Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Manfaat Memijat Telinga Sebelum Tidur. Mengurangi Tingkat Stres Hingga Membuat Kepala Terasa Lebih Ringan!

Minim risiko dibandingkan mengonsumsi obat

Bobobox.co.id — Kebanyakan dari kita akan langsung mengonsumsi obat jika kita merasa stres, sakit kepala, ataupun insomnia. Padahal, ada cara lain yang tidak memiliki efek samping seperti halnya obat.

Cara tersebut adalah dengan memijat telinga. Cara sederhana ini sendiri cukup jarang yang mengetahui. Padahal, manfaat memijat telinga ini memberikan efek yang cukup baik jika kamu berada kondisi yang tadi disebutkan.

Selain minim efek samping, memijat telinga sendiri sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu momen yang tepat untuk melakukan cara sederhana ini adalah sebelum tidur namun tetap dilakukan secara rutin.

Dari pada berlama-lama lagi, langsung saja simak lima manfaat memijat telinga sebelum tidur yang Bob rangkum dari berbagai sumber. Manfaatnya sendiri mulai dari mengurangi tingkat stres hingga membuat kepala terasa lebih ringan!

Mengurangi Tingkat Stres

Manfaat memijat telinga pertama adalah mampu mengurangi tingkat stres yang mungkin sedang kamu alami. Khususnya di masa pandemi seperti ini, menjaga tingkat stres untuk seminimal mungkin adalah sesuatu yang diperlukan.

Manfaat memijat telinga ini sendiri dibuktikan oleh sebuah penelitian. Penelitian tersebut dilakukan pada beberapa pasian yang sedang mengalami stres dan diminta untuk memijat telinga sebelum mereka tidur.

Hasilnya pun sesuai dugaan semula. Pasien-pasien tersebut mampu menurunkan rasa stres, panik, atau gelisah. Dengan begitu, manfaat memijat telinga terbukti menjadi hal yang baik dilakukan di situasi tertekan.

Cara memijat telinganya sendiri cukup mudah untuk aplikasikan di rumah. Kamu hanya perlu memijat bagian bawah telingamu dengan melakukan gerakan memutar yang tak terlalu cepat.

Bahkan jika kamu tertarik, kamu pun bisa mencari titik-titik tertentu untuk pijat telinga dan mengombinasikannya dengan pijat telapak kaki. Keduanya mampu memberikan manfaat yang cukup baik untuk kesehatanmu.

manfaat memijat telinga mengurangi stres
@olly via pexels.com

Meredakan Nyeri Otot

Sering merasa nyeri otot khususnya di bagian punggung? Kamu tak perlu mengoleskan krim pereda rasa sakit. Sebelum memutuskan untuk menggunakan krim pereda rasa sakit, cobalah tips yang satu ini.

Manfaat memijat telinga sendiri mampu mengurangi rasa nyeri pada otot, lho! Sebuah eksperimen pernah dilakukan untuk mengetes apakah memijat telinga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada orang yang mengalami sakit punggung.

Hasil dari eksperimen tersebut menunjukkan bahwa cara sederhana ini justru merupakan cara yang efektif dalam mengurangi rasa nyeri pada orang-orang yang mengalami sakit punggung kronis tersebut.

Cara memijat telinga yang dilakukan pada eksperimen tersebut adalah dengan menarik dan menggosok dengan lembut area yang berbeda di telingamu, khususnya pada bagian lobus atau daun telingamu.

Saat menarik dan menggosok dengan lembut tersebut, pijatan tersebut akan merangsang banyak ujung saraf dan dapat membantu otakmu dalam melepaskan endorfin yang di mana hormon tersebut membantu merasa nyaman.

@karolina-grabowska via pexels.com

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat memijat telinga berikutnya adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Seperti beberapa manfaat lainnya, manfaat memijat telinga ini akan optimal jika digabungkan dengan aktivitas lain.

