Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menyuburkan Rambut Hingga Menyembuhkan Luka, Ini Dia Manfaat Minyak Kemiri Bagi Tubuhmu!

Bahkan bisa mencegah kanker juga, lho!

Sejak zaman dulu, minyak kemiri memang dikenal berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit. Namun, minyak kemiri juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, langsung aja simak 15 manfaat minyak kemiri berikut ini, ya!

manfaat minyak kemiri

(Image by @reisant_store2 via Instagram)

1. Membantu Menyembuhkan Luka

Untuk kamu yang sering main-main di dapur dan kena minyak panas, atau mungkin kamu sering jatuh saat bersepeda, maka minyak kemiri bisa jadi solusi buat kamu. Sebab, salah satu manfaat minyak kemiri adalah dapat membantu menyembuhkan luka yang ada di kulit.

Manfaat minyak kemiri ini ternyata disebabkan oleh kandungan antioksidan dan asam lemak di dalamnya. Oleh sebab itu, minyak kemiri mampu mengobati berbagai macam luka seperti luka bakar, luka gores, memar, bahkan melindungi luka dari risiko infeksi.

2. Menjaga Kelembapan dan Melindungi Kulit

Minyak kemiri juga memiliki khasiat lainnya yang berguna untuk kesehatan kulit, yaitu menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari sinar UV. Kandungan vitamin A, C dan E, serta asam lemak pada minyak kemiri ternyata juga bekerja sebagai zat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas.

3. Mengurangi Rambut Rontok

Manfaat minyak kemiri selanjutnya yang memang sudah dikenal sejak zaman dulu adalah dapat mengurangi rambut rontok dan membantu menyuburkan rambut. Sebab, protein dan mineral yang terkandung dalam minyak kemiri sangat baik untuk kesehatan akar rambut.

Kamu bisa mengoleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala untuk mempercepat pertumbuhan rambut baru dan membuat akar rambutmu jadi lebih kuat. Untuk merasakan manfaat minyak kemiri ini secara maksimal, lakukan perawatan tersebut setiap hari sebelum keramas.

manfaat minyak kemiri

(Image by @waroenganni via Instagram)

4. Meringankan Masalah Pada Kulit Kepala

Bukan hanya rambut rontok yang kerap menjadi masalah kesehatan rambut dan kulit kepala, namun ketombe dan gatal pun seringkali menjadi masalah yang sangat mengganggu. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir jika memiliki permasalahan tersebut, karena salah satu manfaat minyak kemiri adalah dapat meringankan permasalah pada kulit kepala.


Baca Juga: Kaya Akan Khasiat, Ini Dia Cara Membuat Minyak Sereh


Asam amino dan asam lemak yang terkandung dalam minyak kemiri ternyata merupakan zat yang dapat membantu mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala. Selain itu, kedua bahan tersebut juga bisa membuat rambut tampak lebih berkilau, halus, dan tebal.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minyak kemiri ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan, yaitu mampu mencegah penuaan dini. Manfaat minyak kemiri tersebut didapat dari kandungan antioksidan yang ada dalam minyak kemiri.

Kandungan antioksidan ini ternyata dapat membantu mencegah timbulnya keriput dan flek hitam pada kulit wajah. Sebab, kandungan zat antioksidan ini efektif meningkatkan kolagen yang berperan penting dalam regenerasi sel kulit serta membuat elastisitas kulit tetap terjaga.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minyak kemiri selanjutnya adalah untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit akibat virus. Minyak kemiri yang kaya akan antioksidan, vitamin C, serta vitamin E ternyata mampu memperkuat imun tubuh dan menangkal radikal bebas.

manfaat minyak kemiri

(Image by @etherischeolie via Instagram)

7. Bekerja Sebagai Analgesik Alami

Bagi kamu yang baru saja menjalani operasi atau mungkin sedang mengalami cedera, manfaat minyak kemiri yang satu ini tentu akan sangat membantumu. Sebab, minyak kemiri juga dapat bekerja sebagai pereda nyeri atau analgesik alami. Ini karena minyak kemiri mampu menghambat reseptor rasa sakit yang ada di tubuhmu.

8. Mengatasi Peradangan

Manfaat minyak kemiri juga tak hanya sebatas menahan rasa sakit saja, loh, namun juga dapat mengatasi peradangan secara optimal. Sebab, asam lemak yang ada dalam kemiri ternyata juga bersifat antiinflamasi. Oleh karena itu, tidak heran jika minyak kemiri sangat bisa digunakan untuk menenangkan otot dan sendi yang sedang sakit atau radang.


9. Mengobati Sakit Gigi dan Sariawan

Manfaat minyak kemiri yang memang berfungsi sebagai analgesik alami serta bersifat anti radang membuat minyak kemiri mampu mengobati sakit gigi dan sariawan. Caranya pun mudah, kamu tinggal menempelkan kapas yang sudah dibasahi minyak kemiri pada sariawan atau gigi yang sakit.

manfaat minyak kemiri

(Image by @herbsencyclopedia via Instagram)

10. Meringankan Sembelit

Manfaat minyak kemiri selanjutnya ternyata berguna bagi kesehatan pencernaan, yaitu meringankan sembelit atau konstipasi. Sebab, minyak kemiri ternyata kaya akan serat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan.

11. Meringankan Insomnia

Untuk kamu yang sering mengalami susah tidur atau insomnia, maka manfaat minyak kemiri yang satu ini akan bisa membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Sebab, di dalam minyak kemiri terkandung zat melatonin yang dapat membuatmu lebih rileks dan tertidur lebih cepat.

12. Mencegah Kolesterol

Manfaat minyak kemiri selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat yang ada pada organ hati. Ini dikarenakan zat fitosterol yang ada dalam minyak kemiri ternyata mampu menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol jahat.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya menurunkan kadar kolesterol pada organ hati saja, manfaat minyak kemiri lainnya yang tak kalah hebat yaitu mampu meminimalisir risiko penyakit jantung. Sebab, kandungan mineral potasium yang terdapat dalam minyak kemiri diyakini efektif untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, hingga mencegah serangan stroke.

manfaat minyak kemiri

(Image by @bali.base via Instagram)

14. Mencegah Kanker Payudara

Tak hanya mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, atau organ dalam saja, minyak kemiri juga ternyata bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Manfaat minyak kemiri yang satu ini disebabkan oleh tingginya kadar asam oleik pada minyak kemiri yang mampu membunuh gen karsinogenik atau sel-sel pemicu kanker di dalam tubuh.

15. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat minyak kemiri terakhir yang juga sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan meminimalisir risiko terkena osteoporosis. Kandungan fosfor, zinc, dan kalium yang ada dalam minyak kemiri sangat bermanfaat untuk menjaga tulang dan sendi agar tetap kuat.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin mengonsumsi dan memanfaatkan minyak kemiri, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, loh. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus.

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like