pexels-vanessa-loring-5966630

Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu

Selain rasanya enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, pisang juga merupakan salah satu buah kaya nutrisi yang memiliki segudang manfaat. Yuk, langsung cek aja manfaat pisang untuk kesehatan tubuhmu yang sudah Bob rangkum di bawah ini.

manfaat pisang untuk kesehatan

(Photo by @AnyLane via Pexels)

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pisang untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Sebab, pisang kaya akan kandungan vitamin A, C, dan B6, yang menjaga tubuhmu tetap segar, sehat, dan tidak gampang lemas atau sakit.

2. Mengatasi Anemia

Selain kaya akan kandungan vitamin, pisang juga ternyata kaya akan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam buah pisang baik untuk mendukung pembentukan hemoglobin dalam darah. Maka dari itu, manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini sangat baik untuk kamu yang kekurangan sel darah merah.


Baca Juga: Berikut Segudang Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh


3. Menjaga Kesehatan Tulang

Ternyata, bukan hanya susu saja yang baik untuk kesehatan tulang, tapi juga buah berwarna kuning yang satu ini. Manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan zat fructooligosaccharides yang banyak terkandung dalam pisang. Zat inilah yang ternyata meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka, manfaat pisang untuk kesehatan ternyata salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Ini disebabkan oleh kandungan kalium dan magnesium yang mampu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mencegah penyempitan pembuluh darah akibat flek.

5. Melancarkan Metabolisme

Manfaat pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk melancarkan proses metabolisme tubuhmu secara alami. Tentunya jangan lupa dibarengi dengan banyak minum air putih dan olahraga teratur, ya!

6. Merawat Kesehatan Kulit

Bagi kamu yang ingin merawat dan menjaga kesehatan kulitmu dengan bahan alami, maka manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini pas banget buat kamu! Sebab, pisang ternyata sangat baik untuk merawat kulit bermasalah, mulai dari kulit kering hingga berjerawat.

Untuk mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini, kamu bisa menjadikan buah pisang sebagai masker wajah. Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu ke dalam maskermu untuk hasil yang lebih baik.

manfaat pisang untuk kesehatan

(Photo by @AnyLane via Pexels)

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sudah jadi rahasia umum jika pisang merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Mengapa? Sebab, salah satu manfaat pisang untuk kesehatan adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Ini karena pisang merupakan buah dengan karbohidrat kompleks dan rendah lemak yang aman untuk menjaga berat badanmu.

8. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain baik untuk menjaga berat badan, manfaat pisang untuk kesehatan lainnya adalah baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaanmu. Sebab, pisang mengandung banyak zat pati resistan serta serat yang baik untuk usus. Zat tersebut berperan dalam menutrisi bakteri baik di usus hingga meminimalisir risiko kanker usus besar.


Baca Juga: Manfaat Buah Naga; Salah Satunya Bisa Cegah Kanker


9. Membantu Mengontrol Gula Darah

Untuk kamu yang cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi, kamu nggak usah khawatir untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Sebab, manfaat pisang untuk kesehatan salah satunya adalah untuk membantu mengontrol gula darah.

Kandungan pektin dan pati resistan pada pisang mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Namun, sebaiknya hindarilah mengonsumsi pisang matang untuk penderita diabetes tipe 2.

10. Mencegah Asma

Tak hanya mampu membantu mengontrol kadar gula darah, manfaat pisang untuk kesehatan juga ternyata mampu mencegah serangan asma. Menurut penelitian, mengonsumsi pisang setiap hari dapat menurunkan risiko serangan asma hingga 34 persen pada anak-anak.

11. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Manfaat pisang untuk kesehatan lainnya adalah untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Ini dikarenakan kandungan potasium yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan fungsi ginjal.

12. Menjaga Daya Ingat

Pisang juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak, loh, yaitu dalam menjaga dan meningkatkan daya ingat. Manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini diperoleh dari zat triptofan dan asam amino pada buah pisang yang berfungsi untuk menjaga memori.

manfaat pisang untuk kesehatan

(Photo by @alleksana via Pexels)

13. Meningkatkan Mood

Selain untuk kesehatan fisik, pisang juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan mentalmu, loh. Yup! Pisang ternyata berguna dalam meningkatkan suasana hati atau mood kamu. So, mengonsumsi buah satu ini mampu merangsang pembentukan hormon serotonin di dalam otak yang berperan dalam menimbulkan perasaan bahagia.

14. Membantu Mengatasi Depresi

Selain meningkatkan mood, manfaat pisang untuk kesehatan mental lainnya adalah mampu membantu mengatasi depresi. Ini dikarenakan adanya zat bernama triptofan dalam buah pisang yang akan diubah oleh tubuh menjadi hormon serotonin atau hormon pembawa perasaan bahagia.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, bukan hanya wortel yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat pisang untuk kesehatan mata juga ternyata bisa dibilang luar biasa. Ini karena pisang juga ternyata kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga selaput di sekitar mata dan mencegah degenerasi makula atau kondisi penglihatan yang kabur dikarenakan faktor usia.

16. Membantu Meredakan Sakit Maag

Pisang juga ternyata merupakan buah yang cocok dikonsumsi oleh kamu yang mempunyai masalah sakit maag. Manfaat pisang untuk kesehatan lambung ini ternyata dikarenakan pisang mampu bekerja melapisi selaput lambung dan melindunginya dari asam lambung yang bersifat korosif.


Baca Juga: Mengenal Diet Buah Serta Risiko Dan Manfaatnya


17. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Pisang juga merupakan salah satu buah yang bisa jadi andalan ibu hamil. Manfaat pisang untuk kesehatan ibu hamil ini didapatkan dari kandungan asam folat yang ada di dalam buah kuning satu ini. Asam folat tentunya sangat baik bagi pertumbuhan dan pembentukan otak janin.

18. Mengembalikan Stamina Setelah Olahraga

Manfaat pisang untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu untuk mengembalikan stamina setelah olahraga. Sebab, pisang mampu meredakan lelah dan kram otot sehabis berolahraga.

Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan karbohidrat, protein, serta mineral. Ketiga kandungan tersebut sangat berguna untuk mengembalikan energi dan menjaga ketahanan tubuh.

manfaat pisang untuk kesehatan

(Photo by @JuanSalamanca via Pexels)

19. Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk kamu yang sering mengalami susah tidur, maka pisang bisa menjadi salah satu solusi yang patut kamu coba. Manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini didapat dari kandungan zat triptofan atau zat yang berperan dalam pembentukan hormon melatonin.

Hormon melatonin merupakan hormon yang berperan dalam terciptanya perasaan rileks dan tenang. Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah pisang sebelum tidur, dengan begitu kamu dapat tidur lebih nyenyak dan berkualitas setiap malam.

20. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat pisang untuk kesehatan yang terakhir adalah mampu membantu memperlancar proses detoksifikasi. Ini dikarenakan oleh kandungan pektin dalam pisang uang yang mampu membantu proses pengeluaran racun merkuri dari dalam tubuh melalui urine.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi pisang, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, loh. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles