Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Manfaat Puasa bagi Tubuh

Nyatanya, memang bermanfaat untuk tubuh.

Bobobox.co.id — Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya, pada bulan ini, umat muslim menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Selama berpuasa, kamu pun dituntut tidak hanya menahan diri dari makan dan minum tetapi juga menahan dari hawa nafsu yang membatalkan puasa. Selain mendapatkan pahala, nyatanya kamu bisa mendapatkan manfaat puasa untuk tubuh.

Ada banyak manfaat puasa bagi tubuh yang rasanya wajib kamu ketahui. Sehingga, kamu pun bisa mendapatkan manfaat puasa yang maksimal. Jika dilaksanakan dengan benar, maka kamu akan mendapatkan manfaat puasa baik untuk dunia dan akhirat.

Nah, bagi kamu yang penasaran, apa saja manfaat puasa bagi tubuh? Yuk langsung saja simak ulasan singkat mengenai manfaat puasa bagi tubuh berikut ini.

Menurunkan Gula Darah

Manfaat puasa yang pertama bagi tubuh adalah menurunkan gula darah. Tidak tanggung-tanggung, kadar gula darah yang turun dari berpuasa tergolong cukup signifikan yaitu lebih dari 30 persen.

Hal tersebut terjadi dalam beberapa hari saat kamu berpuasa. Sehingga, bagi orang-orang yang menderita hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, berpuasa wajib untuk sering dilakukan.

Walaupun baik untuk menurunkan gula darah, kamu wajib menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Kelebihan atau kekurangan kadar gula darah dalam tubuh tentunya tidak baik bagi kesehatan.

Menjaga Berat Badan

Manfaat puasa berikutnya adalah menjaga berat badan. Nah, tidak hanya menjaga berat badan, puasa pun akan sangat membantu bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Pasalnya, selama berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan selama kurang lebih 12 jam. Pada momen ini, sehabis mencerna makanan yang disantap saat sahur, tubuh mulai menggunakan cadangan energi yang ada.

Setelah itu, jika cadangan energi sudah habis, maka lemaklah yang akan kemudian dibakar oleh tubuh. Hasilnya adalah berat badanmu nantinya tentu akan turun akibat kadar lemak yang berkurang.

manfaat puasa menjaga berat badan

Membuang Racun dalam Tubuh

Manfaat puasa berikutnya adalah membuang racun yang ada dalam tubuh. Seperti yang kamu ketahui, selama berpuasa, kamu tidak mengonsumsi makanan hampir sehari penuh.

Dengan tidak adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh, hal tersebut memberikan kesempatan bagi pencernaan untuk beristirahat sejenak. Sehingga, akhirnya tubuh bisa lebih fokus membuang racun dalam tubuh.

Pada proses pembakaran lemak menjadi energi pun tubuh akan membakar racun berbahaya yang tersimpan dalam lemak. Dengan racun yang terbuang maka tubuh akan jadi lebih sehat lagi.

via sorendreier.com

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak menjadi salah satu organ yang memiliki vital bagi tubuh. Oleh karenanya, melindungi kesehatan otak menjadi hal yang wajib kamu lakukan selain juga meningkatkan fungsi otak.

Dua hal tersebut menjadi dua dari sekian banyak manfaat puasa yang bisa didapat. Berpuasa sendiri diyakini dapat merangsang pelesapan BDNF. Fungsi dari BDNF adalah untuk membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi otak.

Selain meningkatkan fungsi otak, BDNF pun berfungsi untuk memroduksi lebih banyak sel-sel dalam otak, melindungi sel-sel otak tersebut, dan mengurangi depresi serta risiko pikun.

Meremajakan Sel Kulit

Masalah pada kulit seringkali membuat banyak orang terutama kaum hawa merasa minder. Tidak pelak, banyak dari kaum hawa yang ‘menginvestasi’ uangnya untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain dengan membeli kosmetik, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan cara berpuasa. Manfaat puasa lainnya ini mampu meremajakan sel-sel kulit yang telah mati.

