Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Langsung Dibuang, Simak 7 Manfaat Minyak Jelantah yang Jarang Diketahui

Setelah tahu manfaatnya, jangan langsung dibuang, ya!

Bobobox.co.id — Sisa minyak goreng bekas atau minyak jelantah sering dibuang begitu saja. Padahal, ada manfaat minyak jelantah yang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Kamu mungkin salah satunya.

Hal tersebut terbilang rumah. Pasalnya, minyak yang digunakan berulang-ulang bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, jika diolah dengan cara yang tepat, ada manfaat minyak jelantah yang bisa kamu dapatkan.

Daripada penasaran mengenai manfaat apa saja dari minyak goreng bekas, intip tujuh manfaat minyak jelantah berikut ini. Setelah tahu manfaatnya, jangan langsung dibuang, ya!

Berikut adalah Manfaat Minyak Jelantah

1. Diolah Jadi Biodiesel

Manfaat minyak jelantah pertama adalah mengolahnya menjadi biodiesel. Untuk manfaat satu ini, mengolah minyak jelantah untuk dijadikan sebagai biodiesel tentunya cukup sulit jika dilakukan di rumah tangga.

Namun, hal tersebut bukan berarti tidak bisa. Pasalnya, manfaat minyak jelantah ini pun sempat dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satunya adalah oleh beberapa mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Bagi yang tidak tahu biodiesel, biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan seperti minyak nabati dan hewani. Oleh karenanya, minyak tersebut dianggap lebih ramah lingkungan.

Untuk membuatnya, mahasiswa UII memberikan aliran listrik ke dalam minyak jelantah. Selama proses, bakal ada dua lapisan di mana lapisan berwarna kuning keruh adalah biodesel dan lapisan cokelat adalah gliserol.

Biodesel manfaat minyak jelantah
Biodesel via esdm.go.id/file

2. Dijadikan sebagai Pakan Ternak

Untuk memberi makan ternak seperti ayam dan unggas lainnya, para peternak kerap memanfaatkan pelet atau dedak. Tak hanya itu, jagung giling dan limbah gandum pun dipilih sebagai alternatif untuk pakai ternak unggas.

Jika kehabisan pakan ternak yang tadi disebutkan, ayam dan unggas bisa diberi olahan minyak jelantah. Pasalnya, manfaat minyak jelantah yang jarang diketahui lainnya adalah bisa diolah menjadi pakan ayam.

Namun, cara mengolah minyak jelantah tersebut sulit untuk dilakukan di rumah tangga. Alasan utamanya adalah proses di mana harus mampu untuk memurnikan terlebih dahulu minyak jelantah yang akan diolah.

Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan sifat karsinogenik yang bisa jadi racun bagi unggas. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencoba mencari tahu terlebih dahulu proses untuk bisa jadi memanfaatkannya.

Pakan ternak manfaat minyak jelantah
Pakan ternak via trenasia.com

Baca Juga: Tidak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan


3. Digunakan sebagai Pelumas dan Pelindung Peralatan

Memiliki masalah peralatan rumah tangga berdecit dan mulai terlihat kusam? Jangan buang minyak bekas menggoreng karena manfaat minyak jelantah lainnya adalah untuk mengatasi kedua masalah tersebut.

Minyak jelantah merupakan alternatif pelumas efektif yang menawarkan berbagai manfaat. Manfaat minyak jelantah ini akan cocok digunakan pada engsel yang berdecit hingga membantu mencegah karat pada logam.

Tak hanya itu, minyak goreng bekas tersebut bakal cocok sebagai pilihan peralatan makan kayu yang terlihat kusam dan retak. Hanya tinggal mengoleskan pada permukaannya untuk mengembalikan tampilan kayu,

Untuk menggunakannya untuk membuat peralatan berkilau, kamu perlu mencampurkan minyak goreng bekas dengan cuka secukupnya. Barulah poles pada bagian permukaan kayu dan segera cuci bersih.

Peralatan rumah tangga manfaat minyak jelantah
Peralatan rumah tangga via pexels.com/@emrecan

4. Dimanfaatkan sebagai Bahan Bakar Lampu Minyak

Perkembangan zaman membuat lampu minyak semakin berkurang. Padahal pada zamannya, lampu minyak merupakan penerangan yang wajib dimiliki oleh hampir semua rumah keluarga yang ada di Indonesia.