Kamu tentu tidak akan bisa menurunkan berat badanmu jika pola makanmu tidak sehat dan tidak rutin berolahraga. Oleh karenanya, selain berolahraga secara teratur dan melakukan pola makan yang sehat, tambahkan juga dengan memijat telinga di titik yang berbeda setiap harinya saat akan beristirahat. Dengan memijat telinga, tubuhu akan terstimulasi untuk menjadi lebih rileks dan meningkatkan kualitas istirahatmu. Kombinasikan istirahat yang maksimal dengan berolahraga agar kamu dapat lebih fit.

Dengan mengombinasikan aktivitas tersebut dan dijadikan sebagai rutinitas, bukan tak mungkin berat badanmu akan turun melebih ekspektasi yang kamu pikirkan sebelumnya. Hal yang baik tentunya, bukan begitu?

Setelah tercapai berat yang kamu inginkan, jangan tergoda untuk kembali ke rutinitas yang kurang sehat. Tetap pertahankan kebiasaan baik ini demi menjaga berat badanmu agar tetap stabil dan hidup dengan sehat.

Pasalnya, jika kamu kembali ke rutinitas yang tidak baik seperti tidak rajin berolahraga dan terlalu sering memakan makanan cepat saji, hal yang terjadi justru berat badanmu akan naik dan bila diteruskan beresiko obesitas.

@pixabay via pexels.com

Mengatasi Insomnia

Sering mengalami insomnia? Jika iya, cobalah untuk tips dari Bob yang satu ini. Pasalnya, manfaat memijat telinga sendiri dipercaya mampu memberikan efek menenangkan yang mampu membantumu dalam melawan insomnia.

Walaupun memiliki manfaat untuk membantu melawan insomnia, memijat telinga sendiri tidak akan menghilangkan insomnia sepenuhnya. Namun, hal tersebut mampu memberikan rasa rileks yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

Untuk bisa melawan insomnia secara optimal, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan. Beberapa caranya bisa berupa meminum minuman yang mampu membuat tidur nyenyak dan mandi hangat sebelum tidur.

Saat bangun di keesokan harinya, kamu pun bisa melakukan pijat telinga. Manfaat memijat telinga ini sendiri dapat memberikan dorongan energi untuk tubuhmu dan akan membantu berenergi dalam menjalan aktivitas.

Tak hanya setelah bangun, kamu pun bisa melakukanya pada siang hari apalagi ketika merasa kelelahan. Merangsang ujung saraf telinga mampu mengaktifkan pusat otak tertentu dan menghilangkan rasa lelah.

@cottonbro via pexels.com

Membuat Kepala Terasa Lebih Ringan

Manfaat memijat telinga terakhir adalah membuat kepalamu terasa jauh lebih ringan. Hal ini akan semakin terasa bermanfaat jika kamu termasuk orang yang mudah mengalami sakit kepala ataupun migrain.

Dibandingkan harus meminum obat pengurang sakit kepala yang mungkin memiliki efek samping, berbeda halnya dengan memijat telinga. Manfaat memijat telinga sendiri tidak memiliki efek samping seperti halnya obat.

Malahan, efek yang dihasilkan dari manfaat memijat telinga justru terasa nyata. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk memilih memijat telinga sebagai cara pertama untuk mengurangi rasa sakit saat sakit kepala dan migrain.

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, ada tips lainnya yang mungkin akan sangat berguna. Tips tersebut adalah menggabungkan memijat telinga dengan beberapa pengobatan alami untuk sakit kepala.

Pengobatan alami untuk sakit kepala tersebut adalah meminum teh peppermint. Mentol dalam teh peppermint inilah yang mampu mengurangi rasa sakit karena memberikan sensasi dingin pada kepala.

@olly via pexels.com

Tidur Nyenyak di Hotel Kapsul? Tentu saja Bisa!

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul.

Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

Dengan begitu, kamu pun bisa tidur nyenyak selama menginap. Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengunduh aplikasinya di sini.

Bagi kamu yang belum pernah menginap di Bobobox, kamu bisa kok melihat interior Bobobox seperti apa melalui virtual tour. Virtual tour tersebut bisa kamu akses dengan link ini.

You might also like