Metabolisme dalam tubuh yang berhenti menyebabkan manfaat puasa tersebut bisa kamu rasakan untuk kecantikan. Saat metabolisme terhenti, sel-sel tubuh bisa bekerja lebih aktif termasuk sel kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit yang berkaitan dengan jantung menjadi salah satu ‘pembunuh’ yang sudah merenggut banyak nyawa. Tidak mengherankan jika kita semua patut menjaga kesehatan salah satu organ vital ini.

Nah, menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu manfaat puasa. Pada saat berpuasa, lemak menjadi sumber utama untuk dijadikan sebagai tenaga. Maka dari itu, proses detoksifikasi pun bisa terjadi.

Dengan proses tersebut, tidak hanya racun saja yang keluar dari dalam tubuh tetapi juga kolestrol akhirnya bisa berkurang. Penurunan kolestrol inilah yang mampu menjaga sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Membantumu dalam Pemulihan Cedera

Kamu yang senang berolahraga tentu tahu betapa tidak menyenangkannya mengalami cedera. Kamu terpaksa harus menepi untuk melakukan olahraga yang kamu senangi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Manfaat puasa lainnya adalah membantu dalam pemulihan cedera yang mungkin sedang kamu derita. Khususnya pada otak yang di mana membutuhkan glukosa, pemulihannya menjadi lebih cepat.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menjadi dasarnya. Hewan yang puasa intermiten mampu meningkatkan fungsi otak dari stroke dan penyakit yang memengaruhi otak.

Membuatmu Awet Muda

Siapa sih yang tidak menginginkan untuk awet muda? Jika kamu termasuk salah satunya, manfaat puasa lainnya adalah membuatmu tampak lebih awet muda. Manfaat puasa ini ada penjelasannya lho.

Jadi, selama berpuasa, tubuh akan mengurangi atau bahkan menghentikan sementara proses metabolisme dalam tubuh, khususnya pada saluran pencernaan.

Berhentinya proses metabolisme dalam tubuh ini yang membuat penuaan dini akhirnya terhambat. Tak hanya itu, berpuasa pun mengurangi radikal bebas sekaligus meningkatkan antioksidan yang bisa membuatmu awet muda.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Situasi pandemi virus corona, daya tahan tubuh menjadi salah satu yang wajib kamu jaga setiap harinya. Di bulan Ramadan ini, meningkatkan daya tahan tubuh bisa kamu dapat dari berpuasa.

Manfaat puasa kali ini bisa didapat apabila kamu menerapkan pola makan yang seimbang saat berpuasa. Sehingga, nantinya pola makan tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuhmu.

Usahakanlah untuk mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Hal ini untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian berpuasa.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat puasa terakhir yang bermanfaat untuk tubuh adalah mengurangi risiko kanker. Selain penyakit jantung, kanker menjadi momok menakutkan yang dihindari oleh semua orang di berbagai penjuru dunia.

Penelitian yang dilakukan di Brazil mengonfirmasi hal tersebut. Pada penelitian tersebut, puasa selang-seling dapat membantu dalam upaya menghambat proses pembentukkan tumor yang diakibatkan oleh kanker.

Masih pada penelitian yang sama, mengekspos sel kanker pada beberapa siklus puasa memiliki efektivitas yang sama dengan kemoterapi. Kemoterapi sendiri dilakukan untuk menghambat pertumbuhan dan mengobati kanker.

Pusing Mencari Akomodasi Penginapan selama Puasa? Ya di Bobobox

Pusing dalam memilih akomodasi penginapan selama puasa seperti sekarang ini? Tidak usah khawatir karena ada Bobobox yang bisa menjadi pilihan untuk menginap.

Fasilitas yang kekinian dengan harga inap per malamnya yang tergolong murah menjadi beberapa alasan yang pastinya bisa menjadikanmu untuk memilih Bobobox sebagai tempat menginap yang nyaman.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

kamar bobobox

You might also like