Walaupun begitu, lampu minyak masih digunakan khususnya saat keadaan darurat seperti mati listrik. Jika kamu salah satunya, kamu bisa memanfaatkan minyak goreng bekas sebagai bahan bakar lampu minyak.

Untuk mendapatkan manfaat minyak jelantah tersebut, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan minyak goreng bekas, kapas, dan tutup kaleng biskuit yang tak mudah bocor.

Tuangkan minyak jelantah ke dalam tutup kaleng biskuit. Lalu, letakkan segumpal kapas yang telah dipadatkan di tengah-tengahnya. Biarkan hingga meresap ke semua bagian kapas dan bakar kapas dengan korek api.

Lampu minyak manfaat minyak jelantah
Lampu minyak via unsplash.com/@fedotov_vs

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Coba Konsumsi Rutin Untuk Dapatkan 7 Khasiat Ginseng Bagi Kesehatan Berikut Ini!


5. Diolah Menjadi Sabun

Dari sekian banyak manfaat minyak jelantah, mungkin manfaat satu ini yang bakal membuatmu terkejut. Pasalnya, manfaat minyak jelantah lainnya adalah mampu diolah dan dijadikan sebagai pengganti sabun.

Minyak goreng bekas tersebut bisa diolah menjadi sabun lye. Untuk membuatnya, ada beberapa tutorial mengenai pembuatan minyak jelatah menjadi sabun yang bertebaran dan mudah dipraktikkan.

Walaupun mampu untuk dibuat sebagai sabun, ada kekhawatiran yang perlu diperhatikan. Keamanan dari sabun yang terbuat dari minyak goreng bekas masih belum 100 persen aman untuk digunakan sehari-hari.

Oleh karenaya, beberapa pihak masih khawatir jika digunakan untuk pengganti sabun mandi. Namun, jika digunakan untuk mencuci motor dan mobil, sabun dari minyak goreng bekas tersebut terbukti aman.

Sabun manfaat minyak jelantah
Sabun via pexels.com/@tara-winstead

6. Dijadikan Aromaterapi

Aromaterapi merupakan cara memanfaatkan minyak alami yang diekstrak untuk meningkatkan kesehatan. Cara kerjanya adalah dengan merangsang saraf hidung dan otak yang terbukti memberikan manfaat positif.

Jika kamu masih menyimpan minyak goreng bekas, jangan sampai minyak tersebut dibuang. Mengolahnya menjadi aromaterapi merupakan salah satu manfaat minyak jelantah yang cukup jarang diketahui.

Hal tersebut dibuktikan langsung oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya Malang. Produk aromaterapi yang dibuat tersebut dinamai Mijel Natural Relaxants.

Untuk membuatnya, jernihkan terlebih dahulu minyaknya dengan ampas tebu selama dua hari. Ambil bubuk jeli dan tambahkan essense. Olah dan  cetak ke dalam bentuk untuk kemudian ditempatkan ke dalam wadah.

Aromaterapi manfaat minyak jelantah
Aromaterapi via pexels.com/@mareefe

Baca Juga: Sempat Viral Dan Ramai Diborong, Ini Dia 10 Manfaat Susu Bear Brand


7. Pupuk untuk Tanaman

Manfaat minyak jelantah terakhir yang jarang diketahui banyak orang adalah mampu dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Namun, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum menggunakannya sebagai pupuk.

Olahan minyak jelantah hanya bisa digunakan sebagai pupuk tambahan. Oleh karena itu, untuk pupuk dasar, kamu tetap memerlukan pupuk kandang atau kompos agar tumbuhan mampu tumbuh dengan optimal.

Walaupun begitu, manfaat minyak jelantah ini tetap baik untuk menjaga suplai pupuk selana tanaman hidup. Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan asam lemak jenuh yang tinggi akibat dari reaksi penggorengan berulang.

Setelah melalui penggorengan berulang, reaksi tersebut menghasilkan asam lemak jenuh tinggi. Setelah diolah, kandungan asam lemak tersebut yang bermanfaat sebagai pupuk alami untuk tumbuhan.

Pupuk tanaman manfaat minyak jelantah
Pupuk tanaman via pexels.com/@greta-hoffman

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang merasa bosan saat sendirian di rumah, kamu bisa mencoba untuk staycation. Bobobox adalah tempat yang paling cocok untuk kamu pilih untuk mengusir rasa bosan yang kamu rasakan.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian selama staycation di Bobobox dengan harga inap per malamnya terbilang murah.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like