormal tersebut. Tak hanya itu, antioksidan dalam seledri pun berperan penting dalam pengobatan masalah liver.

Kesehatan hati manfaat seledri bagi kesehatan
Kesehatan hati via premierhospital.in

Baca Juga: 6 Cara Efektif Yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapatkan Vitamin D


10. Detoks Alami bagi Tubuh

Manfaat seledri bagi kesehatan terakhir adalah mampu menjadi detoks alami bagi tubuh. Manfaat tersebut bisa kamu dapat dengan cara mencampurkan daun seledri dengan mentimun.

Pasalnya, kandungan polifenol dalam seledri inilah yang memiliki peranan penting. Kandungan tersebut dapat membantu menghilangkan akumulasi racun dan juga menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Cara penyajiannya bisa dilakukan dengan menjadikan seledri dan timun sebagai jus. Jus seledri ini mengandung natrium dan kalium yang mampu menghidrasi sekaligus mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh.

Detoks alami bagi tubuh manfaat seledri bagi kesehatan
Detoks alami bagi tubuh via pexels.com/@veganliftz

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

You might also like