komunikasi

Simak Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik Bagi Kehidupanmu!

Manfaat menjadi pendengar yang baik faktanya sangatlah beragam dan mampu membuat kita menjadi seorang pribadi yang menarik dan menyenangkan. Seseorang yang pandai mendengarkan merupakan anugerah bagi orang-orang disekelilingnya. Mungkin mendengar terkesan mudah untuk dilakukan. Namun pada kenyataannya menjadi seorang pendengar yang baik dibutuhkan berbagai keterampilan dasar, fokus, empati, juga kesabaran.

Beberapa keterampilan tersebut pada faktanya dapat kita pelajari dan latih untuk meningkatkan kemampuan menjadi pendengar yang baik. Lalu kira-kira apa sajakah manfaat menjadi pendengar yang baik? Berikut adalah beberapa manfaat diantaranya!

1. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Membuat Lebih Fokus

Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik

Administradores.com

Fokus merupakan salah satu kemampuan yang penting kamu miliki saat ingin menjadi seorang pendengar yang baik. Tentunya kamu ingin berusaha untuk mengerti apa yang sedang dibicarakan lawan bicara kamu, bukan? Untuk bisa mencapai hal ini kamu harus mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain dengan fokus kepada apa yang dibicarakan oleh orang tersebut.

Saat kamu fokus pada saat mendengarkan orang lain bercerita, maka kamu tidak akan memiliki perhatian ke hal-hal lainnya. Beberapa distraksi yang dapat menggangu fokus kamu diantaranya adalah memainkan gawai, melamun, menguap dan lain sebagainya.

Baca Juga: Persiapkan Masa Depan dengan Mempelajari Soft-Skill Penting Berikut Ini Selagi Muda!

2. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Melatih Kesabaran

Menjadi seorang pendengar yang baik membutuhkan kemampuan untuk fokus dan juga kesabaran. Kamu harus mampu mengendalikan emosi juga melatih fokus saat mendengarkan cerita orang lain. Tak mengherankan jika kemampuan mendengarkan ini sangat melatih kesabaran.  Pastikan kamu tidak banyak memotong pembicaraan lawan bicara kamu, tidak memainkan gawai, dan tidak sibuk sendiri hingga lawan bicara kamu selesai menceritakan apa yang ingin diceritakan.

3. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Memiliki Banyak Cerita yang Bisa Dipelajari

Setiap orang memiliki permasalahannya masing-masing. Menjadi seorang pendengar yang baik membuat kamu jadi memiliki banyak cerita dan pengalaman dari orang lain yang bisa kamu jadikan pelajaran tersendiri. Cerita yang kamu dapatkan dari orang lain bisa menjadi sebuah peringatan bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam mengambil berbagai keputusan. Kisah yang kamu dengarkan dari orang lain juga membantu kamu mendapatkan pengalaman baru yang bisa kamu pelajari.

Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik

@katemangostar via Freepik

Sebagai contohnya kamu mendengarkan cerita kakak kelas yang sudah terlebih dahulu lulus kuliah yang bercerita betapa sulitnya mencari kerja. Ia kemudian bercerita bagaiamana cara ia mengendalikan perasaan dan berbagai solusi yang telah ia lakukan. Dari cerita tersebut kamu kemudian dapat belajar bagaimana kamu harus bersikap saat kamu berada di posisi yang sama dengan senior kamu setelah lulus kuliah. Hal ini membuat kamu menjadi lebih mempersiapkan diri dan lebih waspada.

4. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Memiliki Sifat Simpati yang Lebih Tinggi

Saat kamu akan mendengarkan cerita dari orang lain kamu akan banyak mendengarkan cerita yang tidak terduga. Tak selalu cerita-cerita yang menyenangkan, kamu bisa juga menjadi tempat bercerita seseorang yang mengalami masalah yang besar, menyedihkan, menyeramkan, membuat emosi, atau bahkan traumatis. Saat kamu terbiasa mendengarkan berbagai cerita-cerita tersebut maka hal ini akan membangun kamu menjadi seseorang yang memiliki sifat simpati yang lebih tinggi.

5. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Mengasah Diri untuk Berpikir Kritis

Dengan banyak mendengar cerita orang lain dengan seksama maka kamu akan mengasah diri kamu sendiri untuk berpikir lebih kritis. Pada umumnya orang yang bercerita akan mengakhiri ceritanya dengan meminta saran maupun pendapat dari kamu.

Saat akan memberikan tanggapan, kamu tentunya akan dituntut untuk memberikan tanggapan yang jujur namun tetap dengan penuh kehati-hatian agar tidak menyinggung siapapun. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan kemampuan berpikir kritis kamu tanpa kamu sadari.

6. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Membangun Pertemanan yang Baik

@katemangostar via Freepik

Fakatanya kemampuan mendengar yang baik akan sangat membantu kamu dalam membangun pertemanan yang baik. Saat kamu mampu menjadi seorang pendengar yang baik kamu akan cenderung lebih disukai oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena hampir semua orang pasti ingin memiliki teman yang bisa mendengarkan semua ceritanya. Tak heran jika kemudian akan ada banyak orang yang ingin dekat-dekat denganmu dan mencurahkan ceritanya kepada kamu.

7. Manfaat Menjadi Pendengar yang Baik: Belajar Dari Berbagai Sudut Pandang

Manfaat menjadi pendengar yang baik yang terakhir adalah meningkatnya kemampuan kamu untuk belajar melihat dari berbagai sudut pandang. Dengan mendengarkan orang lain menceritakan suatu cerita kamu akan memiliki tanggapan tersendiri terhadap cerita orang tersebut. tetntunya orang yang bercerita tersebut pun memiliki tanggapan atas apa yang ia ceritakan.

Oleh karena itu pada akhirnya kamu akan belajar untuk mengerti bagaimana tanggapan atau sudut pandang dari orang lain dalam melihat suatu permasalah atau hal-hal yang ia ceritakan. Hal ini kemudian akan membuat kamu memiliki sudut pandang yang beragam dalam melihat suatu permasalahan sehingga kamu menjadi seseorang yang lebih toleran.

Hal ini akan membuat kamu semakin terlihat menarik dan juga menyenangkan! Bagaimana, apakah kamu sudah merasakan beberapa manfaat menjadi pendengar yang baik seperti penjelasan di atas?

Baca Juga: Lepas Stress dengan Mendengarkan 9 Playlist Indie Indonesia Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles