Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya

Tak hanya untuk menyegarkan udara saja, lho!

Merawat tanaman hias masih menjadi tren di kalangan masyarakat. Tak hanya untuk mempercantik pekarangan rumah, tanaman hias juga banyak digunakan sebagai dekorasi interior rumah. Biasanya, tanaman ditaruh di ruang tamu, ruang kerja, atau bahkan di kamar tidur.

Namun, tahukan kamu jika tanaman juga bisa ditaruh di kamar mandi? Faktanya, manfaat menaruh tanaman di kamar mandi juga tak main-main, lho. Bahkan, ada beberapa tanaman hias yang sangat cocok dengan lingkungan kamar mandi yang cenderung lembab.

Nah, apa saja manfaat menaruh tanaman di kamar mandi? Simak ulasan tentang 5 manfaat menaruh tanaman di kamar mandi berikut ini, ya!

Membersihkan udara dalam kamar mandi

Tanaman dikenal sebagai penyaring udara alami yang bisa membersihkan dan menyegarkan udara. Jika ditempatkan di dalam kamar mandi, tentu saja tanaman juga akan memberikan dua manfaat tersebut. Tanaman juga bisa membantu mengurangi bau tak sedap yang ada di dalam kamar mandi.

Kamar mandi berpotensi memiliki tingkat polusi yang lebih tinggi daripada di ruangan lainnya. Ini terjadi karena adanya campuran polutan luar ruangan dengan kontaminan dalam ruangan. Pencampuran tersebut menghasilkan udara yang kurang sehat di dalam kamar mandi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menyimpan beberapa tanaman untuk membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu, adanya ventilasi atau jendela akan sangat membantu untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, menempatkan tanaman di dalam kamar mandi bisa membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti benzene dan formaldehida. Selain itu, manfaat menaruh tanaman di kamar mandi juga bisa mengurangi sindrom ‘rumah sakit’ pada pasien.

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya
@philhearing via Unsplash

Meningkatkan suasana dalam kamar mandi

Kamar mandi menjadi ruangan di dalam rumah yang tak sering ditempati dalam waktu yang lama. Namun, tak jarang kamar mandi digunakan sebagai ‘ruang berpikir’ ketika sedang mandi. Oleh karena itu, menaruh tanaman dalam kamar mandi bisa sangat berguna untukmu.

Faktanya, manfaat menaruh tanaman di kamar mandi salah satunya adalah untuk meningkatkan suasana atau atmosfer di dalamnya. Atmosfer yang baik dari udara yang segar tentu saja akan mempengaruhi suasana hatimu menjadi jauh lebih baik.

Terlebih dengan adanya suara air mengalir dari keran atau shower, akan lebih cepat untuk meningkatkan mood. Hal ini tentu akan membuat pikiran menjadi lebih baik dan jernih, sehingga kamu akan lebih bersemangat menjalani hari.

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya
@jareddrice via Unsplash

Membantu membangkitkan energi

Kamu termasuk orang yang malas beranjak dari tempat tidur untuk mandi pagi? Jika iya, kamu bisa menaruh beberapa tanaman di dalam kamar mandi. Dalam kasus ini, salah satu manfaat menaruh tanaman di kamar mandi bisa kamu dapatkan karena tanaman dapat membantu membangkitkan energi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Ellison Chair in International Floriculture menyebutkan bahwa tanaman yang ada dalam rumah dapat membantu meningkatkan energi. Begitu pula jika tanaman tersebut ditempatkan di kamar mandi, karena bisa meningkatkan vitalitas dan membangkitkan energi.

Meskipun energi bisa bangkit dengan sendirinya karena mandi, namun dengan adanya tanaman di kamat mandi menjadikan efeknya meningkat dua kali lipat. Ini terjadi karena udara segar yang dihasilkan oleh tanaman dapat memberikan stimulus yang membangkitkan energi dan semangat saat kamu mandi.

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya
@misterdoulou via Unsplash

Meredakan stres dan menenangkan pikiran

Meredakan stres dan menenangkan pikiran tak hanya bisa didapat dengan menikmati suasana alam yang masih asri. Namun, jika kamu tak punya waktu melakukannya, taruh saja sejumlah tanaman hias di dalam kamar mandimu.

Ya, manfaat menaruh tanaman di kamar mandi yang selanjutnya adalah dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran. Layaknya untuk meningkatkan atmosfer dan energi, manfaat ini juga bisa didapat karena peran udara segar yang diproduksi oleh tanaman setiap harinya.

Meskipun efeknya tak sekuat berjalan dan menikmati suasana pantai atau hutan, namun tanaman di kamar mandi dapat membantu membersihkan udara di dalamnya. Di samping itu, udara yang segar juga akan membantu menjaga kesehatan, mengatasi stres, dan mendapatkan pikiran yang tenang.

Seperti dikutip dari laman Everyday Health, kecemasan dan stres bisa diatasi dengan aroma lavender dari essential oil atau pewangi ruangan. Namun, ternyata tanaman pot yang diletakkan di kamat mandi juga bisa memberikan manfaat yang sama baiknya.

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya
@lmoyneur via Unsplash

Mencegah tumbuhnya lumut dan jamur

Kamar mandi merupakan tempat atau ruangan yang sangat lembab. Akibatnya, lumut dan jamur akan mudah tumbuh dan hidup subur di tempat seperti ini. Dilansir dari laman Hunker, manfaat menaruh tanaman di kamar mandi salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah ini.

Pertumbuhan lumut dan jamur diketahui dapat membuat perabot dalam kamar mandimu rusak. Selain itu, lumut dan jamur juga akan mengganggu tampilan interior kamar mandimu. Lumut bahkan bisa membahayakan karena membuat lantai kamar mandi menjadi licin.

Tanaman pot yang ada di kamar mandi akan bekerja menyerap udara lembab dengan sangat baik ketika kamu mandi. Oleh karenanya, pertumbuhan lumut dan jamur dapat dicegah dengan adanya tanaman pot. Namun, tanaman pot tidak dapat mencegah berkembangnya masalah kelembaban yang serius.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menaruh lebih dari satu tanaman di dalam kamar mandi. Letakkan tanaman tersebut di tempat atau sudut yang berbeda agar penyerapan kelembabannya lebih merata. Kamu juga bisa memanfaatkan sirkulasi udara untuk hasil yang lebih maksimal.

Suka Tanaman? Simak 5 Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi Berikut Ini, Ya
@w18 via Unsplash

Itu dia 5 manfaat menaruh tanaman di kamar mandi yang wajib kamu ketahui. Sedikit tips dari Bob, bahwa tidak semua tanaman hias cocok diletakkan di kamar mandi, ya. Pilihlah tanaman yang justru akan tumbuh dengan sangat baik di dalam ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Selain itu, pilih juga tanaman yang bisa menoleransi cahaya matahari yang minim. Contoh dari tanaman yang sangat cocok diletakkan kamar mandi adalah pakis, English ivy, snake plant atau lidah mertua, calathea, dan alocasia.

Tidur berkualitas dan nyaman? Di Bobobox saja!

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu manfaat menaruh tanaman di kamar mandi adalah untuk meredakan stres. Nah, meredakan stres juga bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya adalah menginap aman dan nyaman di Bobobox.

Bobobox merupakan hotel kapsul berdesain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Enggak ada alasan untuk takut menginap di Bobobox, karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan menyemprotkan disinfektan demi keamanan dan kenyamananmu.

Interior Bobobox juga instagrammable banget, sehingga banyak yang staycation di Bobobox untuk mengabadikan momennya. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Pesan kamar lewat aplikasi sekarang!

You might also like